Tips Membuat Resolusi Kuangan Anda Jadi Nyata

Membuat resolusi kehidupan tak hanya bisa dilakukan di awal tahun saja melainkan juga bisa dilakukan sewaktu-waktu. Resolusi ini tentunya berhubungan dengan apa saja yang perlu Anda lakukan demi bisa gapai impian Anda. Anda bisa membuat segala jenis resolusi misalnya resolusi pendidikan, karir hingga yang tak kalah penting adalah resolusi keuangan. Resolusi keuangan tentu harus dibuat sehingga bisa berjalan baik nantinya untuk ketercapaainnya.


Namun kadang mereka yang membuat resolusi hanya berupa resolusi saja namun tidak dilakukan sesuai rencana. Memang butuh keseriusan untuk menjalankan sebuah resolusi ini. Dengan komitmen yang kuat dan tips berikut ini:

  • Buat tujuan dengan spesifik dan rinci
Untuk bisa membuat resolusinya kian jelas maka tulis semua resolusi dan pencapaian yang Anda inginkan di sebuah kertas dengan jelas dan juga rinci. Jangan hanya menuliskan bahwa Anda inginkan punya tabungan saja, namun buat dengan rinci misalnya sudah punya tabungan 12 juta rupiah di akhir tahun. Dengan menuliskan secara rinci dan jelas, maka Anda akan bisa lebih semangat dalam menjalankan misi untuk mencapai tujuan itu. Selain itu beri alasan tambahan mengapa Anda membuat resolusi itu misalnya saja menuliskan dengan punya tabungan 12 juta sehingga bisa membeli motor baru atau dengan alasan lainnya.

  • Tujuan realistis
Seperti yang sudah dibahas sebelumnya jika Anda harus menuliskan resolusi beserta alasan yang Anda inginkan. Namun jangan sampai jika tujuan itu terlihat tidak realistis sehingga untuk mencapainya saja sulit dilakukan. Memang bermimpi yang tinggi boleh-boleh saja, namun alangkah lebih baik jika dilakukan secara bertahap. Coba pikirkan saja impian membeli rumah 5 Miliar padahal gaji hanya 5 juta per bulan. Memang mungkin saja, namun tentu kurang realistis. Untuk itu coba buat resolusi dengan tujuan yang memang realistis dan bisa dicapai sehingga perencanaan keuangan bisa lebih mudah dan mungkin dilakukan.

  • Bagi tujuan di beberapa tahap
Jika sudah merasa tujuannya realistis dan jelas, maka bagi lagi tujuan jadi beberapa tahapan sehingga bisa kian termotivasi. Misal saja Anda ingin tujuan punya tabungan 24 juta dalam setahun ini, maka bagi tujuan itu jadi 12 juta harus sudah terkumpul di tengah tahun atau cara lainnya.

Itulah beberapa trik yang bisa dilakukan untuk bisa gapai resolusi keuangan Anda. Memiliki resolusi keuangan adalah sebuah keharusan sehingga Anda bisa tahu benar tujuan yang jelas untuk jangka pendek, menengah hingga jangka panjang. Memang seolah resolusi keuangan yang ditulis ini hanya kertas biasa, namun jika Anda sedang merasa lelah untuk berjuang maka akan bisa jadi termotivasi kembali. Tentunya dengan begitu Anda akan bisa menjaga suasana hati dan tahapan hidup demi mencapai tujuan pun akan jelas.

0 komentar:

Posting Komentar