Ganti Destinasi Liburan di Ibu Kota Kamu ke Museum ini

Umumnya para wisatawan kerap kali liburan untuk melihat panorama alam atau menikmati kuliner setempat, namun pernahkah terfikir bagi kamu untuk mengganti “kebiasaan” liburan tersebut? Salah satu alternatif untuk mengganti kebiasaan liburan ialah dengan mengunjungi tempat yang menyimpan sejarah seperti Museum. Kota Jakarta sendiri memiliki sejumlah museum yang sayang untuk dilewatkan, maka dari itu bila ada tawaran harga tiket pesawat murah ke Jakarta dapat kamu manfaatkan untuk mengunjungi beberapa museum berikut ini :


Museum Wayang


Wayang sebagai salah satu kesenian tradisional milik Indonesia, jangan biarkan hilang apalagi di klaim sebagai miliki bangsa lain ya guys. Di Jakarta terdapat sebuah museum Wayang yang dibangun diatas bangunan gereja lama pada zaman belanda. Sehingga jika kamu berkunjung ke museum ini, kamu masih dapat melihat sisa-sisa bangunan peninggalan zaman belanda tersebut yang telah dipugar agar tetap terjaga nilai sejarahnya.

Museum ini berlokasi di Jl. Pintu Besar Utara, No. 27, Jakarta Barat. Bila berkunjung ke Jakarta Barat, maka pastikan kamu telah memesan hotel murah lewat Reservasi.com, agar setiba di Ibu Kota kamu dapat langsung beristirahat dengan nyaman.

Museum Sejarah Jakarta

Museum yang juga akrab dengan nama Museum Fatahillah ini adalah museum yang berlokasi di Jl. Fatahillah No. 2, Jakarta Barat. Pada awalnya museum ini merupakan gedung Balai Kota, yang pada zaman dahulu digunakan sebagai kantor, ruang pengadilan, juga terdapat ruang penjara bawah tanahnya. Namun pada tahun 1974, gedung ini diresmikan sebagai Museum Fatahillah dan masih berdiri kokoh hingga saat ini.

Museum Tengah Kebun

Museum yang satu ini terbilang cukup unik, karena awalnya bangunan ini adalah sebuah tempat tinggal, namun kemudian di sulap menjadi sebuah museum. Didalam kamu dapat melihat ragam patung, berbagai fosil yang dicari di berbagai belahan dunia oleh sang pemiliknya.

Perjuangan sangat patut untuk diharga, beliau menghabiskan waktu hingga 40 tahuan dalam mengumpulkan barang-barang berharga dan bernilai sejarah tersebut. Meski sebuah museum milik pribadi, namun si pemiliki tidak mengungut biaya masuk ke dalam kawasan museum ini.

Berniat mengunjungi Museum ini? Museum Tengah Kebun berada di Seputaran Kemang, Jakarta Selatan.

Museum Seni Rupa dan Keramik

Untuk kamu penyuka kerajinan seni rupa dan keramik, maka bila dapat promo harga tiket pesawat murah ke Jakarta jangan lupa untuk bertandang ke Museum yang satu ini.

Terletak di seberang museum sejarah jakarta, di museum ini dapat melihat berbagai koleksi keramik yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, keramik dari era kerajaan majapahit, hingga keramik buatan dunia. Menarik bukan? Maka jangan sampai kelewatan ya guys.

Museum Bank Indonesia

Museum yang memiliki arsitektur khas Belanda ini tentu sudah sangat terkenal, banyak wisatawan yang mengunjungi museum ini, mungkin karena lokasi yang berdekatan dengan Kota Tua Jakarta. Beberapa pihak mengatakan, waktu terbaik untuk mengunjungi museum yang satu ini ialah pada malam hari, karena suasananya akan terasa sangat berbeda di malam hari. Jika berniat mengunjungi lokasi ini pada malam hari, akan lebih gampang bila memesan hotel murah di Reservasi.com di lokasi yang berdekatan dengan lokasi museum ini.

Museum Taman Prasasti

Museum yang berlokasi di Jl. Tanah Abang No. 1, Jakarta Pusat. Merupakan sebuah museum yang menampilkan kemahiran para pemahat dan pematung zaman dahulu. Di Museum ini kamu juga akan menemukan sejumlah makam para tokoh Belanda, Indonesia, dan Inggris. Salah satunya disini kamu akan menemukan makam Soe Hok Gie, seorang aktivis mahasiswa asal Universitas dengan Almamater Kuning yang begitu terkenal dan diabadikan perjuangannya dalam sebuah film.

Museum Kebangkitan Nasional

Sebelum beralih fungsi menjadi museum, bangunan ini digunakan sebagai sekolah kedokteran pada masa Belanda. Sehingga kamu akan dibuat merinding jika melihat koleksi alat medis yang digunakan untuk pembedahan kepala yang terdapat dalam salah satu ruangan di Museum ini.

Selain itu terdapat ruangan yang menggambarkan suasana asrama mahasiwa kedokteran kala itu. Setiap ruangan memiliki koleksi masing-masing, terdapat ribuan koleksi dalam museum ini mulai dari foto, sketsa, lukisan, peta dan banyak lagi.

Museum Bahari

Sesuai dengan namanya museum ini menyimpan sejumlah koleksi yang berhubungan dengan kebaharian bangsa Indonesia. Terdapat berbagai koleksi, seperti perahu tradisonal, perlengkapan yang digunakan untuk pelayaran, hingga benda sejarah kelautan Indonesia.

Menarik bukan? Menyimak sejarah kelautan Indonesia di museum Bahari yang berlokasi di Jl. Pasar Ikan, No. 1, Sunda Kelapa, Jakarta Utara.

Bagaimana? Menarik bukan liburan sambil melihat sejarah Indonesia di berbagai museum diatas. Selain beberapa museum yang disebutkan diatas, masih terdapat banyak museum lainnya yang menyimpan nilai sejarah yang patut untuk kita pelajari. Jangan lewatkan promo harga tiket pesawat murah ke Jakarta, liburanlah ke Ibu Kota dan datangi bangunan yang menyimpan kenangan dan sejarah bangsa ini.

0 komentar:

Posting Komentar