Cara Merawat Piano Agar Awet


Ada banyak jenis alat musik yang bisa dimainkan ketika waktu senggang, beberapa orang menjadikannya sebagai hobby mereka, namun juga tidak memungkiri bahwa sebagian diantaranya bermain musik untuk mendapatkan penghasilan. Para musisi-musisi menghasilkan uang dengan mengandalkan suara dan juga alat instrumen musik yang dimainkan. Memang benar adanya hidup tanpa musik tidak akan asyik, karena dengan suara dan juga bunyi-bunyian yang menyatu secara indah nantinya akan membuat pikiran menjadi lebih tenang.

Bahkan jika dilihat aliran dari musik ini sendiri sangatlah banyak, mulai dari yang slow yaitu jas, pop, hingga musik keras seperti genre rock juga ada, semuanya bergantung pada selera masing-masing orang yang ingin mendengarkannya saja. Belajar alat musik pada dasarnya bisa dilakukan sedini mungkin, karena semakin dini mencobanya maka bisa membuat skill terasah menjadi lebih baik, sehingga tidak jarang diantara para orang tua yang rela membayar biaya les musik sangat mahal untuk buah hati mereka, diantaranya jenis yang paling banyak digemari sendiri adalah bermain piano.

Karena alat musik yang satu ini mudah dimainkan dan juga dikombinasikan dalam berbagai genre musik. Alat instrumen musik yang satu ini juga tersedia sangat banyak di pasaran, bisa dibeli sendiri jika memang buah hati sangat menggemarinya. Hanya saja karena harganya cukup mahal, maka rawatlah dengan benar, ada kalanya set maupun kondisi tampilannya mudah sekali rusak. Berikut ini adalah langkah perawatan dari alat musik tersebut:

1. Mainan secara rutin, paling tidak harus sering digunakan, karena bagaimanapun alat musik yang satu ini ketika tidak dipakai untuk jangka waktu lama akan menyebabkannya mudah mengalami kerusakan, biasanya bagian suara tidak akan berfungsi dengan baik.

2. Letakkan di tempat yang tepat, umumnya beberapa orang meletakkannya sekaligus dijadikan sebagai pajangan dalam rumah, karena tampilan dari alat musik ini sangat artistik berbeda dengan yang lainnya, namun juga membutuhkan sebuah ruangan yang agak besar karena ukurannya terbilang besar. Selain itu sebaiknya penempatan dalam ruangan khusus yang luas dan tidak dibatasi dengan perabot lainnya seperti halnya lemari atau sofa. Karena dengan adanya batasan ini, nantinya ketika dimainkan maka suara tidak akan bisa terdekat optimal. Tempatkan juga di ruangan yang bersih dan kering.

3. Jika tidak digunakan, sebaiknya tutup piano tersebut dengan menggunakan kain, hal ini digunakan untuk mencegah debu menumpuk, karena akan sangat sulit untuk menghilangkannya, apalagi pada bagian tuts-tuts keyboard dalam.

4. Upayakan untuk membersihkan secara teratur, caranya mudah dengan mengandalkan kain bersih saja, cukup dihilangkan debu yang menempel pada bagian permukaannya. Jangan membersihkan menggunakan air biasa, khusus untuk piano dengan bahan dasar metal biasanya dibersihkan memakai cairan pembersih khusus.

5. Tekan tombol atau tuts-tutsnya dengan tepat, pada saat menggunakan tombol piano ini jangan samakan ketika mengetik, hanya tekan tombol dengan tekanan ringan sudah bisa mengeluarkan suara, jika terlalu keras memakainya maka bisa menyebabkan kerusakan.

6. Jangan merokok ketika tengah bermain alat musik tersebut, karena nantinya debu bisa ikut menempel di bagian tuts atau tombol-tombolnya.

Harga satu buah alat instrumen musik yang satu ini adalah sekitar 20an juta rupiah, sehingga pastikan perawatan secara tepat agar tidak mudah rusak. Dengan bermain alat musik paling tidak bisa menjadi sebuah kesibukan yang menyehatkan pikiran dan juga bermanfaat mengembangkan otak kanan.