Ide Bisnis Offline Modal Kecil Untuk Ibu Rumah Tangga

Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga
Ide Bisnis Untuk Ibu Rumah Tangga | Image: Pixabay

Bagi Ibu rumah tangga yang kesehariannya sibuk mengatur keuangan keluarga, mengurus anak-anak dan rumah, memiliki penghasilan tambahan merupakan pilihan bijak untuk membantu menata keuangan keluarga agar lebih stabil. 

Tapi jangan khawatir, sebenarnya cukup banyak pilihan bisnis bagi ibu rumah tangga yang bisa dipilih dan berpotensi memberi penghasilan tambahan, namun tidak memakan banyak waktu sehingga kamu bisa tetap fokus mengurus keluarga. 

Berikut beberapa pilihan ide bisnis sampingan yang berpotensi memberi banyak keuntungan, dan cocok digeluti oleh kebanyakan ibu rumah tangga di Indonesia.


  1. Penjahit

Bisnis menjahit pakaian memang cukup fleksibel. Kamu bisa memulai bisnis ini dari rumah, dengan modal mesin jahit dan tambahan aksesoris menjahit seperti meteran tali atau pita, gunting, benang dan lainnya. 

Jika punya skill menjahit yang cukup baik, kamu bisa membuka jasa membuat baju sesuai pesanan pelanggan, merombak, mereparasi atau memodifikasi baju, permak baju, menjahit robekan, dan lainnya. 

Bisnis ini menjanjikan keuntungan yang cukup besar, terutama menjelang hari raya, seperti Lebaran, atau momen penting lainnya. 


  1. Laundry

Hampir semua orang punya mesin cuci, tapi masih banyak yang kurang optimal dalam memanfaatkannya. Di sisi lain, waktu yang sangat terbatas karena pekerjaan dan karir membuat mereka sulit meluangkan waktu untuk mencuci.

Celah ini bisa kamu manfaatkan untuk membuka jasa laundry. Dengan bermodalkan beberapa unit mesin cuci, kamu sudah bisa membuka jasa laundry, dengan target pasar rumah tangga, mahasiswa, atau asrama. 

Jika ingin dikembangkan, kamu bisa membuka jasa cuci karpet, atau benda besar lainnya yang sulit dicuci dengan mesin cuci biasa.


  1. Catering

Di jaman sekarang, banyak orang yang disibukkan dengan pekerjaan dan sibuk mengejar karir sehingga mereka tidak sempat menyiapkan makanan untuk dirinya sendiri, atau bahkan keluarga. 

Jika kamu punya skill memasak yang cukup baik, manfaatkan celah ini untuk membuka usaha catering. Kamu bisa memasak makanan sesuai dengan pesanan pelanggan, kemudian dikemas ke dalam wadah plastik khusus catering. 

Selain itu, kamu juga bisa menargetkan sekolah, pekerja kantoran, atau industri rumahan yang menyediakan fasilitas makan siang bagi karyawannya. 


  1. Toko Kelontong

Dibanding dengan bisnis lainnya yang cocok untuk ibu rumah tangga, membuka toko kelontongan merupakan bisnis paling mudah dijalankan, dan waktu yang lebih fleksibel sehingga tidak mengganggu aktivitas kamu sebagai Ibu rumah tangga. 

Tidak perlu besar, kamu bisa memulai bisnis ini dengan membuka warung sembako kecil-kecilan, seperti menjual beras, minyak goreng, gula dan lainnya. Jika ingin dikembangkan, kamu bisa menambahkan jajanan anak dan lainnya. 

Untuk mendapat margin keuntungan yang lebih tinggi, cari supplier yang bisa memberi harga yang lebih rendah dari pasaran.


  1. Potong Rambut

Jasa potong rambut merupakan salah satu pilihan menarik karena tidak butuh banyak modal untuk memulainya, pisau cukur, gunting rambut, hair clipper elektrik, dan beberapa aksesoris seperti sisir, jepitan dan lainnya. 

Dengan pengetahuan dan skill yang baik tentang model rambut, kamu bisa membidik pasar yang lebih luas, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Jika ingin dikembangkan, kamu bisa membuka jasa cuci rambut, hair coloring, rebonding dan lainnya. 

Sebagai tambahan, sediakan fasilitas tambahan seperti minuman dan makanan ringan agar pelanggan yang menunggu bisa sekalian jajan.