Tips Mengembangkan Usaha Kios Buah

Tips Mengembangkan Usaha Kios Buah. Buah merupakan jenis makanan yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat, karena kandungan nutrisi dalam buah yang baik untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi. Keberadaan kios buah pun banyak dicari oleh masyarakat, karena selain untuk konsumsi pribadi, masyarakat juga sering membeli berbagai jenis buah untuk keperluan tertentu, seperti untuk hantaran pernikahan, untuk buah tangan saat menengok orang sakit, untuk acara tertentu dsb.

Kios buah menjadi salah satu jenis usaha yang cukup menjanjikan, terutama jika usaha kios buah yang dimiliki laris di pasaran. Untuk itu diperlukan berbagai pertimbangan agar kios buah yang sedang dirintis mampu menarik perhatian dan minat pembeli.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dipertimbangkan ketika ingin membuka kios buah:

Modal
Hal pertama yang harus dipertimbangkan baik-baik adalah modal. Karena modal inilah yang akan digunakan untuk biaya opersional kios buah Anda. Selain untuk menyewa tempat usaha, modal juga diperlukan untuk membeli berbagaj jenis buah dari pemasok, dan perlengkapan lain seperti rak untuk memajang buah, timbangan digital, plastik, keranjang rotan untuk tempat buah, dll.

Menentukan lokasi yang strategis
Lokasi usaha yang dipilih untuk membuka kios buah sangat penting untuk diperhatikan, karena berhubungan dengan perkembambangan kios buah Anda. Lokasi strategis yang bisa Anda pilih sebaiknya merupakan lokasi yang mudah diakses oleh masyarakat luas, dan dekat dengan pusat keramaian atau jalan raya. Salah satu lokasi yamg bisa Anda pilih antara lain lokasi yang dekat dengan rumah sakit, perkantoran, dll.

Menentukan harga
Tinggi rendahnya harga yang Anda tawarkan ada baiknya disesuaikan dengan harga beli dari pemasok. Menetapkan harga secara kompetitif akan berpengaruh pada usaha Anda. Tentu saja Anda harus menyesuaikan harga sesuai pasaran dan musim buah yang sedang ada saat ini, karena untuk buah tertentu jika tiba musimnya tentu harga yang ditawarkan relatif lebih murah karena mudah didapatkan dan jumlahnya lebih banyak.
Tips Mengembangkan Usaha Kios Buah
Sumber Gambar : usahatokobuahsegar.blogspot.com
Variasi produk
Sangat penting untuk melakukan variasi jenis buah yang Anda jual di kios buah Anda. Lengkapi jenis buah yang Anda jual, namun harus tetap memprioritaskan jenis buah yang paling laku di pasaran agar Anda tidak mengalami kerugian.

Jika tempat usaha Anda memungkinkan, maka Anda bisa menambah jenis usaha lain seperti jus buah segar. Hal ini tentu akan menarik minat konsumen yang ingin menikmati buah dalam bentuk jus yang segar.

Menjaga kualitas
Kepercayaan dan kepuasan konsumen akan sangat berpengaruh bagi kemajuan usaha Anda selanjutnya, oleh sebab itu maka Anda harus selalu menjaga kualitas buah-buahan yang Anda jual. Jika buah sudah tidak segar maka harus segera Anda singkirkan, dan tetaplah menjaga kebersihan di sekitar kios buah Anda agar konsumen merasa nyaman saat berbelanja buah di tempat Anda.

Promosi
Promosi dalam strategi marketing untuk mengembangkan usaha sangatlah penting, karena dengan promosi diharapkan minat konsumen terhadap buah yang Anda jual akan meningkat dan pada akhirnya akan membelinya. Anda bisa memberikan penawaran harga dengan menuliskannya pada kertas dengan ukuran huruf yang besar agar para pengguna jalan yang lewat di depan kios buah Anda mengetahui harga buah yang Anda jual. Anda bisa memilih buah dengan harga yang termurah untuk menarik minat pembeli sehingga berkunjung ke kios buah Anda.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba dalam mengembangkan usaha kios buah, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar