Buat Pemula, Ide Bisnis Rumahan Ini Wajib Kamu Jajal

Ide Bisnis Rumahan Buat Pemula | Image: Unsplash

Dalam beberapa bulan terakhir ribuan orang harus rela kehilangan pekerjaan akibat badai PHK yang terjadi di hampir semua bidang. Tidak hanya itu, perlambatan ekonomi membuat peluang kerja semakin menipis.

Dalam kondisi seperti ini, langkah terbaik yang bisa diambil adalah, jangan berpaku tangan. Mulai sekarang bergeraklah untuk mencari peluang bisnis dan ciptakan lapangan pekerjaan sendiri. 

Jangan khawatir, banyak kok ide bisnis rumahan yang bisa kamu kembangkan, tanpa harus keluar banyak modal. Mau tahu apa saja? Simak yuk ulasannya berikut ini.


  1. Jualan Makanan Ringan

Jualan makanan ringan merupakan salah satu bisnis yang sangat direkomendasikan. Selain mudah (bahkan buat yang tidak bisa memasak), bisnis ini cukup menggiurkan karena mendatangkan keuntungan yang cukup tinggi. 

Kamu hanya perlu mencari supplier atau produsen makanan ringan yang bersedia menjual produknya tanpa brand, kemudian kemas kembali produk tersebut dengan menggunakan brand yang kamu miliki.

Setelah itu, kamu hanya perlu menjualnya secara ecer, baik langsung ditawarkan ke warung-warung, atau dipasarkan secara online. 


  1. Menjual Kerajinan Tangan

Untuk bisnis yang satu ini, selain menyisihkan sedikit uang sebagai modal pertama, kamu pun wajib memiliki skill khusus dalam membuat kerajinan tangan, seperti jam dinding custom, tas anyaman dan lainnya. 

Jika yang tertarik dengan bisnis ini, tapi belum tahu produk apa yang akan dijual, kamu bisa menonton video DIY kerajinan tangan di YouTube. Banyak kok yang menyediakan tutorialnya.

Sama seperti model bisnis lainnya, kamu bisa memasarkan produk kerajinan tangan tersebut secara online.


  1. Jual Kuota Internet

Di zaman sekarang, hampir semua orang punya smartphone. Apalagi di era media sosial seperti TikTok, YouTube, Instagram, Facebook, dan lainnya, sudah tentu kebutuhan kuota internet tergolong sangat tinggi. 

Dengan pasar yang sangat besar, jangan ragu untuk mulai membuka konter kecil-kecilan dengan menjual kuota internet. Jangan bingung masalah tempat, gunakan saja halaman rumahmu. 

Sebagai booster, kamu bisa mempromosikan jualan secara online, baik di facebook marketplace, story WA, dan lainnya.  


  1. Jasa Buket Bunga atau Kado

Bisnis rumahan lainnya yang wajib kamu pertimbangkan adalah, membuka jasa pembuatan buket bunga atau kado. Sama seperti bisnis kerajinan tangan, bisnis ini mewajibkan kamu punya skill sebagai penunjangnya. 

Jasa buket bunga atau kado ini sangat menjanjikan lho, apalagi di momen-momen tertentu, seperti hari raya, hari valentine, acara ulang tahun, acara perpisahan sekolah dan berbagai even lainnya.

Untuk memasarkan buket bunga atau jasa pembuatan kado, kamu bisa memanfaatkan media sosial, atau menjualnya di situs e-commerce.


  1. Jasa Cuci Motor

Jasa cuci motor merupakan salah satu ide bisnis rumahan yang sedang dilirik banyak orang. Selain karena mudah, kamu nggak perlu menaruh modal yang tinggi, tapi hasilnya sangat menggiurkan. 

Selain itu, pangsa pasarnya pun sangat luas. Apalagi jika usaha ini dikembangan dengan membuka warung kopi kecil-kecilan. Sambil menunggu motornya dicuci, konsumen bisa bersantai sambil ngopi dan makan cemilan. 

Gimana, kamu punya ide bisnis rumahan lainnya yang menguntungkan? Yuk sharing di kolom komentar di bawah ini.