7 Peluang Bisnis Di Musim Hujan Yang Meenguntungkan

Peluang Bisnis Di Musim Hujan
Peluang Bisnis Di Musim Hujan | Pixabay

Musim penghujan sudah mulai datang. Beberapa orang merespons kedatangannya dengan menyiapkan hal-hal yang mungkin dibutuhkan sebagai penunjang aktivitas, seperti membeli payung, jas hujan, dan lainnya. 

Namun ada juga yang merespons kedatangan musim hujan ini sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Mereka bukan hanya sekedar menyiapkan payung dan jas hujan, tapi juga konsep bisnis untuk meraup lebih banyak keuntungan. 

Ada di kubu manakah kamu? Jika di kubu para pebisnis, berikut beberapa ide bisnis di musim hujan yang bisa kamu jadikan sebagai sumber inspirasi.


  1. Jual Jas Hujan Sekali Pakai

Jangan salah, meski terbuat dari kresek dan hanya digunakan sekali pakai, jas hujan sederhana ini jadi benda yang sangat dibutuhkan di musim hujan. Bahkan harganya cenderung naik seiring banyaknya permintaan konsumen. 

Mumpung belum terlalu trend, sebaiknya siapkan modal untuk membeli jas hujan sekali pakai ini dengan harga semurah mungkin. Kamu bisa menjualnya lagi secara online, atau menawarkan secara langsung, terutama di tempat-tempat parkir.


  1. Cover Sepatu Tahan Air

Sama seperti jas hujan, cover sepatu tahan air jadi hal yang cukup dibutuhkan selama musim hujan. Meski punya fungsi yang saling mendukung, kebanyakan orang lebih memilih menjual cover sepatu secara terpisah. 

Sama seperti bisnis jas hujan, kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk menjual cover sepatu tahan air. Pangsa pasarnya luas lho, terutama di area kampus, sekolah, perkantoran, dan orang-orang yang menjalani aktivitas hariannya dengan bersepatu.


  1. Jasa Laundry

Berbeda dengan ide bisnis musim hujan sebelumnya yang bersifat musiman, bisnis laundry ini tergolong bisnis jangka panjang, dimana musim penghujan jadi salah satu waktu panen bagi para pelaku bisnis ini. 

Selain karena sulit kering, banyak orang yang kewalahan karena tumpukan baju kotor dan basah karena kehujanan. Namun siapkan modal penunjang yang cukup besar, terutama untuk membeli pewangi dan mesin pengering pakaian.


  1. Pakaian Musim Dingin

Pakaian musim dingin, seperti hoodie, jaket, sweater, knitwear dan lainnya, merupakan salah satu item yang paling banyak diburu. Selain itu, kamu juga bisa menambah item pendukung, seperti kaos kaki tebal, syal, beanie dan lainnya. 

Selama musim hujan, orang-orang akan cenderung beraktivitas dengan fashion item tersebut, sehingga harganya akan cenderung naik. Makanya, sebelum musim hujan siapkan stok banyak untuk item-item tersebut. 


  1. Minuman Hangat dan Camilan

Saat musim hujan, minuman hangat dan camilan, seperti teh herbal, kopi, wedang jahe, keripik, dan lainnya, jadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. Terlebih jika kamu melengkapi bisnis ini dengan layanan antar hingga ke rumah. 

Kamu juga bisa mengemas produk-produk tersebut secara instan, dan menjualnya di toko-toko online. Dengan cara ini, pelanggan bisa tetap menikmati produk kamu dimana saja dan kapan saja mereka butuhkan.


  1. Bengkel Panggilan

Bisnis lainnya yang tidak kalah gacor selama musim hujan adalah bengkel panggilan, terutama di wilayah perkotaan yang rawan dengan banjir. Tentu banyak kendaraan yang mogok akibat mesinnya kemasukan air. 

Segera persiapkan alat-alat pendukung bisnis bengkel panggilan ini, mulai dari toolbox hingga sparepart pengganti. Kamu bisa memasang iklan di pinggir jalan, atau konsisten menawarkan jasa kamu secara online. 


  1. Taxi Online

Banyak orang yang aktivitasnya tertahan karena hujan deras, terutama bagi mereka yang dituntut untuk bergerak mobile, namun tidak punya kendaraan atau alat penunjang beraktivitas selama musim hujan.

Manfaatkan momen ini untuk bergabung dengan bisnis transportasi online, dimana pasar utama yang bisa kamu bidik adalah, karyawan yang masih menggunakan kendaraan roda dua, mahasiswa dan anak-anak sekolahan. 


Nah itu dia 7 bisnis yang prospeknya cukup menjanjikan selama musim hujan. Selain itu, tentu masih banyak peluang bisnis lainnya yang bisa kamu bidik untuk meningkatkan pendapatan selama musim penghujan ini. 

Jadi, jangan berhenti berkreasi dan berinovasi. Setiap momen pasti memberi peluang baru, yang kamu butuhkan adalah, bergerak cepat untuk memanfaatkan momen tersebut. Tetap semangat, dan selamat berbisnis.