5 Strategi Bisnis Sablon. Ternyata Mudah dan Menguntungkan lho!

Strategi Bisnis Sablon
Strategi Bisnis Sablon | Image: Unsplash

Bisnis sablon kaos terus mengalami perkembangan. Jika dulu untuk mencetak satu kaos dengan gambar tertentu dibutuhkan waktu dan proses yang cukup panjang, kini di era digital print semua proses tersebut dapat dipangkas. 

Tidak hanya itu, pangsa pasar usaha sablon terus mengalami peningkatan, terlebih saat ini banyak komunitas atau gerakan tertentu yang menjadikan souvenir T-shirt sebagai bagian dari strategi kampanye yang mereka kembangkan. 

Nah buat kamu yang berniat mencicipi gurihnya keuntungan dari bisnis sablon, berikut beberapa strategi yang perlu kamu kembangkan.


  1. Berikan Kualitas Terbaik

Bisnis sablon termasuk dalam bisnis long lasting, dimana sektor ini sudah ada sejak lama, seiring dengan perkembangan dunia fashion. Beragam teknik sablon terus dikembangkan, mulai dari teknik tradisional, hingga full komputer. 

Terlepas dari semua itu, pastikan kamu selalu memberikan kualitas terbaik pada setiap produk yang ditawarkan. Bukan hanya kualitas bahan t-shirt atau baju yang digunakan, tapi juga pada kualitas tinta sablon dan perangkat pendukung lainnya. 


  1. Jalin Kerjasama Dengan Banyak Distributor

Karena terus berkembang dan persaingan yang sangat ketat, kamu perlu membangun kerjasama dengan banyak distributor. Memang benar keuntungan yang diraih tergolong sangat tipis, tapi banyaknya orderan akan menutupinya. 

Selain itu, menangani banyak klien merupakan salah satu personal branding, sekaligus portofolio menarik yang bisa kamu tawarkan pada konsumen. Dengan cara ini, kepercayaan konsumen akan meningkat dan nilai jual kamu akan meningkat. 


  1. Ikut Pasarkan Produk

Jangan pasif menunggu order datang. Untuk melipatgandakan keuntungan, sekaligus sebagai promosi kualitas sablonan yang kamu kerjakan, buat sample produk sebanyak mungkin, kemudian pasarkan langsung ke konsumen. 

Kamu bisa bekerjasama dengan distro atau outlet-outlet yang menjual t-shirt atau baju yang kamu produksi, atau kamu juga bisa membuka distro sendiri dengan menyasar end-user. Jangan lupa, pasarkan juga produk kamu secara online. 


  1. Tawarkan Berbagai Teknik Sablon

Jangan hanya terpaku pada satu teknik sablon. Pastikan kamu selalu mengamati perkembangan dunia sablon, dan sebisa mungkin langsung bergerak untuk mengadopsi teknologi baru dalam bidang bisnis yang kamu geluti. 

Jika memungkinkan, cobalah untuk menemukan inovasi baru dalam teknik sablon baju sehingga hasil yang didapat akan terlihat lebih unik, berkualitas terbaik, dan mengundang banyak konsumen untuk membelinya.


  1. Fokus Serta Konsisten

Ingat, bisnis sablon merupakan bisnis yang tidak lekang oleh waktu. Artinya, bisnis ini akan terus menemukan pasar. Selain itu, banyaknya inovasi dalam teknik sablon, tetap tidak akan menghapus teknik konvensional yang sudah lama kamu gunakan.

Maka dari itu, pastikan kamu fokus menyelesaikan satu rencana bisnis ke rencana bisnis lainnya, dan konsisten di dalamnya. Pastikan kamu juga harus fokus pada kualitas agar produk yang ditawarkan bisa bersaing di pasaran.  


Jika ada peluang untuk melakukan ekspansi bisnis, jangan ragu untuk mencobanya. Jangan khawatir, seperti dijelaskan di atas, bisnis sablon merupakan bisnis yang bersifat everlasting, dimana peminatnya akan selalu ada dari tahun ke tahun. 

Kalau saat ini kamu belum memulainya, dan masih berencana untuk terjun ke bisnis sablon, jangan tunggu lama lagi. Segera mulai, dan pasarkan produk terbaikmu!