Tips Berburu Tiket Kereta Api Mudik Lebaran

Tidak ada yang lebih ditunggu-tunggu lagi oleh para perantau selain bisa mudik ke kampung halaman saat hari lebaran tiba. Sudah hal yang lumrah jika ada jutaan orang Indonesia yang merantau untuk mengadu nasib di daerah lain. Selain untuk bekerja, ada juga yang merantau untuk menempuh pendidikan atau berkeluarga dengan orang dari daerah lain yang ada di Indonesia. Salah satu moda transportasi yang diminati oleh para perantau untuk mudik ke kampung halaman adalah kereta api, terutama bagi penduduk Pulau Jawa. Namun permasalahannya adalah tak mudah mendapatkan tiket kereta api saat musim mudik tiba.

PT. Kereta Api Indonesia (KAI) sudah banyak berbenah beberapa tahunbelakangan ini. Dari contoh yang paling kecil saja, pemesanan tiket KA kini tak hanya dapat dilakukan melalui loket di stasiun-stasiun yang ada di kota Anda, melainkan dapat dibeli melalui online dan juga beberapa merchant yang menjadi mitra KAI. Ada kelebihan dan kekurangan dari sistem pemesanan online semacam ini, saking mudahnya mendapatkan tiket, persaingan memperoleh tiket pun jadi semakin besar. Terutama jika musim mudik atau libur panjang tiba. Tenang saja, bagi Anda yang berkeinginan mudik dengan kereta api, ini dia tips untuk Anda berburu tiket KA mudik lebaran:

Tips Berburu Tiket Kereta Api Mudik Lebaran
Kereta Api di Pulau Jawa
1. Pastikan akses internet lancar

Usahakan saat sedang mencari tiket KA untuk mudik lebaran, hanya membuka situs yang membuka pelayanan pemesanan tiket saja, seperti situs reservasi KAI atau situs travel agent lainnya. Jangan membuka situs yang lain karena akan memperberat koneksi. Selain itu, usahakan agar menggunakan akses internet Mbps atau menggunakan modem 4G minimal, agar koneksi internet tidak lemot. Hal ini dikarenakan Anda nantinya akan bersaing dengan jutaan calon pembeli tiket kereta api untuk mudik lebaran lainnya. Sehingga akses internet sangatlah berpengaruh.


2. Booking sedini atau seawal mungkin

Tanggal pembukaan reservasi tiket lebaran sudah dibuka, saatnya mempersiapkan diri untuk terjaga sepanjang malam karena biasanya jam buka reservasinya adalah jam 12 malam, jadi sebisa mungkin, istirahat atau tidur dulu di siang hari atau sebelum jam 12. Bila perlu, maksimalkan persiapan seperti menyediakan camilan dan kopi. Pastikan juga handphone dan laptop sudah tersedia dalam keadaan baterai penuh. Atau minimal tidak lowbatt.


3. Ketik terlebih dahulu data pribadi

Karena sistem pemesanannya “siapa cepat dia dapat”, Anda pun juga harus bisa menyiasatinya dengan mempersiapkan terlebih dahulu data pribadi Anda di Microsoft Word yang nantinya saat diminta mengisi data, Anda tidak harus lama-lama mengetik, hanya tinggal copy-paste saja. Jadi saat pengisian gagal pun, Anda tidak perlu mengulang ketikan. Biasanya data pribadi yang dibutuhkan antara lain nama, alamat lengkap, nomor KTP dan nomor kartu kredit apabila sistem pembayarannya memakai kartu kredit.


4. Gunakan juga aplikasi mobile

Selain mengakses situs reservasi melalui laptop, buka juga aplikasi mobile travel agent di handphone, sebab kedua-duanya sama-sama menghasilkan peluang untuk bisa memperoleh tiket mudik yang Anda inginkan. Namun untuk akses di laptop, sebaiknya lebih konsen ke satu jenis situs saja.


5. Persiapkan beberapa metode pembayaran

Selain persiapan-persiapan seperti di atas, persiapkan juga beberapa macam metode pembayaran. Sebab jika tidak segera membayar, maka tiket kereta api untuk mudik lebaran Anda pun juga akan hangus. Pastikan saldo ATM masih cukup atau jika ada alternatif lain untuk pembayaran langsung di minimarket misalnya, pastikan juga uang cash sudah tersedia. Selamat berburu tiket lebaran!

0 komentar:

Posting Komentar