4 Tips Agar Tidak Mudah Mengambil Hutang

Cerdas dalam mengatur sektor finansial mengantarkan Anda menjadi pribadi yang sukses dengan saldo rekening yang menjulang tinggi. Hal ini mudah saja dilakukan meskipun menerima penghasilan yang minim, benarkah demikian? Kalau dikatakan mudah maka terlalu berlebihan karena sejatinya manusia memiliki naluri yang kuat untuk berbelanja dan menghabiskan semua uangnya. Setinggi apapun gaji yang diterima kalau gaya hidupnya bak putri dan pangeran maka dijamin saldo tabungan rontok juga. Anda tentu memahami fakta seperti ini, atau bahkan menjumpainya langsung. 


Mencari uang kadang terasa lebih mudah ketimbang mengaturnya apalagi kalau ada banyak kebutuhan yang mesti terpenuhi. Buntutnya jasa kredit atau hutang menjadi pilihan padahal malah menambah beban finansial. Agar hidup tenang baiknya tidak mudah berhutang atau menghindarinya sama sekali, berikut tips yang bisa membantu: 

  • Memiliki tujuan yang jelas dan fokus mencapainya, 
Tujuan yang jelas membuat Anda lebih terarah sehingga untuk sukses secara finansial miliki tujuan tersebut. Ketika punya tujuan yang sulit tercapai dan mau hidup hemat untuk meraihnya maka dipastikan keinginan untuk kredit akan luntur, sebab jauh lebih nyaman kalau membeli secara tunai. 

  • Beli apapun secara bergiliran, 
Kebutuhan memang banyak dan semua orang mengalaminya tidak peduli apakah menerima gaji besar maupun kecil. Ketika ingin sukses secara finansial maka pastikan Anda membeli kebutuhan apapun satu per satu, dahulukan yang terpenting. Kemudian pastikan dibeli secara tunai agar nantinya tidak menyisakan beban finansial. Tidak ada salahnya memilih yang lebih murah yang terpenting tunai, sehingga dengan dana yang tersedia Anda mampu memenuhi dua kebutuhan sekaligus. 

  • Bandingkan harga membeli tunai dengan kredit, 
Untuk menghindari keinginan besar berhutang maka langkah yang baiknya Anda ambil adalah selalu membeli secara tunai. Pembelian secara tunai memang membuat Anda kesulitan untuk memenuhi kebutuhan apapun dengan segera, namun keuangan akan jauh lebih sehat. Ketika pemasukan mengalami penurunan Anda pun tidak akan gusar karena memang mampu hidup layak sebab tidak memiliki hutang. Apalagi membeli secara kredit membuat harga kebutuhan yang dibeli lebih mahal dibanding secara tunai, sehingga lebih sulit menabung. 

  • Hilangkan keinginan memiliki kartu kredit, 
Kalau belanja dengan cara dicicil sudah tidak lagi menarik, bagaimana dengan penggunaan kartu kredit? Modelnya sama sebab barang yang dibeli dibayar dengan cara kredit untuk kemudian dibayar ketika tagihan kartu kredit diterima. Apakah lebih mahal? Tentunya iya, maka abaikan keinginan mengikuti kebiasaan teman-teman yang memiliki kartu pra bayar ini. Sebab sebaik-baiknya belanja adalah dengan uang tunai dan kalaupun memakai kartu elektronik maka kartu debit adalah jawaban terbaiknya. Menghindari hutang semakin mudah kalau tidak memiliki kartu kredit di dompet.

0 komentar:

Posting Komentar