Berbagai Karakter Generasi Keuangan Dari Tahun Ke Tahun

Perkembangan jaman dari tahun ke tahun memang melahirkan generasi baru. Tanpa disadari, setiap generasi mempunyai karakter khusus yang memperlihatkan aspek kehidupan di masa itu. Contohnya seperti generasi millennial yang lahir ketika teknologi sedang berkembang begitu pesat, mereka jauh lebih akrab dengan teknologi jika dibandingkan dengan generasi yang sebelumnya. Dari 5 generasi yang sudah ditemukan, kita bisa melihat seperti apa pola pikir dari setiap generasi, termasuk cara bekerja mereka untuk mengatur keuangan. Ingin tahu seperti apa karakter keuangan mereka?


Pertama, Generasi Baby Boomers. Generasi Baby Boomers adalah mereka yang lahir dari tahun 1946 hingga 1964. Generasi Baby Boomers lahir sesudah perang dunia II. Generasi Baby Boomers cenderung hidup dengan mandiri dan berdikari. Tidak bergantung pada orang tua, generasi ini malah mencari uang untuk keluarganya, sehingga mereka bekerja dengan sangat keras agar keluarganya sejahtera. Generasi Baby Boomers begitu aware pada keturunan dan tidak ingin buah hati mereka merasakan kesusahan yang dirasakan seperti orang dulu. Oleh sebab itu Generasi Baby Boomers ini cenderung menghabiskan penghasilan mereka untuk membeli tanah dan ditabung.

Kedua, generasi X. generasi X adalah mereka yang lahir tahun 1965 hingga 1976. Karena warisan dari generasi sebelumnya, generasi X ini memperoleh pendidikan yang jauh lebih baik. oleh karena itu pemikiran dari generasi X jauh lebih maju. generasi X memiliki karakter yang sama dengan orang tuanya yakni mencari uang untuk keluarga, bedanya mereka memikirkan investasi. Generasi ini ulet dan memiliki kemauan keras bekerja, bahkan menyaingi kesuksesan dari pendahulunya. Orang yang hadir di generasi X sadar pentingnya dana pensiun, dari generasi sebelumnya yang tidak menyadari dana pensiun, generasi X mulai menyisihkan untuk dana pensiun.

Ketiga, Generasi Y. Generasi Y lahir di tahun 1877 hingga 1885. Generasi ini sering disebut sebagai Millennial. Generasi Y cenderung bergantung pada internet untuk mencari informasi dan yang lainnya. beruntung Generasi Y ini memperoleh pendidikan yang lebih layak, jika kita membandingkannya dengan generasi yang sebelumnya. Pendidikan yang dimiliki oleh Generasi Y inilah yang menjadi filter dari begitu banyaknya pengaruh buruk dari globalisasi. Generasi Y cenderung lebih ambisius saat bekerja, selain bekerja di kantor, Generasi Y lebih memilih untuk bekerja sampingan atau membuka bisnis sendiri agar mencapai kesuksesan.

Terakhir, Generasi Z. Generasi Z ini lahir di tahun 1996 hingga 2010. Generasi Z dari awal sudah sangat akrab dengan teknologi, hal tersebut membuat mereka lebih gemar memainkan gadget jika dibandingkan dengan permainan tradisional. Generasi Z akrab dengan berbagai macam inovasi bisnis serta menggabungkan antara bisnis dan teknologi. Contohnya seperti toko online, Generasi Z begitu suka bisnis yang bersinggungan dengan dunia online.

0 komentar:

Posting Komentar