Menjadikan Hobi Sebagai Bisnis Yang Menguntungkan? Bisa Kok!

 

Menjadikan Hobi Sebagai Bisnis
Menjadikan Hobi Sebagai Bisnis | Image: Pixabay

Banyak orang yang memisahkan antara hobi dan bisnis. Mereka beranggapan bisnis merupakan cara untuk mendapatkan uang, sementara hobi cenderung membuang uang meski bermanfaat mengatasi stres dan bisa jadi booster agar jadi lebih produktif. 

Tapi bagaimana jika kamu bisa menjadikan hobi sebagai bisnis? Tentu sangat menyenangkan jika sesuatu yang kamu sukai, kini berhasil jadi ladang untuk meraih pundi-pundi keuntungan yang lebih optimal. 

Jika tertarik menjadikan hobi sebagai lahan bisnis, mungkin kamu bisa memulainya dengan beberapa bisnis berikut ini.


  1. Bisnis Tanaman Hias

Sejak dulu banyak orang yang hobi mengoleksi tanaman hias. Namun baru beberapa tahun terakhir ini hobi tersebut benar-benar memberi keuntungan yang cukup memuaskan. Hal ini dimulai sejak era anthorium atau geelombang cinta. 

Setelah itu, beragam tanaman hias datang silih berganti, hingga yang terbaru booming tanaman janda bolong. Banyak orang yang percaya jika setelah ini, era tanaman hias akan kembali booming di tahun-tahun mendatang. 

Tidak perlu banyak memprediksi, cukup fokus dengan tanaman hias yang kamu miliki, dan tunggu momen yang tepat untuk menjadikannya sumber uang.


  1. Bisnis Koleksi Vinyl

Piringan hitam atau vinyl merupakan salah satu hobi yang belakangan ini banyak digeluti para pebisnis. Selain sebagai koleksi demi kepuasan pribadi, mengoleksi piringan hitam ternyata bisa bernilai investasi juga lho.

Ini tergantung dari jenis koleksi piringan hitam yang kamu miliki. Vinyl dari band-band atau penyanyi legendaris, dan jumlah diyakini sudah sangat langka, umumnya akan bernilai lebih tinggi. 

Tapi ingat, pastikan koleksi kamu benar-benar dirawat dengan baik. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik agar harga jualnya tetap terjaga.


  1. Bisnis Ikan Hias

Sama seperti tanaman hias, hobi ikan hias termasuk dalam hobi yang cukup lama disukai banyak orang di Indonesia. Bedanya, hobi ikan hias sudah sejak lama jadi bisnis yang mendatangkan keuntungan besar. 

Selain itu, bisnis ikan hias tidak fluktuatif seperti bisnis tanaman hias, dimana jenis ikan yang diperdagangkan nilainya cenderung stabil. Misalnya Koi dan Arwana yang masih dikenal sebagai ikan hias kelas premium. 

Selain itu, dalam bisnis ini kamu pun akan menemukan beberapa jenis ikan yang bersifat fast moving, seperti ikan cupang, ikan koki dan lainnya. 


  1. Bisnis Aksesori Otomotif

Bukan hanya pria, belakangan ini banyak juga lho wanita yang tertarik terjun ke dalam dunia otomotif. Melihat pangsa pasarnya yang cukup luas, bisnis aksesoris otomotif bisa jadi ‘lahan basah’ buat kamu.

Bisnis aksesoris otomotif sendiri terdiri dari banyak genre, mulai dari retro atau klasik, adventure, hingga racing. Kemudian kelasnya terbagi dalam 2 kategori besar, roda dua atau sepeda motor dan roda empat alias mobil. 

Pasar utama dari bisnis ini memang para pecinta modifikasi, dan masyarakat umum yang tidak ingin kendaraannya tampil standar.


  1. Bisnis Action Figure

Bisnis action figure memang belum terlalu familiar bagi banyak orang Indonesia, namun dalam beberapa tahun terakhir bisnis ini mulai mendapat sorotan tajam, terutama setelah banyak artis dan public figure yang mengikutinya.

Menurut beberapa survey, kolektor action figure saat ini banyak didominasi oleh kalangan millenial. Namun dominasi tersebut mulai terganggu dengan meningkatnya kolektor action figure dari generasi Z. 

Selain itu, belakangan ini banyak berdiri komunitas-komunitas kolektor action figure yang membuat bisnis ini semakin menggiurkan.