Strategi Jualan di Instagram. Ternyata Mudah & Menguntungkan

Strategi Jualan di Instagram
 Strategi Jualan di Instagram | Image: Unsplash

Bisnis online terus mengalami perkembangan. Jika dulu sosial media banyak digunakan sebagai tempat untuk bersosialisasi, kini fungsinya mulai meluas jadi media untuk berpromosi, hingga memasarkan produk. 

Salah satunya Instagram, sosial media yang didominasi oleh tampilan foto dan video tersebut menjelma jadi salah satu media favorit untuk mempromosikan usaha, hingga digunakan untuk memasarkan berbagai jenis produk. 

Tapi tidak asal posting, semuanya butuh perhitungan dan strategi yang tepat. Berikut tips sukses memasarkan produk lewat Instagram.


  1. Gunakan Akun Instagram Bisnis

Untuk memfasilitasi kamu yang ingin berbisnis, Instagram menyediakan akun bisnis atau Business Account. Dengan menggunakan fasilitas ini, calon pembeli akan lebih yakin dan tertarik untuk melihat-lihat produk yang kamu tawarkan. 

Selain terlihat lebih profesional dan membantu meningkatkan kepercayaan calon konsumen, menggunakan akun Instagram bisnis akan membuat algoritma Instagram lebih mudah mengarahkan akun kamu menuju calon pembeli potensial. 


  1. Lengkapi Profil Bisnis

Menggunakan akun Instagram bisnis saja kurang lengkap jika tidak dilengkapi dengan profil bisnis. Untuk tahap awal, kamu bisa memulai langkah ini dengan menentukan nama brand dan memasang logo brand sebagai profil akun.

Setelah itu, jangan lupa untuk mengisi deskripsi singkat tentang bisnis yang dijalankan, alamat dan kontak yang dapat dihubungi. Sertakan juga call to action (CTA), info promosi singkat dan username yang mudah diingat.


  1. Buat Post Yang Menarik

Siapkan postingan khusus untuk produk yang ditawarkan, sesuai dengan konsumen yang disasar. Konten tersebut bisa berupa foto dan video, kemudian berikan caption menarik agar pelanggan tertarik membelinya. 

Konten yang disiapkan pun harus benar-benar menggambarkan produk yang kamu jual, misalnya penggunaan warna dasar, memilih foto yang menarik dengan detail editing yang rapi, dan font yang enak dibaca.


  1. Optimalkan Fitur Dalam Instagram

Instagram menyediakan cukup banyak fitur yang bisa kamu optimalkan untuk mengenalkan produk yang ditawarkan kepada calon pembeli, misalnya fitur Instagram Story untuk menebar promo yang bersifat terbatas.

Kamu juga bisa meningkatkan penjualan, sekaligus meningkatkan kedekatan dengan pelanggan menggunakan fitur Instagram Live, membuat video Reels, dan gunakan Instagram Ads untuk meningkatkan brand imej produk yang dijual. 


  1. Gaet Influencer Instagram

Kamu bisa bekerjasama dengan influencer Instagram untuk meningkatkan jumlah followers, sekaligus membantu program promosi agar lebih menarik. Influencer pun bisa membantu meningkatkan nilai jual produk yang kamu tawarkan lho.

Bukan hanya artis terkenal, kamu bisa menggaet followers Instagram dengan followers yang tinggi, dan terlihat aktif di akun Instagramnya. Selain itu, pastikan influencer yang dipilih sejalan dengan konsep produk yang kamu jual. 


  1. Tetap Aktif dan Berinteraksi dengan Pelanggan

Pastikan kamu terus mengupdate unggahan. Setiap hari, minimalnya kamu melakukan update sebanyak 1 kali. Idealnya, dalam 1 hari kamu bisa mengunggah 2-4 konten. Jangan lupa, ajak followers kamu untuk berinteraksi di kolom komentar. 

Dengan sering melakukan update konten akan membuat algoritma Instagram lebih mudah merekomendasikan produk yang kamu tawarkan kepada calon pelanggan, sesuai dengan target pasar yang diinginkan. 


  1. Gunakan Buzzer

Tidak ada salahnya menggunakan jasa buzzer agar program promosi yang dilakukan bisa menjangkau lebih banyak calon pembeli. Buzzer ini nantinya berperan untuk me-repost konten yang kamu posting, menyebarkan hastag, dan lainnya. 

Dalam banyak kasus, buzzer bisa dimanfaatkan untuk ikut mempromosikan produk lewat kolom komentar akun-akun populer (komentar spam). Tapi ingat, pastikan semuanya dilakukan dengan komentar atau kata-kata yang sopan.