Cara Tepat Mengurangi Konsumsi Bahan Bakar Pada Mobil

Cara Tepat Mengurangi Konsumsi Bahan Bakar Pada Mobil. Meningkatnya harga minyak semakin membuat para pengguna mobil berhemat biaya bensin. Seperti yang kita tahu bahan bakar minyak seperti bensin dan pertamax menjadi senjata utama untuk menjalankan mesin. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meminimalkan pengeluaran salah satunya berhemat sampai merubah komponen dalam mesin.

Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan bahwa menghemat konsumsi BBM dapat mengurangi polusi udara dan memperpanjang terjadinya pemanasan global. Jika Anda masih bingun bagaimana cara untuk menghemat konsumsi bahan bakar bisa melakukan beberapa cara berikut ini:

Cara Tepat Mengurangi Konsumsi Bahan Bakar Pada Mobil
Cara Tepat Mengurangi Konsumsi Bahan Bakar Pada Mobil

Gunakan Hanya Saat Diperlukan

Cara paling efisien dan mudah adalah mengurangi penggunaan mobil. Daya tampung tangki bensin pada mobil lebih besar dari motor, maka dari itu jika ingin bepergian sendiri sebaiknya gunakan motor. Batasi pemakaian yang tidak perlu seperti berputar-putar di sekitar rumah cara termudah mengurangi konsumsi bahan bakar.

Jangan Membiarkan Mobil Menyala Terlalu Lama

Konsumsi bahan bakar pada saat mobil menyala tanpa berjalan pun bisa menambah konsumsi bahan bakar. Usahakan tidak memanaskan mobil terlalu lama karena bahan bakar akan terbuang percuma.

Kendarai Mobil Dengan Kecepatan Pelan

Semakin cepat kendaraan dipacu maka konsumsi bahan bakar juga semakin banyak. Untuk menghemat konsumsi bahan bakar berkendaralah dengan kecepatan lebih lambat, selain menghemat BBM berkendara dengan pelan-pelan juga jauh lebih aman.

Jangan Menginjak Rem Terlalu Lama

Banyak pengendara mobil tidak sadar bahwa meletakkan kaki di atas pedal rem ternyata memberikan tekanan kepada rem dan itu membuat konsumsi bahan bakar jauh lebih banyak. Meskipun dengan tujuan lebih mudah saat menginjak rem, tetap saja perhatikan penggunaan bahan bakar agar pengeluaran tidak membengkak.

Jangan Sering Mengerem Mendadak


Kebiasaan melaju cepat di jalanan dan banyak mengerem mendadak bisa berdampak pada penggunaan bahan bakar. Pada saat mengerem kemudian mempercepat akselerasi kembali maka tenaga yang dibutuhkan jauh lebih besar sehingga membuat bahan bakar berkurang banyak.

Menjaga Tekanan Ban


Ternyata tekanan ban berpengaruh kepada penggunaan BBM. Ban dengan tekanan rendah akan membuat mesin sedikit terbebani, maka dari itu diperlukan tekanan ban tetap dan stabil agar botot bodi mobil tidak terlalu berat.

Itulah beberapa tips yang direferensikan dari situs portal otomotif www.mobil123.com untuk Anda. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar