Cara membersihkan plak gigi yang paling efektif

Jika Anda adalah orang yang gemar mengkonsumsi makanan di waktu malam sebelum tidur dan jarang menggosok gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang masih menempel pada gigi maka siap-siaplah gigi Anda akan terserang plak atau karang gigi dengan cepat.

Plak dapat disebabkan oleh banyak sekali faktor, akan tetapi umumnya plak gigi disebabkan oleh adanya sisa makanan yang masih terdapat pada gigi sehabis makan yang tidak segera dibersihkan. Sisa-sisa makanan tersebut kemudian bercampur dengan kuman-kuman atau mikroorganisme pengurai bersama dengan air liur yang dapat mengubahnya menjadi semacam pengapuran mineral semacam sedimentasi.

Bagi Anda yang tak ingin mendapati problem gigi yang berkarang, maka ada beberapa tips-tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan plak gigi yang terangkum dalam cara membersihkan plak gigi yang paling efektif diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menyikat gigi secara teratur.
Sikatlah gigi secara rutin minimal 2 kali sehari. Menggosok gigi yang benar adalah dengan cara menggerakkan sikat gigi secara vertikal dan horizontal agar semua bagian selah-selah gigi juga dapat bersih. 

2. Biji asam kawak
Gunakan biji asam kawak yang telah disangrai dan dihaluskan dengan cara ditumbuk. Gunakan tepung biji asam kawak ini bersama dengan pasta gigi saat menggosok gigi.

3. Cengkeh 
Gunakan cengkeh sebanyak kurang lebih 6 buah. Tumbuk dan gunakan bersama dengan pasta gigi saat menggosok gigi. Untuk mendapatkan nafas yang lebih segar, tepung biji cengkeh juga dapat digunakan sebagai obat kumur-kumur.

4. Konsumsi buah apel
Makanlah buah apel dengan kulitnya. Selain banyak manfaat yang terkandung dari buah apel, buah ini juga ampuh untuk menjaga gigi dari penyebab plak gigi. Lakukanlah secara rutin.

5. Bata Merah
Jaman dahulu batu bata merah dianggap sebagai salah satu cara untuk menghilangkan plak dan memutihkan gigi. Caranya adalah dengan dihaluskan hingga berbentuk bubuk dan kemudian gosokkan pada bagian gigi yang ingin dibersihkan dari karang. Setelah itu bersihkan dan ulangi hingga tiga kali.

Demikianlah beberapa tips yang dapat Anda lakukan guna menjaga kesehatan serta kebersihan gigi Anda dari bahaya plak dan karang gigi. Untuk mengetahui permasalahan seputar mulut dan gigi serta cara membersihkan plak gigi depan dan gigi geraham belakang selengkapnya, Anda dapat langsung mengetahuinya dari sumber tulisan berikut sebagai referensi: http://www.tanyapepsodent.com/seperti-apakah-ciri-tumbuhnya-gigi-geraham-belakang-tumbuh111

0 komentar:

Poskan Komentar