9 Peluang Bisnis Dekat Sekolahan dan Kampus Yang Pasti Cuan!

Usaha dekat dengan sekolahan

Anda memiliki rumah yang berdekatan dengan sekolahan dan ingin memiliki bisnis yang cocok dan target pasar yang sesuai?. Berarti Anda wajib menyimak artikel artikel ini sampai habis sebagai referensi bagi Anda yang ingin membuka bisnis yang cocok dengan posisi rumah Anda yang berada dekat dengan sekolah..

Dilihat dari aspek manapun, memiliki rumah yang dekat dengan sekolahan merupakan suatu keuntungan, karena banyak potensi peluang bisnis yang bisa dipilih untuk dikembangkan. Konsumen utama yang jadi target tentunya adalah siswa dan siswi sekolah, namun tidak menutup kemungkinan juga menyasar guru, orang tua murid hingga karyawan sekolah.

Jika saat ini Anda memiliki rumah yang dekat dengan sekolahan, maka berikut ini adalah beberapa peluang usaha yang mungkin cocok untuk Anda kembangkan:


1. Toko Alat Tulis (ATK) dan Fotocopy

Toko alat tulis di sekitar sekolah memiliki prospek yang bagus, mengingat kebutuhan utama anak sekolahan adalah alat tulis yang bisa berupa buku tulis maupun buku gambar, pulpen, pensil, penghapus, crayon dsb. Jika modal Anda cukup, Anda bisa menambahkan mesin fotocopy untuk mendapatkan lebih banyak konsumen, karena seringkali murid diharuskan untuk memfotocopy materi tertentu untuk tugas sekolahnya, selain itu para guru dan karyawan maupun masyarakat sekitar juga bisa menjadi konsumen yang potensial.

Untuk mengembangkan usaha toko alat tulis ini yang terpenting adalah sediakan produk yang berkualitas dengan harga yang kompetitif, untung yang sedikit akan menjadi besar jika toko Anda ramai pembeli. Demikian halnya untuk fotocopy, berikan kualitas salinan yang bagus agar konsumen puas dan loyal untuk menggunakan jasa fotocopy Anda, lakukan perawatan mesin secara berkala untuk menjaga kualitas hasil copynya tetap bagus.


2. Toko Jajanan Ringan/Snack dan Minuman

Hal yang paling disukai murid sekolah adalah saat istirahat dan pulang sekolah, manfaatkan hal itu dengan membuka toko aneka jajanan atau snack maupun minuman seperti berbagai jenis jus buah, es krim, maupun es berbagai rasa. Untuk mengembangkan usaha ini yang penting untuk dilakukan adalah menyediakan bermacam jajanan maupun snack yang bervariasi untuk menarik minat konsumen yaitu anak sekolahan. Berikan pelayanan yang ramah agar anak-anak merasa nyaman jika membeli di tempat Anda.


3. Toko Mainan Anak-Anak

Usaha jenis ini sangat cocok jika rumah Anda dekat dengan sekolah tingkat Taman Kanak-kanak ataupun Sekolah Dasar, karena ketertarikan mereka pada mainan masih sangat tinggi. Hal yang perlu dilakukan untuk mengembangkan usaha ini adalah produk mainan yang bervariasi dengan harga yang murah mengingat anak-anak cenderung mudah bosan dan uang saku yang tidak banyak. Bersikap ramah juga penting untuk menarik minat konsumen yang masih anak-anak.


4. Rental Playstation (PS)

Usaha rental PS atau Playstation maupun game sangat cocok untuk menyasar anak sekolah tingkat SMP sampai Perguruan Tinggi. Untuk mengembangkan usaha ini berikan pelayanan yang terbaik untuk menarik minat konsumen, misalnya kualitas perangkat game terbaru yang bagus dan layak pakai, suasana warnet yang bersih, pelayanan yang ramah sampai sarana internetan gratis.


5. Toko Seragam Sekolah

Menjual seragam sekolah merupakan salah satu bisnis usaha yang sangat berpotensi untuk mendapatkan cuan. Selain marketnya jelas, dengan adanya toko seragam sekolah di dekat lokasi sekolah tentunya akan menjadi pertimbangan penting untuk dibeli oleh orang tua murid kapan saja dibutuhkan.


6. Warung Makan

Usaha ini sangat cocok untuk menyasar konsumen dari tingkat SMA maupun Perguruan Tinggi. Ada banyak alternatif yang bisa dipilih, seperti misalnya warung makan spesial bakso, mie ayam atau gabungan keduanya, warung soto, atau bisa juga dengan konsep kantin yang menyediakan berbagai menu makanan maupun snack dengan harga terjangkau.


7. Usaha Kos-Kosan

Jenis usaha ini sangat cocok jika rumah Anda dekat dengan perguruan tinggi, karena banyak mahasiswa yang berasal dari luar daerah sehingga membutuhkan tempat kos sebagai tempat tinggal selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Hal yang perlu dilakukan untuk mengembangkan usaha ini adalah melengkapi fasilitas kos-kosan sesuai stAndar, dan menerapkan peraturan tertentu agar masing-masing penghuni kos merasa nyaman dan betah tinggal di tempat kos milik Anda


8. Jasa Laundry

Jasa cuci pakaian umumnya sangat dibutuhkan oleh mahasiswa. Selain tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian, lokasi tempat kos juga biasanya tidak memiliki ruangan yang cukup untuk kegiatan mencuci dan menjemur pakaian. Oleh sebab itu jasa laundry menjadi solusi praktis bagi para mahasiswa yang hendak membersihkan pakaian mereka.


9. Konter HP dan Isi Pulsa

Hampir bisa dipastikan setiap mahasiswa perguruan tinggi memiliki handphone. Untuk mengisi pulsa yang praktis mungkin bisa dengan cara membeli lewat mobile banking atau ecommerce. Meskipun demikian, tak semua mahasiswa memiliki aplikasi tersebut. Dengan hadirnya konter isi pulsa tentu akan memudahkan mereka dalam melakukan pengisian pulsa dan paket internet.

Itulah beberapa peluang usaha yang bisa Anda kembangkan jika memiliki rumah di dekat sekolahan dan kampus. Sebenarnya masih banyak lagi jenis usaha lain selain yang disebutkan diatas yang tidak bisa dibahas satu-persatu. Namun dari sekian banyaknya jenis usaha dekat kampus atau sekolahan, kami menilai 9 usaha tersebut yang paling potensial untuk dijalankan. Semoga bermanfaat.