Tips memilih mainan anak bayi yang aman dan mendidik

Bagi Anda yang mungkin tengah bingung saat memilih seperti apa mainan anak yang sekiranya cocok bagi si kecil, maka mungkin tips memilih mainan anak berikut ini bisa menjadi referensi bagi Anda. Tentunya setiap anak menginginkan mainan, meskipun demikian tentunya sebagai orang tua yang baik harus pandai-padai memilih mainan anak yang aman, baik serta mendidik karena tak jarang kesalahan dalam memilih mainan justru bisa berakibat buruk bagi sang anak.

Mainan pada dasarnya merupakan kebutuhan yang esensial bagi setiap anak karena melalui mainanlah bakat si kecil terasah dan diperlukan guna mendukung tumbuh kembangnya terutama fungsi sensorik otak. Lalu seperti apakah mainan anak yang cocok dan aman?. Berikut adalah beberapa tipsnya.

  • Berwarna terang dan mencolok dan tidak luntur
Semua bayi atau anak kecil pada umumnya menyukai mainan dengan warna terang yang mencolok karena warna ini lebih mudah untuk menarik perhatian sang bayi dan mudah untuk dikenali. Meskipun demikian, selalu pastikan bahwa warna tersebut tidak mudah luntur karena pada umumnya anak kecil mempunyai kebiasaan menggigiti mainan yang dimilikinya.

  • Bisa dibersihkan dengan mesin cuci
Tak jarang mainan menjadi cepat kotor karena debu dan kotoran. Oleh karenanya pastikanlah bahan yang digunakan sebagai mainan dapat dengan mudah dicuci dan disterilkan kembali dari kotoran yang mungkin mengandung kuman penyakit.

  • Tidak mengandung unsur yang membahayakan
Sebelum membeli sebuah mainan, ceklah terlebih dahulu apakah mainan tersebut memiliki kancing, kait, kawat atau bahan-bahan yang mengandung unsur atau komponen kecil yang mudah terlepas dan tertelan. Jika Anda membeli sebuah boneka, pastikan bahan-bahan ornamen lainnya seperti mata boneka, rambut, telinga dan lain sebagainya melekat dengan kuat serta tidak gampang lepas.

  • Dapat mengeluarkan bunyi dan lampu warna-warni
Pilihlah mainan yang mengandung unsur bunyi-bunyian seperti piano, karena anak kecil sangat suka dengan cahaya warna-warni dan juga bunyi-bunyian.

Beberapa contoh mainan aman dan mendidik yang bisa Anda pilih diantaranya seperti puzzle, buku gambar, piano mainan, kuda-kudaan dan lain sebagainya. Silakan Anda cari mana yang paling sesuai dan disukai oleh buah hati Anda dirumah.
Mainan anak puzzle
Sumber gambar: http://www.inibayiku.com/category/mb/mainan-anak-bayi

0 komentar:

Posting Komentar