Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Coba Bisnis Kedai Kopi

Bisnis Kedai Kopi | Image: Unsplash

Bak jamur di musim hujan, belakangan ini banyak orang yang memilih untuk terjun ke bisnis kedai kopi. Selain meningkatnya pecinta kopi di Indonesia, belakangan ini banyak orang yang memilih kedai kopi sebagai tempat nongkrong.

Tidak hanya itu, Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar dan terbaik di dunia. Bahkan tiap daerah punya kopi khasnya masing-masing yang bisa diolah jadi berbagai jenis minuman kekinian. 

Selain itu, berikut beberapa alasan kenapa kamu harus coba mencicipi manisnya cuan di bisnis kedai kopi. 


  1. Kopi Teman Ngobrol Terbaik

Anak muda Indonesia sangat suka nongkrong dan bercengkrama dengan orang-orang terdekatnya. Bahkan budaya nongkrong ini terus berkembang dan dilestarikan, bukan hanya di kalangan pria, tapi juga wanita. 

Salah satu tempat terbaik yang banyak dituju oleh banyak anak muda Indonesia adalah kedai kopi. Sambil ngopi mereka bisa membicarakan banyak hal, termasuk membahas tentang peluang bisnis dan lainnya. 


  1. Tidak Butuh Modal Besar

Modal awal untuk membuka kedai kopi terbilang sangat terjangkau. Kamu hanya perlu mencari pemasok kopi berkualitas dan teknik meracik kopi yang baik. Selebihnya, kamu hanya perlu menghitung tempatnya saja. 

Agar berkembang lebih cepat, kamu juga bisa menyediakan beragam cemilan pendamping kopi. Tentu saja modal yang dibutuhkan tidak sebesar biaya awal membangun rumah makan, atau restoran.


  1. Peluang Pasar Luas

Konsumen kedai kopi sangat luas, bahkan sanggup menjangkau berbagai kalangan, mulai dari pebisnis, karyawan, mahasiswa, hingga komunitas tertentu. Tidak hanya itu, kopi bisa dinikmati oleh laki-laki dan perempuan. 

Dengan pangsa pasar yang sangat luas, peluang kedai kopi yang kamu kelola bertambah besar sangat terbuka lebar. Terlebih jika kamu mampu merangkul pelanggan dengan services yang memuaskan. 


  1. Harga Menu Murah Meriah

Dengan pangsa pasar yang luas, kamu sebenarnya bisa membidik segmen pasar tertentu. Kelebihan lainnya, harga kopi ini sangat terjangkau, tergantung dari jenis kopi dan cara kamu mengolahnya. 

Apalagi jika kamu sudah punya barista, mesin pengolah kopi yang mumpuni, dan tempat yang instagramable. Dijamin pelanggan akan rela mengantri demi menikmati secangkir kopi yang kamu sajikan.


  1. Tren Ngopi Bersifat Everlasting

Berbeda dengan bisnis lainnya yang cenderung musiman, kedai kopi tergolong dalam bisnis yang everlasting. Kamu bisa lihat bagaimana kedai kopi ternama, seperti Starbuck terus bertahan, bahkan berkembang dari waktu ke waktu. 

Kamu pun tidak perlu repot-repot memikirkan inovasi dalam menu kopi. Pasalnya, teknik menyajikan kopi templatenya cenderung sama. Kamu hanya perlu menyiapkan varian rasa sebagai penarik bagi pecinta kopi pemula. 

Inovasi mungkin hanya dibutuhkan dalam hal penyegaran tempat dan konsep kedai.  Selain itu, siapkan juga menu pendamping yang bisa membuat pelanggan betah berlama-lama nongkrong dikedaimu.