7 Aplikasi Bisnis Gratis Terbaik Buat Yang Ingin Kuasai Pasar

Aplikasi Bisnis Gratis
 Aplikasi Bisnis Gratis | Image: Unsplash

Mengelola bisnis bukan hal yang mudah. Semakin berkembang bisnis yang dikelola, makin besar pula usaha yang harus diberikan untuk menjaga bisnis tetap tumbuh, dan makin banyak orang yang harus dilibatkan dalam bisnis kamu.

Tapi beruntung, di era digital seperti sekarang ini banyak aplikasi yang bisa membantu kamu menangani bisnis yang dijalankan. Bukan hanya memudahkan, aplikasi-aplikasi tersebut bahkan bisa membantu kamu memotong biaya operasional.

Berikut contoh aplikasi yang bisa memudahkan kamu mengelola bisnis.


  1. Whatsapp Business

Whatsapp Business merupakan pilihan ideal buat kamu yang ingin meningkatkan penjualan. Selain mudah dan gratis, Whatsapp merupakan aplikasi pesan instan paling populer dan paling banyak digunakan saat ini. 

Aplikasi pesan instan ini juga menyediakan fitur katalog yang memungkinkan orang yang berada di kontak kamu bisa melihat dan memilih-milih produk menarik, untuk kemudian melakukan penawaran langsung.


  1. Microsoft Planner

Microsoft Planner jadi salah satu aplikasi wajib buat kamu yang ingin membuat perencanaan bisnis bersifat visual. Aplikasi ini punya banyak fitur menarik yang mendukung perkembangan bisnis, seperti membuat jadwal dan lainnya.

Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi bisnis ini untuk merencanakan diskusi melalui fitur Chat, dan segudang manfaat lainnya. Jangan khawatir dengan isu keamanan, karena Microsoft Planner masuk dalam daftar aplikasi bisnis teraman hingga saat ini.


  1. Canva

Membuat desain dan promosi produk kini lebih mudah dengan adanya Canva. Bahkan aplikasi ini sangat mudah dioperasikan, bahkan oleh mereka yang tidak menguasai aplikasi desain seperti Corel Draw maupun Photosoft.

Di dalamnya, kamu bisa memilih beragam template menarik untuk membuat CV, flyer, brosur dan lainnya, baik yang bersifat gratis maupun premium. Hasil desain tersebut bisa langsung diunggah ke situs sosial media, seperti Instagram. 


  1. Google Spreadsheet

Google Sheets atau Google Spreadsheet merupakan salah satu aplikasi penting yang bisa kamu manfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti merencanakan target, analisa produk, merancang timeline bisnis, memanage stok produk, dan lainnya. 

Pengoprasiannya sendiri mirip seperti Microsoft Exel, namun aplikasi ini lebih menarik karena bersifat online sehingga bisa diakses dimana saja dan kapan saja. Yang paling penting, aplikasi ini gratis. 


  1. Workplace

Buat kamu yang kesulitan untuk menjalin komunikasi dengan tim, tidak ada salahnya mulai melirik Workplace. Aplikasi besutan facebook ini bisa digunakan sebagai media komunikasi antar tim, hingga berbagi file dengan rekan kerja.

Aplikasi Workplace sangat cocok digunakan sebagai sarana komunikasi real time selama work from home (WFH), atau buat kamu tim leader yang harus mengatur banyak bawahan yang bekerja secara online. 


  1. Google Bisnisku

Google Bisnisku merupakan salah satu aplikasi powerfull yang layak diandalkan buat kamu yang ingin mengembangkan bisnis. Program ini bisa digunakan untuk berbagai kepentingan, seperti memetakan lokasi di hasil penelusuran search engine Google. 

Selain itu, aplikasi Google Bisnisku dapat membantu bisnis yang kamu kelola mudah dijangkau lebih banyak konsumen, membantu menerbitkan informasi atau promo terbaru, meningkatkan rating pelayanan, dan beragam strategi bisnis lainnya. 


  1. Hootsuite

Hampir semua bisnis saat ini terikat dengan sosial media. Untuk memudahkan kamu memanage semua akun sosial media, seperti Facebook, Instagram Twitter, dan lainnya, Hootsuite merupakan aplikasi penting yang wajib digunakan. 

Aplikasi Hootsuite punya beragam keunggulan, diantaranya dapat membantu proses publikasikan postingan di media sosial jadi lebih terjadwal, mengevaluasi kinerja postingan setelah dipublish, hingga melakukan kajian terhadap minat pasar.


Nah itu dia beberapa aplikasi yang wajib kamu pertimbangkan untuk membantu mengoptimalkan performa bisnis yang kamu kelola. Selain aplikasi-aplikasi di atas, tentu masih banyak deretan aplikasi lainnya yang tidak ditinggalkan. 

Intinya, jangan pernah berhenti untuk belajar, berinovasi dan berimprovisasi dengan pasar. Ingat, pasar tidak akan mengikuti kemauanmu, tapi kamu lah yang harus mulai belajar beradaptasi dengan pasar. Semoga bermanfaat!