Strategi Jitu dalam Marketing Jasa

Strategi Jitu dalam Marketing Jasa. Saat ini jenis usaha jasa banyak menarik minat mereka yang ingin berwira usaha, karena peluang usaha jasa juga dinilai menguntungkan. Usaha jasa mengutamakan layanan jasa bidang tertentu kepada konsumen yang membutuhkan. Perbedaan utama dari produk barang dan jasa adalah bahwa yang ditawarkan dalam usaha jasa itu tidak berwujud dan tidak menyebabkan kepemilikan dan lebih menekankan kepada kualitas layanan yang diharapkan mampu memberikan apa yang dibutuhkan oleh konsumen.

Untuk itu dalam strategi marketing jasa perusahaan jasa dituntut untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik demi kepuasan dan menjaga kepercayaan konsumen, dengan harapan konsumen akan loyal 1dan suatu saat akan menggunakan jasa yang sama. Ukuran keberhasilan dari bisnis jasa adalah kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa yang ditawarkan.

Untuk itu diperlukan strategi jitu untuk menghasilkan jasa yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen secara maksimal :

Memberikan Pelayanan Secara Profesional
Dalam memberikan pelayanan pelaku usaha jasa dituntut untuk menjaga profesionalitasnya, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen. Sebagai contoh adalah memberikan pelayanan yang cepat tepat sehingga konsumen tidak harus menunggu lama demi mencapai kebutuhan yang diinginkan.

Memaksimalkan Peran Public Relation
Peran public relation sangatlah penting karena akan menghadapi konsumen secara langsung, sehingga harus memiliki pemahaman yang bagus tentang produk jasa yang ditawarkan. Public relation juga harus menunjukkan sikap yang positif dan penerimaan yang ramah sehingga konsumen merasa diterima dan dihormati dan akan menimbulkan rasa nyaman dalam diri konsumen, demikian juga sebaliknya jika diperlakukan dengan sikap yang kurang baik tentu konsumen akan merasa tidak nyaman dan enggan untuk kembali lagi. Public relation juga harus bisa melakukan upaya persuasif sehingga konsumen akan menggunakan jasa yang sama di lain waktu.

Menentukan Harga
Dalam menentukan harga perlu disesuaikan dengan besar kecilnya manfaat yang akan diperoleh oleh konsumen dari produk jasa yang ditawarkan. Kualitas layanan juga bisa dijadikan dasar dalam menentukan harga. Sebagai contoh adalah jasa foto prewedding, kualitas foto yang bagus dan fasilitas yang ada dalam paket foto preweding akan berpengaruh terhadap harga yang ditetapkan, hal ini juga berhubungan dengan fotografer yang menangani. Sudah barang tentu fotografer ternama memberikan penawaran harga yang lebih tinggi karena sesuai dengan kualitasnya. Selain itu semakin besar manfaat yang akan diperoleh konsumen maka harga yang akan dibebankan kepada konsumen juga akan semakin tinggi.

Strategi Jitu dalam Marketing Jasa
Seputar Marketing : http://id.prooyo.com/tag/marketing-2/

Inovasi Produk
Inovasi dalam bidang jasa juga sangat penting, seperti misalnya memanfaatkan perkembangan teknologi untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada konsumen.

Menyesuaikan Dengan Budaya dan Trend Saat Ini
Peluang pasar bisnis sangat tergantung pada perkembangan trend di masyarakat saat ini, hal ini juga berlaku dalam bisnis jasa. Meski demikian harus tetap menyesuaikan dengan skill dan kempuan untuk memberikan jasa yang dibutuhkan konsumen. Jangan sampai karena hanya untuk mengikuti trend pasar lalu tanpa ada bekal skill yang baik ikut membuka jasa tertentu sehingga justru menimbulkan komplain dari konsumen.

Promosi
Promosi merupakan strategi marketing jasa yang penting, karena dengan promosi masyarakat akan mengetahui produk jasa yang ditawakan. Promosi bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti melalui brosur, pamflet, iklan di media cetak maupun elektronik, atau bisa juga melalui website dan media sosial. Promosi bisa dilakukan dengan cara yang unik dan menarik, sehingga menarik minat konsumen untuk menggunakan jasa yang ditawarkan, seperti misalnya penawaran discount, hadiah dsb.

Itulah beberapa strategi marketing jasa yang bisa diterapkan dalam bisnis jasa, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar