Tips dan teknik sederhana dalam memijat bayi

Cara memijat bayi

Cara memijat bayi sebenarnya bisa dilakukan oleh Anda meskipun yang masih tergolong baru melahirkan bayi. Bagi Anda yang baru saja mendapatkan anugerah seorang bayi tentu rasanya seperti mendapatkan kado istimewa dari Tuhan dan sudah pasti Anda akan terselimuti oleh rasa bahagia dan senang bukan? .Terlebih lagi bayi mungil anda terlihat sangat sehat dan ceria. Untuk menjaga kondisi bayi anda agar tetap sehat mungkin tidak cukup jika hanya mengandalkan air susu ibu saja. Menurut tradisi orang tua jaman dahulu, menjaga kondisi buah hati agar memiliki ketahanan tubuh yang baik serta tulang dan otot yang kuat dapat dilakukan dengan melakukan pijat sehat pada bayi. 

Namun, kadang kita mengalami kesulitan ketika mencari tukang pijat yang benar-benar aman bagi bayi kita. Jangan khawatir, karena tidak ada salahnya jika ibu-ibu memijat anak bayinya sendiri. Bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana caranya memijat bayi yang baik dan benar, berikut beberapa teknik sederhana memijat bayi dengan aman dan benar yang bisa dilakukan:

· Kaki
Teknik pijat bayi yang pertama adalah mengawalinya dengan pijatan lembut memutar dan perlahan dari mulai pangkal paha hingga tumit bayi. Tekan perlahan telapak kaki si kecil dengan ibu jari anda lalu akhiri dengan menarik lembut setiap jari kecilnya. 

· Perut
Pijat perlahan perut bayi anda dari atas hingga ke bawah dengan gerakan menyerupai huruf L. Lakukanlah dengan lembut bahkan nyaris tanpa tekanan karena kulit bayi sangatlah sensitif terhadap sentuhan dan tekanan. Jadi usahakanlah selembut mungkin.

· Dada
Gerakan tangan anda secara perlahan di atas dada bayi anda dari bawah ke atas hingga menyentuh leher dan kedua bahunya.  Lakukan dengan gerakan menyapu namun lakukanlah dengan pelan dan perlahan-lahan.

· Lengan
Lakukan seperti ketika Anda memijat kaki bayi dengan perlahan. Jangan lupa untuk mengusap punggung tangan bayi anda dan mengakhirinya dengan menarik jari-jarinya secara lembut.

Demikianlah beberapa teknik dan tips pijatan sederhana yang mungkin dapat Anda lakukan terhadap bayi Anda pada beberapa anggota bagian tubuhnya. Untuk melengkapinya tentu ada hal lain yang bisa Anda coba juga untuk dapat maksimalkan perkembangan bayi secara keseluruhan dan total.

0 komentar:

Poskan Komentar