Hobby Sepatu Tua, Jadikan Peluang Bisnis

Hobby Sepeda Tua, Jadikan Peluang Bisnis Sepeda tua atau sering disebut sepeda onthel atau sepeda kebo memang memiliki daya tarik tersendiri bagi kalangan penghobby sepeda tua. Bentuknya yang klasik dengan rangka besi yang kokoh memang telah menjadi magnet yang mampu menarik berbagai kalangan menyukai sepeda tua ini. Selain itu harga sepeda tua yang bisa melambung tinggi menjadikan peluang bisnis yang cukup menggiurkan dari sepeda tua ini.

Tingginya harga sepeda tua dari hari ke hari bukanlah tanpa alasan, jumlahnya yang terbatas dan permintaan yang semakin tinggi menjadikan harga sepeda tua menjadi semakin tinggi. Bisa dikatakan semakin lama sepeda tua semakin mahal. Jika Anda adalah seorang penghobby sepeda tua tidak ada salahnya Anda menjadikan hobby Anda sebagai peluang bisnis yang menguntungkan.
Sumber Gambar : zencrafts.indonetwork.co.id
Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda jadikan pertimbangan dalam mengembangkan peluang bisnis sepeda onthel:

1. Meningkatkan pengetahuan seputar sepeda tua
Agar Anda bisa menjelaskan seluk beluk sepeda tua kepada calon pembeli, maka Anda wajib meningkatkan pengetahuan Anda tentang sepeda tua, terkait merk-merk sepeda tua seperti Gazelle, Batavus, Releigh, Phillips, TH, dll. Pengetahuan Anda sangat dibutuhkan untuk memberikan penjelasan kepada calon pembeli yang kurang memahami tentang sepeda tua dan untuk meyakinkan calon pembeli bahwa onderdil ataupun spare part pada sepeda tersebut orisinil.

Pengetahuan tentang sepeda tua juga sangat penting bagi Anda ketika hendak membeli sepeda tua. Dengan mengetahui onderdil yang asli dan palsu atau replika, maka Anda bisa terhindar dari penjual yang curang dengan mengatakan onderdil palsu sebagai onderdil yang orisinil.

2. Rajin hunting
Untuk menambah variasi sepeda tua yang akan Anda perjualbelikan, maka Anda harus rajin hunting ke tempat-tempat yang kemungkinan ada penjualan sepeda tua, misalnya pasar sepeda, rumah warga yang juga penghobby sepeda tua, maupun mencari informasi secara online.

3. Membeli murah menjual mahal
Mungkin tampak seperti kecurangan karena membeli secara murah dan menjualnya dengan harga mahal. Tapi memang seperti itulah bisnis sepeda tua, terutama jika sepeda tua dibeli dari masyarakat yang kurang memperhatikan nilai jual sepeda tua tersebut. Karena ada sebagian pemilik sepeda yang hanya mendapatkan sepeda tersebut dari kakek atau neneknya, sehingga tidak begitu memperhatikan atau merawatnya karena dianggap tidak bernilai.

Anda bisa membeli sepeda yang tidak terawat dengan harga yang murah, selanjutnya Anda bisa merawat sendiri dan memolesnya tanpa harus melakukan pengecatan ulang. Mengecat ulang sepeda tua sama artinya mengurangi harga sepeda itu sendiri. Anda bisa membersihkannya dan mengoleskan semir sepatu untuk memunculkan kilap besi pada rangka sepeda tua.

Dengan perawatan yang rutin dan penuh kasih sayang dijamin sepeda tua yang tadinya Anda beli dengan harga murah karena hanya dianggap barang rongsokan bisa menjelma menjadi sepeda tua yang benilai tinggi dan siap untuk mendatangkan keuntungan.

4. Memperluas koneksi
Masuk ke dalam komunitas penghobby sepeda tua akan sangat menguntungkan bagi Anda dan bisnis Anda. Selain bisa bertukar pikiran dan mendapatkan informasi seputar sepeda tua, Anda bisa saling bertukar informasi terkait jual beli sepeda tua ataupun onderdil yang orisinil yang banyak dicari oleh penghobby sepeda ataupun kolektor.

Harga onderdil pun bervariasi tergantung merknya demikian juga dengan sepeda tua, untuk jenis merk tertentu dan seri tertentu harga sepeda tua bisa mencapai puluhan juta rupiah. Tips penting dalam jual beli sepeda tua adalah Anda tidak perlu tergesa-gesa saat menjual sepeda tua, karena nilai sepeda tua tidak akan turun tetapi justru akan naik dari waktu ke waktu. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar