Modal Kecil Hingga Mudah Dikelola. Ini 5 Kelebihan Dari Toko Online

Kelebihan Toko Online
Kelebihan Toko Online | Image: Unsplash

Buat kamu yang sekarang sedang merencanakan membangun bisnis sendiri, toko online bisa jadi pilihan menarik. Selain karena modal yang dibutuhkan jauh lebih rendah, toko online pun sanggup menjangkau pasar yang lebih luas. 

Toko online merupakan toko yang beroperasi secara online sehingga tidak butuh tempat fisik sebagai display. Kamu hanya perlu menyediakan foto terbaik untuk menggambarkan deskripsi dari produk yang dijual. 

Secara garis besar, toko online punya beberapa keunggulan, diantaranya:


  1. Modal Lebih Kecil

Jika dibandingkan dengan membuka toko offline, modal yang dibutuhkan untuk membuka toko online jauh lebih kecil. Kamu hanya perlu membeli beberapa produk sample, kemudian foto produk-produk tersebut sebagai bahan promosi. 

Ini berbeda dengan toko offline yang butuh modal besar. Selain harus menyediakan tempat, kamu pun harus membeli produk dalam jumlah yang cukup banyak. Ingat, toko offline yang diisi sedikit produk cenderung terlihat kurang menarik.


  1. Mudah Dikelola

Jika dibandingkan dengan toko offline, membuka toko online jauh lebih mudah dikelola. Kamu tidak harus diam di toko untuk menunggu pembeli datang, cukup layani lewat chatting atau telpon saja.

Kamu pun tidak perlu sibuk dengan berangkat pagi menuju toko, menata display, dan lainnya. Cukup buka akun sosial media dan marketplace, promosikan produk yang kamu miliki, setelah itu tunggu konsumen datang menghubungimu.


  1. Jangkauan Pasar Lebih Luas

Jika dibandingkan dengan toko offline, toko online mampu menjangkau konsumen yang jauh lebih luas. Bukan hanya tetangga atau orang satu daerah, kamu bahkan bisa menjaring konsumen dari luar kota, provinsi bahkan dari luar negeri.

Jangan khawatir dengan masalah pengiriman barang. Saat ini banyak perusahaan jasa ekspedisi yang siap membantu mengantarkan produk yang kamu jual hingga sampai di tangan konsumen, dengan cepat dan selamat. 


  1. Tidak Butuh Tempat

Membuka toko online tidak harus punya toko secara fisik atau toko offline. Maka dari itu, siapapun kini bisa berjualan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Kamu pun bisa tetap berjualan meski sambil bekerja, atau belajar. 

Kamu mungkin hanya perlu menyediakan sedikit tempat sebagai gudang atau tempat menyimpan barang. Itu pun baru dibutuhkan saat pembeli membludak, atau saat kamu harus menyetok barang dalam jumlah besar.


  1. Tidak Butuh Banyak Karyawan

Sistem yang dijalankan dalam toko online sangat sederhana. Kamu hanya mempromosikan produk yang dijual, melayani pembeli, melakukan packing, dan mengirimkan produk yang dipesan konsumen. 

Di tahap awal, kamu bahkan tidak butuh karyawan untuk membantumu bekerja. Karyawan baru dibutuhkan saat kamu kewalahan melayani pembeli, atau saat harus melakukan packing dalam jumlah banyak. 


Catatan Penting Membuka Toko Online

Meski sangat memudahan, kamu harus tahu jika toko online punya beberapa kekurangan yang wajib dipertimbangkan, diantaranya persaingan yang sangat ketat, kredibilitas cenderung diragukan, dan konektivitas internet yang harus stabil.

Agar lebih optimal, sebaiknya pertimbangkan juga untuk membuka toko offline dan membangun website sendiri. Selain menjangkau konsumen yang lebih luas, keduanya dibutuhkan untuk membangun kredibilitas yang lebih baik. 

Dengan kedua hal tersebut, otomatis kamu tidak perlu khawatir dengan persaingan ketat diantara banyaknya penjual online.