Tertarik Bisnis Jasuke? Segini Modal Yang Kamu Butuhkan

Bisnis Jasuke
Peluang Bisnis Jasuke

Dalam beberapa tahun terakhir ini, camilan jasuke alias jagung susu keju jadi jajanan favorit hampir semua kalangan, terutama anak-anak dan remaja. Rasanya yang manis dan gurih jadi ciri khas utama dari jajanan yang satu ini. 

Meningkatnya popularitas jasuke sebagai camilan kekinian, membuat banyak orang mulai mempertimbangkan untuk terjun ke dalam bisnis ini. Terlebih bagi mereka yang punya tempat di dekat sekolah dan tempat nongkrong.


Bagaimana Peluang Bisnis Jasuke?

Menurut Hash Micro, bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang tidak akan lekang dimakan zaman. Meski beragam makanan baru muncul, namun bukan berarti bisnis makanan lama akan tenggelam. 

Termasuk jasuke. Meski bisnis kuliner ini tergolong baru, namun popularitasnya kemungkinan besar akan bertahan dalam waktu lama. Jadi tidak ada kata terlambat buat kamu yang ingin mencicipi manis dan gurihnya cuan dari jasuke. 

Namun sebelum itu, ada beberapa trik yang harus kamu perhatikan sebelum memulai bisnis jasuke, diantaranya: 


  1. Tentukan Target Pasar

Dalam setiap bisnis kuliner, menentukan target pasar merupakan hal pertama yang wajib diperhatikan. Termasuk dalam bisnis jasuke, dimana target pasarnya terdiri dari anak-anak hingga remaja. 

Jika anak sekolahan, khususnya anak SD yang jadi target utama, kamu bisa bermain dengan kemasan dan cara penyajian yang lebih sederhana. Penyesuaian juga perlu kamu lakukan jika targetnya remaja, anak-anak SMP, SMA dan Mahasiswa.


  1. Pilih Lokasi yang Strategis

Berkaitan dengan target pasar, hal yang penting diperhatikan adalah, pilih lokasi yang strategi. Pilihan lokasi ini tergantung dari target pasar yang ingin disasar, misalnya dekat sekolah, tempat nongkrong, atau area kampus.

Untuk tempat jualannya, kamu bisa memulai bisnis jasuke ini dengan menggunakan stand portable. Selain mudah dan bisa dibongkar pasang, harga dari stand portable ini tergolong sangat murah sehingga modal yang dibutuhkan jadi lebih terjangkau. 


  1. Resep Jasuke Terbaik

Banyak yang berpikir jika jasuke merupakan makanan yang mudah dibuat. Faktanya memang begitu, jasuke merupakan camilan yang mudah dibuat dengan bahan-bahan utama jagung manis, krim kental manis dan keju parut. 

Tapi ingat, takaran dari ketiga bahan tersebut harus diperhatikan agar rasa jasuke yang kamu tawarkan lebih unik. Selain itu, produk keju dan krim kental manis yang dipilih akan sangat menentukan kekhasan dari rasa jasuke tersebut. 


  1. Inovasi Varian Produk

Jangan ragu bereksperimen dengan varian produk. Selain memberi pilihan yang lebih luas, varian produk yang kamu tawarkan akan jadi pembeda dari penjual jasuke lainnya, sekaligus mengikat agar konsumen datang kembali. 

Misalnya, kamu bisa menawarkan jasuke dengan varian rasa matcha, rasa coklat, tambahan meses, tambahan ketan hitam, hingga menambahkan tape. Tinggal olah lagi sesuai dengan kebutuhan, atau selera pasar di daerahmu.


  1. Manfaatkan Sosial Media

Pastikan selalu melibatkan sosial media dalam setiap bisnis yang kamu jalankan. Selain sebagai media promosi gratis, sosial media bisa juga digunakan untuk mendatangkan lebih banyak konsumen. 

Tapi karena yang kamu jual adalah produk jadi, sangat disarankan untuk hanya menerima pesanan dari wilayah lokal saja. Kamu bisa bekerjasama dengan perusahaan ojek online untuk mengantarkan pesanan. 


Berapa Modal Bisnis Jasuke?

Modal bisnis jasuke ini tergolong sangat ringan. Untuk awal kamu bisa menyediakan dana sekitar 1-2 jutaan, dimana uang tersebut digunakan untuk menyediakan stand portable dan memberi peralatan seperti kemasan, dan bahan-bahan jasuke. 

Modal tambahan mungkin harus dikeluarkan jika ingin mencetak banner atau membuat kemasan dengan nama brand sendiri. Kamu bisa menggunakan paper cup, baik hot cup maupun single well. Sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Namun karena jasuke lebih nikmat disajikan dalam kondisi hangat, kamu lebih disarankan menggunakan kemasan hot cup. Bagaimana, siap memulai bisnis jasuke?