Bisnis Offline Ini Bisa Kamu Kombinasikan Dengan Bisnis Online Lho!

Bisnis offline dan Bisnis online
Bisnis offline dan Bisnis online | Image: Pixabay

Untuk bisa meningkatkan pendapatan, banyak orang yang mengkombinasikan antara bisnis offline dan online. Ini tentu pilihan yang bijak, terlebih saat ini bisnis online sedang berkembang pesat dan merambah di berbagai sektor bisnis. 

Selain meningkatkan kepercayaan pelanggan, memadukan bisnis offline dan online bermanfaat untuk menjangkau pasar yang lebih luas, dan membantu mengembangkan bisnis, tanpa tambahan modal yang terlalu tinggi. 

Berikut beberapa bisnis offline yang bisa dipadukan dengan bisnis online untuk mendapat keuntungan dan jangkauan pasar yang lebih luas. 


  1. Bisnis Jasa Jahit Pakaian

Bisnis pakaian merupakan bisnis dengan cakupan pasar yang luas dan tidak akan sepi pelanggan. Jika kamu belum punya modal yang cukup untuk memproduksi banyak model pakaian, cobalah merintis bisnis dengan membuka jasa jahit pakaian. 

Bisnis ini memungkinkan kamu untuk meraih pasar secara offline maupun online, dengan target konsumen orang-orang yang ingin punya model pakaian khusus dengan ukuran, dan warna yang disesuaikan (custom). 


  1. Menjalankan Bisnis Kuliner

Sejak era pandemi kemarin, banyak pengusaha kuliner yang mulai mengembangkan konsep bisnis mereka dengan merambah ke dunia online, dimana mereka membuka layanan pesan antar dengan bantuan aplikasi transportasi online. 

Setelah pandemi, ternyata kebiasaan membeli makanan secara online masih banyak dilakukan. Manfaatkan situasi ini untuk mulai go-online. Langkah pertama, daftarkan kedai atau warung makan kamu ke aplikasi transportasi online.


  1. Jualan Kuota Internet

Masih menjalankan bisnis jualan kuota dengan cara lama? Sambil menunggu di konter, manfaatkan gadget di kontermu untuk mempromosikan usaha di sosial media, seperti Facebook, Instagram, atau bahkan situs marketplace.

Dengan cara ini, kamu akan mampu menjangkau lebih banyak konsumen, bahkan untuk pelanggan di luar daerah. Untuk metode pembayaran secara online, kamu bisa menggunakan sistem transfer atau top-up uang digital. 


  1. Bisnis Warung Sembako

Kata siapa warung sembako tidak bisa online? Buktinya, selama pandemi kemarin banyak orang yang membeli kebutuhan pokok, seperti beras, minyak goreng, telur, bahkan sayuran secara online. 

Yuk manfaatkan sosial media untuk mempromosikan jualan kamu. Kamu bisa mengantarkan langsung pesanan pelanggan dengan tambahan ongkos kirim, atau bisa juga memanfaatkan layanan transportasi online. 


  1. Bisnis Mainan Anak

Bisnis mainan anak merupakan salah satu peluang bisnis yang sangat menggiurkan, apalagi mainan edukatif seperti puzzle, lego, atau maian segmented, seperti boneka, mobil-mobilan, action figure dan lainnya. 

Salah satu kelebihan dari bisnis ini adalah, produknya tidak punya masa kadaluarsa dan konsumennya yang tidak akan pernah sepi. Sama seperti bisnis lainnya, optimalkan sosial media, dan situs marketplace untuk pemasaran online. 


  1. Jasa Laundry

Kebanyakan orang yang membuka bisnis laundry akan mencari pelanggan dengan cara berkeliling ke kompleks perumahan, atau pasif menunggu pelanggan datang ke tempat usaha untuk menyerahkan pakaian kotornya. 

Untuk menjangkau pasar yang lebih luas, promosikan bisnismu secara online. Kamu bisa membuka layanan antar jemput cucian, atau menggunakan jasa ekspedisi untuk pengiriman cucian yang berada di luar daerah. 


  1. Bisnis Kerajinan Tangan

Manfaatkan keterampilan kamu dengan membuka bisnis kerajinan tangan, misalnya dengan membuat jam dinding karakter custom, membuat lukisan custom, membuat tas rajut, dan lainnya. Intinya, optimalkan semua kemampuan dan kreativitasmu. 

Untuk memasarkannya, selain membuka toko offline agar pelanggan bisa datang dan memilih produk yang kamu tawarkan, buka juga penjualan secara online lewat situs sosial media, dan marketplace. 

Selain itu, sebenarnya masih banyak model bisnis offline yang bisa dikombinasikan dengan model pemasaran secara online. Yuk mulai go online agar bisnis yang kamu rintis bisa berkembang lebih optimal.