Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Membangun Bisnis Bersama Sahabat

Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Membangun Bisnis Bersama Sahabat. Memiliki seorang sahabat tentu menjadi sebuah pengalaman hidup yang menyenangkan. Sahabat bisa menjadi teman untuk berkeluh kesah dan berbagi cerita atas segala hal yang dialami dalam kehidupan sehari-hari. Perjalanan dalam hubungan persahabatan yang telah terjalin lama seringkali menjadikan hubungan sahabat tak ubahnya seperti saudara, dimana masing-masing telah mengenal karakter pribadi sahabatnya dengan baik dan telah terbangun kepercayaan di antara keduanya.

Banyaknya kecocokan dan rasa nyaman dalam hubungan persahabatan seringkali dijadikan dasar bagi pasangan sahabat untuk membawa persahabatan yang dimuliki ke area bisnis atau usaha komersial. Pemikiran yang sejalan menimbulkan optimisme akan keberhasilan bisnis yang akan dibangun bersama. Meski begitu pemikiran yang sama dan kecocokan satu sama lain bukan menjadi satu-satunya faktor yang bisa menjadikan sebuah bisnia berhasil.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan bisnis yang selalu dinamis, sehingga jika ingin membangun usaha dengan sahabat diperlukan beberapa pertimbangan, di antaranya adalah seperti berikut ini:

Konsisten sesuai kemampuan yang dimiliki
Dalam membangun sebuah bisnis, masing-masing pihak tentu memiliki peran dan fungsi sendiri sesuai dengan bidang keahliannya. Ada baiknya masing-masing pihak menghormati peran yang dimiliki oleh pihak lain. Mencampuri urusan pihak lain akan menimbulkan efek buruk pada hubungan persahabatan. Terlebih jika terkesan seperti menggurui dan merasa paling berkompeten dalam menjalankan bisnis. Oleh karena itu dituntut sikap profesional dari masing-masing pihak, dan usahakan untuk selalu mendiskusikan keputusan bisnis bersama, agar tidak ada pihak yang merasa diabaikan.

Membuat kesepakatan bersama
Sebelum membangun bisnis bersama, sebaiknya terlebih dulu membuat kesepakatan bersama mengenai hal-hal tertentu yang menyangkut pembagian wewenang, tugas dan tanggungjawab serta pembagian profit. Segala sesuatunya harus dibuat secara jelas dan transparan termasuk berbagai kebijakan dan aturan dalam bisnis yang akan dibangun bersama.
Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Membangun Bisnis Bersama Sahabat
Sumber Gambar : 3iindonesia.com
Ketegasan dalam bisnis
Hubungan persahabatan bukan berarti bisnis yamg dijalankan bersifat permisif dan terlalu membebaskan, karena tujuan utama bisnis adalah profit. Diperlukan adanya ketegasan dalam menjalankan bisnis agar bisnia bisa berkembang. Kesalahan yang dibuat dan menimbulkan kerugian perusahaan sudah selayaknya diberikan peringatan, kecuali jika bisnia bersama yang dibangun hanya untuk main-main saja.

Keterbukaan dan transparansi
Masalah profit seringkali menjadi hal yang sangat sensitif untuk dibicarakan. Agar tidak ada yang merasa dirugikan, maka pembagian profit harus jelas, transparan dan adil sesuai tugas dan tanggungjawab serta kesepakatan yang telah dibuat sebelumnya. Tanpa adanya keterbukaan dalam bisnis maka akan menimbulkan kecurigaan dan pada akhirnya dapat mengganggu hubungan persahabatan yang telah lama dibina. Karena banyak sekali contoh bisnis yang terpaksa berhenti di tengah jalan karena dipicu oleh rasa ketidakadilan dalam pembagian profit. Hal ini tentu sangat merugikan, karena selain bisnis yang terhenti, hubungan persahabatan juga menjadi renggang dan tidak harmonis.

Untuk mengantisipasi kemungkinan tersebut maka sebaiknya kedua belah pihak selalu mengkomunikasikan berbagai hal yang menyangkut kepentingan bisnis.

Menjaga kepercayaan
Kepercayaan yang telah dibangun selama menjalin persahabatan harus selalu dijaga dan bisa dibawa ke area bisnis, sehingga tidak menimbulkan kecurigaan atau kekhawatiran tertentu. Tentu saja kedua belah pihak harus bisa menjaga kepercayaan yang telah diberikan sehingga tidak akan timbul keinginan untuk mengkhianati persahabatan yang akan berakibat fatal dalam bisnis dan persahabatan.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya dipertimbangkan sebelum membangun bisnis bersama sahabat. Persahabatan yang langgeng adalah persahabatan yang saling melengkapi dan saling mengerti. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar