Biopori, lubang kecil yang bermanfaat atasi banjir

Tahukah Anda jika sumur kecil yang bernama biopori ini memiliki begitu banyak manfaatnya. Mungkin tidak semua dari Anda telah mengetahui apa yang disebut dengan biopori dan apa saja fungsinya. Oleh karenanya melalui kesempatan kali ini akan dibahas mengenai bagaimana cara biopori tersebut bekerja guna menangkal datangnya banjir, terutama saat musim penghujan tiba.

Bagi mereka yang tinggal di daerah yang rawan banjir, tentu akan bersiap-siap manakala hujan deras datang mengguyur. Sebenarnya daerah-daerah yang sering terkena banjir tersebut paling tidak dapat diminimalisir dengan adanya daerah-daerah serapan air disekitar lingkungan tersebut. Lalu bagaimana membuat daerah serapan jika wilayah yang sering terkena banjir adalah daerah yang padat pemukiman. Salah satu caranya adalah dengan membuat lubang biopori.

Biopori adalah sumur resapan yang memiliki banyak lubang kecil yang dibentuk di kedalaman tanah sekitar 80 cm sampai dengan 100 cm dengan panjang garis diameter kurang lebih 10 cm hingga 30 cm. Adanya lubang yang disebut biopori ini adalah dengan tujuan sebagai tempat resapan air, terutama untuk menampung hujan. Cara kerja dari lubang ini adalah dapat menyerap air masuk kedalam tanah dengan cepat. Selain dapat menyerap air hujan, fungsi lain dari lubang ini juga dapat menyimpan dan menambah persediaan air tanah terutama dikota-kota besar yang minim lahan.
Biopori, lubang kecil yang bermanfaat atasi banjir

Teknologi sederhana ini merupakan salah satu cara sederhana yang paling mungkin dapat dilakukan oleh mereka yang tinggal diwilayah yang padat penduduk dengan lahan yang terbatas. Lubang biopori yang berfungsi sebagai penyerap air ini dapat Anda aplikasikan di halaman depan atau halaman belakang rumah antara dengan membuat lubang dengan kedalaman yang telah disebutkan barusan. Setelah lubang selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah menutupnya dengan sampah organik/kompos atau sisa-sisa sayuran agar lubang tertutup namun tetap dapat menyerap air. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya mengenai fungsi dan cara pembuatan lubang biopori, Anda bisa melihatnya disini: http://www.ibubercahaya.com/artikel/detail/biopori-kecil-lubangnya-besar-manfaatnya-1

0 komentar:

Poskan Komentar