Kebiasaan Inilah yang Ternyata Membuat Pengeluaran Jadi Lebih Banyak

Hidup hemat di tengah kota besar seperti Jakarta ini memang sepertinya akan sulit sekali untuk diterapkan. Terlebih lagi masyarakatnya memiliki keinginan untuk selalu tampil dengan up to date dan mengikuti perkembangan zaman. Hal tersebut pastinya akan menguras keuangan mereka, karena mereka harus selalu membeli barang tersebut dan membuat keuangan menjadi tidak teratur. Anda pun akan lebih sering menghadapi masalah keuangan karena kebiasaan dan keinginan tersebut. Selain hal tersebut, ada juga kebiasaan para masyarakat Indonesia yang tanpa disadari dapat membuat mereka jadi pribadi yang boros dan membuat mereka juga mengeluarkan uang yang lebih banyak. Berikut adalah kebiasaan tersebut:

  • Listrik dan Air
Pengeluaran yang pastinya harus Anda bayarkan setiap bulannya adalah tanggungan listrik dan air. Biaya yang dikeluarkan untuk membayarkan tanggungan tersebut pun tidak sedikit. Oleh karena itu, kurangi kebiasaan yang membuat harganya semakin membengkak. Jika sudah tidak memakai alat elektronik, akan lebih baik untuk mematikan dan juga mencabutnya. Matikan hal-hal yang tidak diperlukan, seperti menyalakan lampu saat siang hari. Selain itu, jangan juga mempunyai kebiasaan untuk membiarkan air yang mengalir dan tidak mematikannya meski sudah tidak dipakai lagi. Hal tersebut akan membuat tagihannya semakin bengkak.

  • Bensin
Bagi Anda yang memiliki kendaraan bermotor, pasti mengerti bahwa harga bensin itu tidaklah murah. Memang berkendara dengan mobil atau motor membuat Anda menjadi irit waktu dan memberikan kenyamanan. Namun, jangan berpergian ke tempat yang jauh dan tidak memiliki tujuan jelas. Hal tersebut hanya membuat Anda boros bensin saja dan Anda pun jadi harus mengisinya dalam waktu yang lebih sering dari sebelumnya. Gunakan kendaraan hanya untuk ke tempat yang jelas dan tujuan yang jelas pula.

  • Online
Saat ini, gawai dan juga teknologi dari komputer sudah membuat masyarakat Indonesia menjadi terbuai dan mengeluarkan uang yang cukup banyak untuknya. Seperti misalnya, bermain game online memerlukan pembelian voucher agar game tersebut lebih terasa seru dan asyik, membeli lagu terlalu banyak, membeli game berbeli, dan lain sebagainya. Hal tersebut akan membuat Anda semakin boros. Akan lebih baik untuk mencari game dan mendengar lagu secara gratis. Jika ingin membeli voucher game, sekali tidak apa-apa, namun jangan sampai keterusan membelinya.

  • Jajan
Hal yang satu ini memang merupakan hal tersulit untuk dihilangkan mau pun dikurangi. Hal tersebut dikarenakan manusia memiliki hawa nafsu ketika melihat makanan atau pun minuman yang menurut mereka itu memiliki rasa yang enak. Terutama, jika makanan tersebut memiliki aroma yang sangat memikat, maka akan sangat susah untuk tidak membelinya. Akan lebih baik untuk Anda menahan nafsu tersebut dan memilih untuk memakan makanan rumah, karena lebih sehat dan terjamin keamanan dan kebersihannya

0 komentar:

Posting Komentar