Cara Memulai Bisnis dari Nol, Tidak Layu Sebelum Berkembang

Cara Memulai Bisnis dari Nol
Cara Memulai Bisnis dari Nol | Pixabay

Data terbaru dari Small Business Association, mengingatkan jika 30 % bisnis baru akan tumbang di tahun pertama, dan 50% bisnis tersebut akan gagal di tahun ke-5. Artinya, potensi kegagalan jauh lebih tinggi ketimbang potensi keberhasilan. 

Ngeri bukan? Tentu data tersebut bukan upaya untuk menakut-nakuti atau membuat kamu mengurungkan niat untuk memulai bisnis dari nol. Namun sebagai upaya untuk mengingatkan agar kamu lebih waspada, dan bersiap dengan kemungkinan terburuk. 

Nah buat kamu yang tidak ingin bisnisnya ambruk di tengah jalan,berikut 9 cara memulai bisnis dari nol, terus berkembang dan tidak ambruk di tengah jalan.


  1. Miliki Dana Darurat Perusahaan

Ini yang jarang dipahami para pemula. Kebanyakan dari mereka menganggap bisnis akan terus konsisten seperti saat awal melakukan launching. Lebih parah lagi, banyak yang yakin bisnis mereka akan terus cuan.

Optimisme memang dibutuhkan, tapi percayalah, pasang surut bisnis merupakan hal biasa. Untuk menghadapi semua itu, kuncinya utamanya adalah, siapkan dana darurat. Tidak banyak kok, setara dengan 3-6 bulan biaya operasional.


  1. Investasi Pada SDM Yang Kamu Miliki

Selain berinvestasi dalam produk, dan peralatan produksi (aset perusahaan), jangan lupa untuk berinvestasi pada SDM. Ini bisa dilakukan dengan cara merekrut karyawan terbaik, dan terus kembangkan kemampuan mereka.

Untuk melakukannya, kamu bisa mendaftarkan mereka pada workshop-workshop tertentu, seperti pengembangan diri, leadership dan lainnya. Tapi ingat, pastikan yang kamu milih merupakan yang terbaik, dan loyal terhadap perusahaan.


  1. Terus Upgrade Kemampuanmu

Sebagai business owner yang memulai bisnis dari nol, kamu tidak boleh nyaman dan hanya mengandalkan karyawan. Selain mengupgrade kemampuan mereka, kamu pun harus mengupgrade kemampuan diri. 

Masih jadi bagian investasi pada SDM, kamu harus terus belajar kemampuan baru dan upgrade informasi terkait bisnis yang kamu jalani. Selain memudahkan mengambil peluang baru, trik ini penting sebagai upaya pengendalian resiko kolaps. 


  1. Miliki Partner Bisnis Yang Solid

Berjalan sendiri itu menakutkan lho. Apalagi di dunia bisnis yang tidak kenal ampun. Agar langkahmu lebih ringan, pastikan kamu punya partner yang kuat, baik yang menemanimu dari luar, maupun dari dalam. 

Partner dari dalam bisa berupa orang terdekat atau orang kepercayaan. Sedangkan dari luar, kamu bisa mengambil partner bisnis dari mentor bisnis, supplier atau vendor, dan lainnya. Kamu pun bisa bergabung dengan komunitas bisnis tertentu.


  1. Pahami Ilmu Keuangan

Masih banyak pebisnis yang menyatukan keuangan perusahaan dengan keuangan pribadi atau keluarga. Jelas ini sangat berbahaya, bahkan pola seperti ini berpotensi besar menghambat perkembangan bisnis, dan meningkatkan resiko bangkrut. 

Selain pemisahan antara keuangan pribadi dan perusahaan, kamu pun harus belajar tentang cash flow uang perusahaan, investasi, manajemen hutang, dan lainnya. Semua ilmu keuangan tersebut harus dipahami, bahkan sejak awal merintis bisnis. 


Memahami ilmu keuangan ini termasuk dalam upaya meningkatkan skill atau upgrade kemampuan. Kamu bisa belajar semua itu lewat workshop atau seminar keuangan, atau bisa juga menggunakan software accounting berbayar. 

Nah itu dia beberapa tips memulai bisnis dari nol agar tidak ambruk di tengah jalan. Semoga bermanfaat, dan selamat berbisnis.