Fungsi dan manfaat baby spa bagi perkembangan bayi

Baby spa merupakan rangkaian kegiatan yang dapat dilakukan oleh sang ibu guna menerapkan terapi kepada bayinya. Metode yang dapat digunakan untuk menerapkan terapi ini bisa dilakukan dengan beberapa rangkaian proses, diantaranya adalah dengan cara prosesi pemijatan, prosesi pemijatan, prosesi proteksi dan juga prosesi mewangian dengan penjabaran sebagai berikut:

Prosesi pemijatan
Sebelum melakukan proses memijat, terlebih dahulu Anda harus mengkondisikan suasana yang nyaman bagi sang bayi. Hal ini penting untuk dilakukan karena tidak semua bayi senang akan pijatan apalagi hal ini baru pertama kalinya dilakukan. Setelah bayi merasa nyaman dan suasana telah kondusif, maka lakukanlah pijatan. Caranya adalah dengan melakukan baby oil. Lakukan pijatan dengan lembut dan halus serta tanpa adanya tekanan. Anda bisa melakukannya dengan gerakan tangan yang memutar. Terapi ini merupakan rangkaian proses awal dari baby spa yang juga menjadi semacam bahasa verbal dan non verbal kepada sang buah hati seperti membiasakan bayi dengan kontak mata ataupun ekspresi wajah.

Prosesi mandi
Bagi ibu yang baru memiliki putra pertama tentu proses memandikan tidaklah mudah bahkan cenderung mengalami kesulitan. Hal ini adalah wajar karena faktor kebiasaan. Meskipun begitu, kegiatan ini tentu haruslah selalu dilatih agar menjadi terbiasa terutama dimasa-masa awal bayi saat berusia 28 hari dimana pada masa itu ada sisa-sisa kulit yang mengelupas setiap harinya. Disinilah proses mandi memiliki peranan penting guna membersihkannya. Prinsipnya adalah jika sang bayi dalam keadaan yang selalu bersih maka kecenderungan ia sakit akan minim, jadi usahakanlah untuk selalu memandikan bayi dua kali dalam sehari dengan suhu antara 29-30 derajat celcius. Bila Anda kesulitan untuk mengetahui suhunya susah pas atau belum gunakanlah pengukur suhu tubuh atau dapat dirasakan dengan pergelangan tangan. Setelah itu mandikan si buah hati. Selesai mandi keringakan ia dengan handuk lembut. Pastikan bahwa bayi sudah benar-benar kering

Prosesi perlindungan (proteksi)
Proteksi atau perlindungan yang diberikan adalah dengan memberikan kehangatan pada sang bayi. Berilah si kecil kehangatan dengan memakaikannya pakaian yang hangat dengan minyak telon. Untuk bayi yang masih sangat muda hindari menggunakan minyak kayu putih sebagai olesan karena minyak kayu putih lebih panas dari pada minyak telon. Jika perlu Anda juga bisa menggunakan minyak telon dengan bedak khusus bayi. Bedak akan sangat membantu meredakan biang keringatnya. Bila bayi Anda terkena gatal dan iritasi akibat popok Anda juga bisa mengoleskan krim yang mengandung zinc untuk mengatasi kemerahan dan iritasi pada kulitnya. Zinc memiliki fungsi untuk menghilangkan gatal yang diakibatkan oleh kulit yang teriritasi.

Prosesi mewangian

Ini adalah sentuhan terakhir dalam prosesi baby spa. Agar membuat kulit bayi menjadi wangi dan segar, sangat dianjurkan untuk menggunakan lotion khusus bayi. Khususnya pada area kulit yang cenderung kering seperti lengan, paha, dan kaki. Pijatan lembut dapat Anda berikan ketika sedang mengoleskan lotion. Selain ia merasa nyaman, kulit bayi Anda juga dapat senantiasa terjaga kelembabannya dan kesehatannya.

Demikianlah beberapa manfaat baby spa yang dapat Anda berikan terhadap kesehatan bayi Anda. Selamat belajar melakukan terapi baby spa dan semoga berhasil.

0 komentar:

Poskan Komentar