Nonton TV di Komputer Dengan TV Tuner


Meskipun saat ini menonton tv bisa dilakukan secara online melalui streaming, namun kehadiran tv tuner tidak juga dapat di kesampingkan. Saya juga salah satu pengguna perangkat ini. Berkat perangkat ini, menonton tv bisa dilakukan di kamar tanpa harus menggunakan komputer PC, karena yang dibutuhkan hanyalah monitor sebagai medianya. Berkat tv tuner, biaya internet juga semakin murah.

TV tuner merupakan jenis alat yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk menyaksikan siaran televisi menggunakan laptop, komputer, dan juga desktop. Dimana alat ini berguna untuk menangkap sinyal siaran televisi yang akan menghubungkannya pada laptop atau jenis monitor yang dipasang. Sehingga alat ini sangat bermanfaat untuk masyarakat yang ingin lebih hemat dan tidak ingin memiliki banyak elektronik di rumahnya. Sehingga bisa untuk membeli laptop atau komputer dengan monitor dan kemudian memasangkan alat ini sehingga bisa tetap menyaksikan acara tv. Apabila membeli alat ini tentu saja ada beberapa cara dan tips yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah dari memilih jenisnya. Dimana ada tiga jenis alat untuk penangkap siaran tv ini yaitu sebagai berikut:

Penangkap siaran jenis combo

Merupakan jenis pertama yang merupakan jenis alat yang dapat digunakan dengan hanya memerlukan monitor saja yang bisa menggunakan monitor LCD atau CRT. Sinyal yang diterima untuk alat ini adalah jenis VGA sehingga akan memvisualisikan sinyal yang ditangkap oleh alat ini dengan gambar yang ditampilkan di monitor yang Anda miliki. Oleh karena itulah alat ini sangat canggih dan bisa digunakan oleh masyarakat dan hanya memerlukan monitor tanpa seluruh perangkat komputer. Sehingga monitor yang nganggur dapat dijadikan sebagai tv sendiri tanpa harus menggunakan CPU dan komponen monitor lainnya.

Penangkap siaran tv jenis card

Merupakan jenis tv tuner selanjutnya yang dapat dipilih oleh masyarakat yang ingin menyaksikan acara tv. Jenis ini mempunyai alat seperti kartu atau card yang dipasang pada motherboard dari komputer. Sehingga memerlukan waktu dan cara penginstalan yang lumayan ribet untuk dapat menyaksikan tv dari medial lainnya seperti dari laptop atau notebook yang dipunyai. Akan tetapi keuntungan lainnya dari jenis ini adalah nantinya dapat digunakan untuk merekam video tv yang sedang disaksikan sehingga nantinya bisa ditonton ulang lagi.

Penangkap siaran tv jenis mini

Merupakan jenis terakhir yang bisa dipilih dengan jenis penangkap sinyal tv yang portable dan bisa untuk dipindah-pindah dari media yang satu ke lainnya. Cara untuk menginstalnya juga sangat mudah yaitu dengan melalui port USB. Jenis mini ini sendiri merupakan banyak dipilih oleh masyarakat karena proses penginstalan yang mudah dan juga dapat untuk memberikan fungsi menonton tv yang paling praktis dari alat lainnya. Bentuk dari alat penangkap siaran tv mini ini sendiri kecil mirip flashdisk yang banyak dimiliki untuk menyimpan data.

Beragam jenis penangkap sinyal tersebut tentu saja mempunyai kekurangan dan keuntungan sendiri untuk masyarakat. Dari harganya yang akan berbeda untuk jenis combo, mini, dan juga jenis card. Sehingga harus diperhatikan apabila dipilih dimana harus memilih sesuai dengan harga dan budget yang Anda miliki. Anda dapat untuk memilih jenis yang praktis, dari alatnya yang mudah diinstal, atau dari desain dan pertimbangan lainnya yang bisa untuk digunakan ketika memilih jenis alat penangkap sinyal yang tepat.

Dan pertimbangan lainnya untuk memilih jenis tv tuner yang tepat adalah dengan memilih tempat pembeliannya. Anda dapat untuk memilih tempat pembelian yang tepat baik di toko elektronik yang ada di dekat rumah atau di kota Anda. Sehingga dapat untuk mencoba secara langsung alat tersebut. Atau juga bisa untuk membelinya secara online di toko online terpercaya atau situs belanja online terpercaya untuk mendapatkan harga alat ini yang paling murah dan sesuai dana.

0 komentar:

Posting Komentar