Menciptakan momen spesial bersama keluarga


Indahnya kebersamaan, meskipun kata-kata tersebut begitu mudah dan simpel untuk dikatakan namun itu adalah dua buah kata yang sangat sulit untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Begitu banyak orang yang frustasi dan kerap menemui kegagalan dalam hidup lantaran kurangnya 2 hal penting dalam hidup, yaitu masa-masa indahnya bersamaan dengan keluarga sehingga komunikasi kurang efektif dan terjalin dengan baik. "Broken home" merupakan istilah paling populer yang disebut-sebut sebagai hasil atau dampak negatif dari kurangnya kebersamaan dalam keluarga.

Kurangnya harmonisasi dalam keluarga sehingga menjadi penyebab dari broken home tersebut bisa jadi karena disebabkan oleh kehadiran panutan atau dalam hal ini orang tua yang minim sehingga komunikasi didalam rumah menjadi sangat kurang dan semakin rentan dalam menghadapi setiap masalah-masalah dalam keluarga. Waktu yang dimiliki saat liburan pun terasa kurang berkualitas sehingga tak lagi terasa dalam setiap anggota keluarga memiliki peran keluarga yang maksimal dengan adanya momen-momen indahnya kebersamaan.

Indahnya kebersamaan momen spesial bersama keluarga dan sungguh sangat disayangkan memang jika waktu-waktu bersama keluarga tidak dimanfaatkan sebaik mungkin karena percaya atau tidak waktu-waktu tersebut tidak akan pernah bisa kembali lagi. Bayangkan jika Anda melewatinya begitu saja?. Paling tidak manfaatkanlah dalam sehari 1 jam saja untuk berbicara saat makan malam maupun bercengkrama setelahnya. Jika memang memungkinkan, ajaklah semua anggota keluarga untuk menghabiskan akhir pekan bersama untuk berkumpul ataupun mengadakan perjalanan rekreasi guna mendapatkan waktu yang berkualitas. Ciptakan juga permainan-permainan seru untuk dapat sejenak menghilangkan stres saat dikantor sambil menyalurkan ekspresi kasih sayang bersama dengan games yang dimainkan.

Sebagai awal menikmati momen indahnya kebersamaan bersama keluarga, awalilah kegiatan di pagi hari Anda bersama keluarga saat menyantap sarapan sambil ditemani dengan secangkir teh hangat kemudian berdiskusilah mengenai topik-topik ringan yang menyangkut kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu dengan diselingi oleh candaan dan gurauan kecil bersama keluarga. Suasana yang dibangun dengan canda akan mencairkan suasana, menciptakan keakraban diantara anggota keluarga dari sisi psikologi dan juga memungkinkan sesama anggota keluarga merasakan hubungan rileks dan santai tanpa intensitas yang berat.

Anda mungkin adalah orang yang memiliki kesibukan yang super dan jadwal pekerjaan yang padat, akan tetapi jangan serta-merta hal ini menjadi sebuah alasan dan pembenaran bagi Anda manakala Anda tak lagi memiliki waktu yang berkualitas untuk keluarga karena pada dasarnya setiap orang didunia ini memiliki waktu yang sama, yakni 1x24 jam dengan kesibukan yang mungkin jauh lebih dari kesibukan Anda. Bayangkan jika semua orang berpikiran seperti Anda dan renungkan apa jadinya?. Untuk itu diperlukan konsep kesadaran yang harus dibangun sedini mungkin. Cobalah untuk berkontemplasi dan mulai memikirkan sejenak bahwa keluarga sesungguhnya adalah diatas segalanya, bahkan pekerjaan Anda. Untuk membantu Anda rileksasi, maka alangkah baiknya jika ditemani dengan secangkir teh hangat.

0 komentar:

Posting Komentar