Ini Dia Beberapa Kabupaten yang Dapat Anda Nikmati Pada Saat Mudik Via Jalur Selatan

Tradisi pada saat ramadhan ketika menjelang hari raya idul fitri adalah mudik, memiliki waktu libur yang panjang saat sebelum lebaran pasti sebagian anda yang memiliki kampung halaman adalah pulang kampung. Melakukan persiapan mudik lebaran dari jauh-jauh hari membuat mudik anda akan terasa lebih santai. Dengan waktu jelang Lebaran yang lebih lenggang, tidak ada salahnya mudik lewat jalur selatan Pulau Jawa. Di jalur selatan Pulau Jawa, berderet pantai cantik yang cocok untuk tempat perhentian road trip. Berburu kuliner lokal untuk sajian buka puasa juga dapat memberi pengalaman berbeda. Berikut adalah kabupaten yang menarik untuk disinggahi jika mudik melewati jalur selatan Pulau Jawa:


1. Garut 
 
Terkenal dengan pemandian air panas, iklim yang sejuk, dan kuliner khas Sunda yang menggugah selera. Jika berkunjung ke Garut cobalah mampir ke daerah Cipanas. Berendam air panas membuat tubuh rileks setelah mengemudi dalam waktu lama. Kuliner Garut yang terkenal antara lain nasi liwet, nasi tutug oncom, soto ayam garut, es goyobod, awug, dan tentunya dodol serta cokelat garut untuk bekal camilan mudik

2. Pangandaran 
 
Bagi yang suka wisata bahari, mampir ke Pangandaran jadi pilihan yang tepat. Di sini ada Pantai Batu Karas yang terkenal sebagai surganya para peselancar. Selain mencoba belajar selancar bisa bermain aneka olahraga air yang disewakan, berburu matahari terbit, dan menjajal body rafting di Green Canyon. Pangandaran terkenal dengan kuliner hidangan laut yang lezat dengan harga bersahabat. Malam hari banyak kafe di tepi Pantai Batu Karas yang cocok untuk bersantai.

3. Kebumen 
 
Masuk ke Jawa Tengah tak ada salahnya mampir ke Kebumen. Kebumen punya banyak pantai cantik mulai dari Pantai Logending, Pantai Bopong, Pantai Watu Bale, Pantai Menganti, Pantai Lampon, dan masih banyak lagi. P antai-pantai di Kebumen belum begitu banyak dieksplor, sehingga masih cenderung sepi. Untuk kuliner jangan lewatkan menyantap sate ambal, yutuk goreng, nasi penggel, dan lanting yang cocok untuk dibawa sebagai camilan di kendaraan.

4. Purworejo 
 
Purworejo tak kalah dengan Yogyakarta. Di sini terdapat banyak desa wisata yang menawarkan pengalaman wisata berbeda. Ada Desa Wisata Somongari, Desa Wisata Karangrejo, Desa Wisata Kaligono, Desa Wisata Tlogowungu, dan Desa Wisata Benowo. Di desa wisata ini wisatawan dapat melihat aneka kesenian tradisional seperti jatilan, menyantap kuliner lokal seperti bajingan, dan berkunjung ke air terjun seperti Curug Benowo.

5. Gunungkidul 
 
Ada puluhan pantai di jalur selatan Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Gunungkidul. Contohnya Pantai Drini, Pantai Pok Tunggal, Pantai Indrayanti, Pantai Jogan, dan masih banyak lagi. Uniknya di Gunungkidul terdapat pantai pasir hitam dan pantai pasir putih. Kuliner terkenal dari Gunungkidul adalah urap trancam, tiwul, sego abang, oseng bunga pepaya, dan masih banyak lainnya.

6. Pacitan 
 
Pacitan juga terkenal dengan deretan pantai cantik dan goa. Contohnya Pantai Srau, Pantai Buyutan, Pantai Kasap, Pantai Watu Karung, Goa Gong, Kali Cokel, dan Wisata Pinus Gemaharjo. Masih banyak obyek wisata yang layak untuk dieksplor. Untuk kuliner, Pacitan terkenal dengan sego gobyos, cenil, kupat tahu, jadah bakar, tahu tuna, dan oleh-oleh sale pisang.

7. Lumajang 
 
Lumajang terkenal sebagai rumahnya gunung tertinggi di Jawa, Gunung Semeru. Wisata ranu yang artinya danau besar jadi pilihan tepat di Lumajang. Mulai dari Ranu Pane, Ranu Regolo, Ranu Kumbolo, Ranu Klakah, Ranu Pakis, dan Ranu Bedali. Kuliner khas dari Lumajang adalah pecel telo, bledus, lontong petis, lumpia, dan pisang goreng pasir.

0 komentar:

Posting Komentar