Kulit Anjing Gatal?. Jangan Khawatir, Ini Yang Perlu Dilakukan


Rumah saya berdekatan dengan pet shop, karena hampir setiap hari saya melihat bagaimana yang pemilik merawat binatang-binatang yang ada disana, khususnya jenis anjing dan kucing. Pernah suatu waktu saya melihat ada anjing miliknya yang terkena penyakit berupa jamur yang menginfeksi di sebagian kulit hewan peliharaan orang lain yang di titipkan kepadanya. Karena penasaran akhirnya saya tanya kenapa bisa menjadi seperti itu. Ia pun menjawab, "ini disebabkan oleh jamur karena masalah sanitasi dan kelembabannya yang kurang terjaga". Ia pun menambahkan, "ini bukan peliharaan saya, ini kepunyaan orang yang dititipkan kepada saya". Dari situlah saya kemudian mulai berbincang seputar perawatan anjing yang kulitnya mengalami masalah gata-gatal dikarenakan jamur yang kerap menyerang tubuh bagian kaki, paha, perut bagian bawah dan telinga.

Seperti kita ketahui bahwa anjing merupakan salah satu hewan peliharaan yang cukup rentan untuk bisa mengalami jamur pada kulitnya. Jamur pada kulit anjing sebenarnya dapat dicegah jika sang pemilik memperhatikan kebersihan anjing serta sanitasi kandangnya. Jika memang sudah terlanjur kena, maka bisa dengan memberikan obat spray kulit yang aman. 

Anjing memiliki beberapa jenis ras, seperti dachshund yang merupakan anjing badan yang panjang tetapi kaki pendek, memiliki tinggi setengah dan biasanya untuk mengendus dan mengejar. Shar pei merupakan anjing dari Tiongkok yang memiliki tubuh keruran, anjing pemalas memiliki telinga kecil dan mata yang terlihat masuk kedalam dan mampu bertahan. Anjing pudel dari Prancis yang memiliki bulu keriting dengan warna coklat, putih dan hitam.

Menurut Wikipedia, leluhur anjing adalah serigala yang di domestikasi. Terdapat juga anjing malamut Alaska yang digunakan untuk menarik kereta salju, hewan yang sering melakukan pertunjukan dan sekilas mirip serigal yang berbakri, bersahabat dan pengasih. Anjing boxer dari Jerman sebagai anjing pelacak yang memiliki tubuh gempal dan kaki kuat sehingga dapat berlari dalam waktu yang lama di luar ruangan dan menggunakan kakinya untuk melawan musuh. Anjing pekines yang merupakan anjing tertua dari Cina dengan lambang agama Budha, memiliki mata lebar dan moncong pendek, leher dan kaki pendek, ekor terangkat membentuk lengkungan. Anjing samoyed berwarna putih dari Siberia, memiliki wajah ramah dan lebih suka tersenyum. Pomerania merupakan ras dari Jerman yang memiliki tubuh kecil dan bulu tebal yang memiliki wajah seperti rubah.

Untuk menjaga anjing yang memiliki bulu berikut adalah caranya:
  • Memberikan makanan yang sehat dengan menjaga makanan gizi seimbang, berikan daging yang memiliki kandungan gizi.
  • Berikan asupan asam lemak seperti minyak bunga matahari, minyak matahari sehingga akan mengurangi gatal pada kulit, jangan memberikan dosis berlebih penyebab diare. 
  • Mandikan anjing sekali dalam seminggu dengan menyikat bulu menggunakan sikat khusus dan cegah bulu yang kusut dan menggumpal, dengan memandikan anjing akan melarutkan bulu yang mati dan menumbuhkan bulu sehat. 
  • Gunakan kandungan shampo bervitamin untuk bulu yang sesuai dan lembut, keringkan bulu anjing dengan handuk atau dijemur dibawah matahari yang hangat. 
  • Pastikan kulit bulu bebas parasit dengan membersihkan seluruh tubuh dan melakukannya secara menyeluruh. 
  • Bawalah anjing ke dokter sehingga membantu memantau kesehatan anjing dan jika ada masalah dapat segera ditangani dengan mudah. 
Perhatikan kelebatan dan kesehatan bulu, jika kondisi tidak seperti dulu maka segera konsultasikan.

Selain itu, rajin menyisir setiap bulu anjing setiap harinya hal ini akan membuat bulu tetap sehat dan menunjang pertumbuhan rambut. Berikan suplemen kebutuhan kulit dan tubuh anjing. Dengan memberikan horse power calcium dari Caesar Jac’O. Manfaat obat ini untuk memenuhi kebutuhan vitamin, mencegah stress setelah melakukan vaksinasi dan mencegah kekurangan mineral serta mengganti cairan sekaligus menjadi obat jamur anjing.

Berikut adalah cara menghilangkan rasa gatal pada kulit diantaranya: 
  • Memotong bulu karena bulu yang panjang akan membuat rasa gatal jika terjadi iritasi.
  • Perkirakan sumber gatal oleh alergi, penyakit autoimun yang dapat diredakan dengan obat. 
  • Atasi alergi dengan menjauhkan anjing dari debu, serbuk sari maupun kondisi lingkungan yang kemungkinan memicu rasa gatal pada kulit. 
Obat jamur kulit pada anjing berbentuk spray bisa didapatkan di berbagai pet shop di Jakarta, mulai dari yang berbasis marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan sebagainya hingga yang offline. Kalau saya sendiri biasanya beli di Caesar Jac’O pet shop yang kebetulan memang berdekatan dengan rumah saya. Manfaat obat ini akan menyediakan nutrisi, mematikan jamur maupun virus, mendukung penyembuhan hingga perbaikan pada jaringan tubuh. Obat ini diolah tanpa bahan kimia, tanpa pemanasan, tanpa tekanan vakum dan tanpa bleaching sehingga kandungan yang diberikan asli dan khasiatnya tetap terjaga baik.

0 komentar:

Posting Komentar