Cukup Mulai Saja! Ini Ide Bisnis Modal Minim, Cuan Maksimal

Ide Bisnis Modal Minim

Ide Bisnis Modal Minim | Image source: unsplash

Setelah pandemi, banyak orang yang berupaya cepat bangkit dengan mencari beragam peluang bisnis. Bagi mereka yang punya cadangan modal tinggi, tentu ini bukan masalah karena mereka bisa lebih cepat memulai bisnis sesuai dengan passionnya. 

Tapi bagaimana dengan kamu yang punya modal pas-pasan, atau bahkan tidak punya modal yang cukup, tapi ingin memulai bisnis? Jangan khawatir, faktanya banyak kok peluang bisnis yang diambil, dan berpotensi menebalkan dompet kamu.

Berikut beberapa contoh peluang bisnis dengan modal minim (bahkan bisa tanpa modal), tapi dapat memberi keuntungan yang cukup tinggi.


  1. Menjadi Reseller

Bisnis reseller mengalami pertumbuhan yang signifikan sejak era belanja online menjamur di Indonesia. Peluang bisnis ini makin terbuka setelah era pandemi, dimana masyarakat sudah terbiasa, bahkan sudah terlanjur nyaman dengan transaksi online. 

Buat kamu yang ingin memulai bisnis, menjadi reseller bisa jadi solusi terbaik. Bahkan saat ini banyak produsen yang membuka kesempatan bagi para reseller untuk bergabung dengan tim penjualan mereka. 

Jangan terlalu banyak berpikir tentang produk apa yang akan dijual, yang penting mulai saja. Setelah itu pasti kamu akan menemukan jalannya sendiri. 


  1. Bisnis Kuliner

Masyarakat Indonesia dikenal suka jajan dan senang mencoba menu-menu baru yang mereka temukan. Jika kamu punya keahlian memasak, gunakan skill tersebut untuk memulai usaha di bidang kuliner. 

Tidak perlu menyewa tempat atau membuka outlet khusus di tempat strategis, atau di pusat keramaian, cukup mulai dari rumah dengan membuka penawaran lewat sosial media, seperti facebook, instagram, atau bahkan whatsapps. 

Modal yang dibutuhkan untuk bisnis kuliner seperti ini tidak terlalu besar. Triknya, cukup tawarkan dulu, jika ada orderan masuk, tinggal mulai memasak. Gampang kan?


  1. Menjadi Freelance

Jika kamu kurang tertarik di dunia kuliner, cobalah untuk mulai jadi freelancer. Banyak bidang yang bisa dipilih, mulai dari penulis lepas, contributor, editor video, script writer hingga voice over talent

Selain penghasilannya yang cukup tinggi, menjadi freelancer jauh lebih nyaman karena kamu tidak terikat dengan jam kerja. Bisnis ini sangat cocok dijadikan sebagai usaha sampingan, atau buat kamu yang tidak suka dengan rutinitas kantor.

Saat ini wadah untuk menggeluti profesi sebagai freelancer sudah semakin banyak lhos, contohnya saja freelancer.com, Sribulancer dan lainnya.


  1. Programmer

Jika punya keahlian di bidang pemrograman, seperti membuat aplikasi dan lainnya, manfaatkan kemampuan tersebut untuk menghasilkan uang. Bahkan banyak sumber menyebut programmer merupakan profesi paling menjanjikan di era smartphone.

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang dari menjadi programmer. Pertama, dengan menjadi freelancer untuk mengerjakan pesanan client, memberikan jasa maintenance aplikasi, dan lainnya.

Yang kedua, kamu bisa membuat aplikasi sendiri dan meletakkannya di berbagai platform, seperti Google Play Store dan Apps Store.


  1. Laundry Kiloan

Usaha laundry kiloan terbilang sangat menjanjikan, terlebih jika tempat tinggal kamu berdekatan dengan tempat kost, asrama, dan lainnya. Modalnya pun sangat terjangkau, hanya mesin cuci dan perlengkapan mencuci lainnya. 

Selain dengan menawarkan langsung kepada konsumen (lewat sosial media, poster dan media promosi lainnya), kamu juga bisa mendapatkan penghasilan dengan cara menjadi vendor dari perusahaan laundry besar di kotamu.


Catatan Penting Sebelum Memulai Bisnis

Dalam memulai bisnis, hal pertama yang wajib kamu perhatikan adalah kemampuan dalam menangkap peluang. Jika kamu sudah melihatnya, segera eksekusi. Jangan terlalu banyak berteori, cukup mulai saja! 

Selain itu, keberanian kamu dalam berinovasi dan konsisten menjaga kualitas merupakan kunci utama kesuksesan bisnis yang kamu jalankan. So, tunggu apa lagi. Segera tangkap peluang itu, dan mulailah berbisnis.