5 Ide Jualan Menguntungkan Dengan Modal Kecil

Ide Jualan Mengutungkan
Ide Jualan Mengutungkan | Images: Unsplash


Di Indonesia sebenarnya cukup banyak peluang bisnis yang bisa kamu manfaatkan, bukan hanya sekedar bertahan hidup, tapi juga bisa dijadikan sebagai penghasilan utama untuk meraih masa depan yang lebih baik.

Salah satunya dengan berjualan produk-produk yang bersifat fast moving, produk sandang, pangan dan lainnya. Bahkan beberapa diantaranya tidak butuh modal awal besar untuk memulainya. 

Nah buat kamu yang lagi galau karena sulit mendapatkan pekerjaan, mending kita intip yuk ide jualan menguntungkan dengan modal yang sangat minim.


  1. Jualan Aksesoris

Terlihat sepele, tapi banyak orang yang butuh aksesoris untuk memaksimalkan penampilannya. Ada banyak produk aksesoris yang bisa kamu jual, mulai dari cincin, aksesoris kerudung, bando, dan lainnya. 

Jika punya kemampuan untuk memproduksi sendiri, kamu bisa membuat aksesoris custom sesuai dengan pesanan pelanggan, seperti gelang nama, liontin kalung inisial, strap jam tangan custom, dan lainnya. 

Untuk pemasarannya, kamu bisa memanfaatkan sosial media dan situs-situs e-commerce seperti shopee, lazada, bukalapak, dan lainnya.


  1. Pakaian

Bisnis fashion memang tidak ada matinya, bahkan cenderung terus berkembang. Apalagi pakaian yang punya pangsa pasar cukup luas, kamu bisa memanfaatkannya sebagai ladang bisnis baru yang menguntungkan. 

Contohnya berjualan kaos polos yang bisa didesain dengan gambar atau tulisan custom, gamis untuk wanita, kerudung, baju koko, atau bisa juga membidik pasar yang lebih segmented, seperti kemeja pria dan lainnya. 

Ide lainnya yang bisa kamu coba adalah berjualan baju anak-anak. Peluang ini sangat terbuka, mengingat anak-anak cenderung cepat pertumbuhannya.


  1. Kuliner

Selain aksesoris dan pakaian, bisnis kuliner wajib kamu pertimbangkan. Bisnis ini tergolong tidak pernah mati, terlebih kebanyakan masyarakat Indonesia sangat suka mencoba jananan yang baru mereka temui. 

Segmen kuliner ini sangat luas. Kamu bisa mencoba berjualan makanan tradisional, seperti nasi TO dan gorengan, camilan seperti keripik, makanan instan, hingga korean food yang saat ini digemari banyak orang. 

Untuk memperluas jangkauan pasarnya, kamu bisa memasarkan produk kuler tersebut secara online dengan jasa ojek online sebagai kurirnya.


  1. Distributor Pet Food

Fet food atau makanan hewan peliharaan bisa jadi pilihan selanjutnya buat kamu yang ingin mulai berbisnis. Meski segmen pasarnya terbilang sempit, namun konsumennya dipastikan tersedia di hampir seluruh wilayah di Indonesia. 

Beberapa produk yang bisa kamu andalkan sebagai penghasil keuntungan adalah makanan kucing, burung dan anjing. Biasanya produk tersebut dijual dalam kemasan repack 250 gram, 500 gram hingga 1 Kg. 

Untuk meningkatkan omzet, lengkapi jualan kamu dengan aksesoris hewan peliharaan, seperti mainan kucing, shampoo anjing dan lainnya. 


  1. Sembako

Sembako merupakan elemen yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Selain bersifat fast moving, produk-produk sembako memiliki pangsa pasar yang sangat luas, dengan konsumen yang besar. 

Untuk tahap awal, kamu bisa memilih produk sembako yang paling krusial, seperti beras dan minyak goreng. Setelah itu kamu bisa melengkapi produk jualan dengan menyediakan gula pasir, tepung, dan lainnya. 

Nah itu dia 5 ide jualan menguntungkan yang wajib kamu pertimbangkan sebagai sumber pendapatan utama. Jangan takut, mending mulai saja dulu.