Ide Bisnis Jualan Cireng Isi, Perkiraan Modal dan Tips Memulainya!


Ide Bisnis Jualan Cireng Isi
 Ide Bisnis Jualan Cireng Isi | Image: Wikimedia Commons 

Pernah dengar istilah “lebih baik kecil kepala teri, daripada besar ekor kakap”? Yup, peribahasa ini mengajarkan kita semangat berwirausaha, meski dimulai dari bisnis kecil, seperti jualan cireng isi. 

Meski kecil, bisnis cireng isi menjanjikan keuntungan yang besar lho. Bahkan jika kamu pintar mengelolanya, bisnis ini berpeluang besar terus berkembang dan memberi keuntungan yang berlipat ganda. 


Ide Bisnis Jualan Cireng Isi

Cireng merupakan akronim dari ‘aci digoreng’, salah satu jajanan populer dari tanah Sunda. Selain mudah dibuat dan bahan-bahannya yang melimpah, cireng terus berkembang dengan banyak varian, mulai dari cireng isi, hingga cireng kuah.

Biasanya makanan ini dijajakan di lingkungan sekolah, hingga event kuliner tertentu. Menariknya,  saat ini banyak juga orang yang menjual cireng secara online. Bisanya cireng ini dikemas mentah, konsumen tinggal menggorengnya sendiri di rumah.

Berikut beberapa alasan kenapa kamu harus serius mempertimbangkan ide bisnis jualan cireng isi.


  1. Modal Yang Dibutuhkan Sangat Terjangkau

Modal yang dibutuhkan untuk memulai jualan cireng isi ini sangat kecil, bahkan dengan uang 100 ribu saja kamu sudah bisa memulainya. Modal tersebut bisa digunakan untuk membeli bahan-bahan, seperti: 

  • Minyak goreng. 
  • Tepung terigu dan tepung tapioka.
  • Bahan isian cireng (suwir ayam, sosis, dan lainnya)

  • Bumbu, seperti bawang putih, daun bawang, saus pedas, dan lainnya.

Untuk modal lainnya, seperti kompor, gas, wajan dan alat-alat menggoreng lainnya, kamu bisa menggunakan yang sudah ada di rumah saja. 


  1. Cara Pembuatan Mudah

Membuat cireng tergolong sangat mudah, kuncinya adalah mencampurkan adonan dengan tepat. Kamu bisa mempelajari tutorialnya di YouTube atau beberapa artikel di Internet. Ada banyak varian cireng yang bisa kamu pilih. Tinggal sesuaikan saja. 

Jika kamu benar-benar belum bisa membuatnya, cobalah untuk belajar terlebih dahulu. Jangan khawatir, kamu hanya perlu beberapa kali percobaan hingga resep yang didapat benar-benar tepat sesuai dengan keinginan. 

Kunci lainnya yang tidak kalah penting adalah, pastikan air yang digunakan untuk menguleni adonan benar-benar matang dan masih sangat panas. 


  1. Jangkauan Pasar Sangat Luas

Cireng isi termasuk jajanan yang disukai oleh banyak orang, tanpa memandang gender dan usia. Apalagi jika kamu berhasil menemukan bumbu rahasia yang membuat cireng kamu terasa unik dan spesial, pasti pelanggan akan terus berdatangan. 

Ada dua opsi yang bisa kamu pilih untuk berjualan cireng ini, yakni: 

  • Menjual cireng isi yang sudah masak dengan jangkauan pasar masyarakat sekitar, atau pelanggan dalam kota. 

  • Menjual cireng isi mentah yang sudah dikemas. Untuk yang satu ini, kamu bisa menyasar pasar dari luar daerah dengan sistem online.

Adonan cireng sendiri tergolong tahan lama. Jika adonan yang dibuat benar-benar sempurna, cireng mentah bisa bertahan hingga 3-4 tanpa disimpan di kulkas. 


Langkah Memulai Ide Bisnis Jualan Cireng Isi

Untuk memulai bisnis jualan cireng isi, selain mempersiapkan resep dan skill memasak yang dibutuhkan, kamu disarankan untuk mempersiapkan dua hal penting, yakni model bisnis yang akan dijalankan, dan strategi pemasaran yang akan diambil.

Tentu keduanya merupakan faktor terpenting dalam memulai sebuah bisnis. Tanpa model bisnis dan strategi pemasaran yang baik, bisnis cireng isi yang kamu jalankan kemungkinan besar akan sulit berkembang.


Menentukan Model Bisnis

Tentukan model bisnis yang akan kamu jalankan. Untuk berjualan secara langsung dengan target masyarakat sekitar, kamu butuh booth makanan yang memadai. Ini bisa disesuaikan dengan budget dan kondisi lingkungan sekitar. 

Kalau kamu ingin membuat bisnis frozen food cireng isi, sudah tentu yang harus dipersiapkan adalah, perlengkapan mengemas yang baik, seperti menyiapkan plastik kemasan, vakum kemasan hingga pengunci kemasan. 


Siapkan Strategi Pemasaran Bisnis Cireng Isi

Setelah memilih model bisnis yang akan dijalankan, langkah selanjutnya adalah menentukan strategi pemasaran. Untuk poin yang satu ini, sesuaikan dengan model bisnis yang dijalankan. 

Misal, jika model bisnis yang dipilih adalah direct selling, maka strategi pemasarannya tergantung dari display produk dan promosi yang kamu lakukan. Sedangkan jika bisnis frozen food cireng isi, jangan lupa optimalkan sosial media. 

Kamu pun bisa memanfaatkan situs-situs marketplace, atau menawarkannya langsung ke pedagang makanan di pasar tradisional atau toko frozen food terdekat. 


Untuk tahap awal, sangat disarankan memilih salah satu dari dua model bisnis yang ditawarkan. Setelah bisnis kamu terasa lebih stabil, kamu bisa memadukan kedua konsep tersebut untuk meningkatkan penjualan. 

Bagaimana, sudah siap memulai ide bisnis cireng isi ini? Jangan lupa, siapkan program promosi dan konsep marketing yang baik. Semoga berhasil.