Tips Sukses Memulai Bisnis Online Shop dari Nol

Canggihnya media sosial saat ini membuat berita yang sedang banyak diperbincangkan mudah disebarluaskan hanya melalui media ini. Cepatnya penyebaran informasi melalui media sosial tentunya membuat pebisnis memilih media sosial untuk memaksakan bisnis yang sedang dijalankannya. Hal ini terbukti dengan banyaknya wirausaha yang sukses dengan mengandalkan media sosial dan jaringan komunikasi yang dapat dibagikan melalui publik. Banyak kalangan muda akhirnya memilih peruntungan melalui bisnis online shop.


Online shop atau toko online memiliki banyak akun di berbagai media sosial dan mengunggah berbagai barang atau produk yang dijual. Biasanya online shop yang terkenal diketahui dari endorsement para selebriti kenamaan, barang-barang yang disponsori oleh online shop biasanya menjadi incaran para pembeli supaya sama dengan selebriti yang dikaguminya. Berikut adalah bisnis online terlaris saat ini diantaranya:

  • Online shop untuk fashion, biasanya menjual berbagai baju, celana, jaket dan selalu up to date terhadap perkembangan fashion.
  • Online shop yang menjual gadget, biasanya menjual smartphone dan case untuk smartphone yang dapat dibuat berdasarkan keinginan pembeli.
  • Online shop untuk kosmetik, bagi wanita yang suka make up dapat memanfaatkan online shop untuk mencari lipstik, foundation, eyeliner terbaru dengan merek bagus dengan harga terjangkau.
  • Online shop yang menjual skincare, biasanya menjual berbagai perawatan krim, obat, masker untuk kecantikan yang menjadi kebutuhan para wanita saat ini.
Beberapa jenis online shop diatas dapat dijadikan saluran bisnis terbaru dengan menambahkan promo beli 1 gratis 1 atau potongan harga dengan maksimal belanja. Bisnis online diatas juga dilakukan oleh para penjual obat herbal, sehingga obat herbal tidak hanya ditemukan di apotik tetapi juga media sosial. Sekarang ini di media sosial, semua orang dapat memiliki pengikut yang banyak dengan sekali bayar. Bisnis ini juga dimanfaatkan oleh para penjual followers untuk mengembangkan peruntungan bisnis melalui media sosial.

Berikut adalah tips memulai bisnis online shop dari nol diantaranya:

  • Pastikan memiliki beberapa fasilitas seperti PC atau laptop, smartphone, media sosial dan jaringan internet yang kencang.
  • Tentukan jenis bisnis online shop yang dijalankan.
  • Jika membuat produk sendiri pastikan memiliki keunikan dibanding yang lain, jika menjadi reseller kuasai pasar dengan baik.
  • Mulai dengan media sosial yang dimiliki.
  • Sediakan contact personal yang dapat dihubungi dan fast respon terhadap pembeli.

Beberapa tips memulai online shop diatas dapat segera dicoba karena tidak perlu hal ribet untuk memulainya. Perbanyak relasi dengan teman dari teman atau saudara dari saudara akan membuat bisnis online shop semakin dikenali dan dipercayai untuk menjamin barang atau produk yang dibeli. Jika memiliki banyak model dari barang yang akan dikeluarkan, maka gunakan katalog sehingga pembeli dapat mudah memilih tanpa harus melakukan scroll unggahan. Pastikan memiliki kelengkapan informasi ketika menjual barang. 

0 komentar:

Posting Komentar