7 Peluang usaha online Paling Menjanjikan di Era Internet

Peluang usaha online
Peluang usaha online | Image: Pixabay

Sejak era internet yang diikuti dengan munculnya berbagai produk smartphone, banyak peluang usaha yang mulai terbuka lebar. Jika mampu dimanfaatkan dengan baik, peluang tersebut berpotensi menghasilkan keuntungan besar. 

Yang perlu kamu lakukan sekarang hanya mengasah kemampuan untuk melihat beragam peluang bisnis tersebut, untuk kemudian diolah dan dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan tambahan.

Berikut beberapa peluang usaha online yang jika ditekuni dengan serius, berpotensi membawa keuntungan yang sangat tinggi.


  1. Berjualan di Online Shop

Berjualan di online shop merupakan salah satu pilihan bisnis yang popularitas terus menanjak sejak era internet. Terlebih dengan maraknya situs marketplace, aktivitas berjualan secara online jadi makin mudah dan menjanjikan.

Di Indonesia sendiri ada beberapa situs marketplace yang bisa kamu manfaatkan untuk membuka lapak jualan sendiri, diantaranya Bukalapak, Tokopedia, Lazada, JD.ID, Shopee dan beberapa situs lainnya.


  1. Jadi Reseller

Bagaimana jika tidak punya produk yang bisa dijual? Jangan khawatir, kamu bisa mencoba untuk menjadi reseller. Ada banyak kok produsen produk-produk ternama yang membuka kesempatan bagi reseller untuk ikut berjualan. 

Tugas kamu hanya perlu mencari suppliernya saja. Untuk bisa menemukan mereka, cek saja situs, seperti Dropshipaja.com, Dusdusan.com, Resellerdropship.com, Ciptaloka.com, Bandros.co.id, Mitrabakul.com dan lainnya.


  1. Membangun Blog

Kamu kurang berminat berjualan secara online? Jangan khawatir, kembangkan kemampuan menulismu dengan membuka blog atau portal berita sendiri. Selain skill menulis, tentu kamu pun harus punya skill SEO dan web builder.

Dari mana sumber pendapatannya? Jika blog tersebut sudah banyak pengunjungnya, kamu bisa mendapat keuntungan dari memasang iklan Google AdSense, menjual jasa review (Paid to review), hingga menjual space iklan mandiri.


  1. Menjadi YouTuber

Menjadi YouTuber kini bukan hanya sekedar hobi yang menjanjikan, tapi juga sudah banyak dipilih sebagai bisnis utama. Bahkan banyak musisi, artis, hingga tokoh penting lainnya yang mendapat penghasilan besar dari YouTube.

Sama seperti blog, kamu bisa mendapat keuntungan dari iklan Google Adsense yang dipasang dalam video yang kamu unggah, memasang iklan sendiri (video sponsor), mereview produk, dan lainnya.  


  1. Script Writer dan Video Editor

Makin banyak orang yang tertarik menjadi YouTuber, makin banyak juga peluang bisnis yang bisa kamu bidik dari sektor ini. Salah satunya dengan menjadi script writer, video editor, hingga menjadi voice over talent bagi para YouTuber. 

Jika bidang ini yang kamu pilih, kamu bisa mendapatkan keuntungan dengan cara menjadi freelancer, atau bahkan bekerja langsung dengan para content creator tersebut (menjadi tim produksi).


  1. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing merupakan salah satu model bisnis yang sangat digeluti oleh para internet marketer. Untuk menjalankan bisnis ini, kamu tidak perlu menyediakan produk, cukup bekerja untuk menjual produk orang lain. 

Bagaimana caranya? Gunakan beragam sosial media, seperti Instagram, TikTok, YouTube, dan lainnya untuk berjualan. Nantinya kamu akan mendapat bonus dari setiap produk sponsor yang terjual.


  1. Jasa Desain Grafis

Masih berhubungan dengan sosial media, belakangan ini jasa desain grafis banyak dicari oleh para produsen produk-produk tertentu yang ingin mempromosikan produk, sekaligus memasarkan produk-produk mereka secara online.

Selain itu, desainer grafis banyak dicari para content creator hingga influencer untuk meningkatkan citra diri mereka. Untuk menggeluti bisnis ini, kamu wajib menguasai software editing seperti CorelDraw dan Photoshop.

Nah itu dia peluang usaha online yang bisa kamu pilih untuk mengembangkan diri, sekaligus mendapat keuntungan tinggi dari internet. Kamu tertarik dengan model bisnis yang mana?