Ciri-ciri gigi geraham belakang tumbuh

Gigi geraham belakang tumbuh biasanya terjadi pada saat seseorang telah berumur antara 18 hingga 20 tahun. Meskipun demikian, namun tak jarang juga gigi geraham atau gigi bungsu ini dapat tumbuh di usia 17 atau bahkan kadang-kadang hingga mencapai 35 tahun. Permasalahan yang sering terjadi adalah rasa sakit dan nyeri yang sering mendera manakala gigi ini akan tumbuh.

Gigi geraham terletak di lengkungan mulut bagian belakang sehingga tidak begitu mudah untuk terlihat. Oleh karenanya banyak orang yang tak tahu mengapa sebabnya gigi geraham tumbuh ini muncul dengan disertai rasa sakit. Hal tersebut dapat saja terjadi manakala gigi susu tersebut tumbuhnya miring akibat terganjal atau ruangan rongga gigi yang sempit sehingga gigi yang baru mulai tumbuh ini akhirnya menembus gusi dengan posisi yang asimetris.

Bahaya dari susunan gigi dalam bentuk ini antara lain adalah sering menimbulkan rasa sakit, karena gusi penutupnya tergigit. Hal lain yang bisa saja terjadi adalah munculnya peradangan yang dikarenakan sisa makanan yang terselip di antara gigi bungsu dengan gigi yang berada di depannya sulit untuk dibersihkan hingga akhirnya sisa makanan tersebut membusuk didalam sela-sela gigi selain juga dapat menimbulkan plak.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan nyeri yang muncul saat gigi geraham ini tumbuh, salah satunya adalah dengan obat yang bersifat simptomatik yang berfungsi sebagai penghilang nyeri saja. Meskipun demikian, rasa sakit yang ditimbulkan masih terbilang normal dikarenakan gigi yang baru mulai tumbuh akan otomatis menembus gusi.

Penanganan yang paling mungkin untuk Anda lakukan adalah dengan cara selalu rajin membersihkan gigi Anda dengan menggosok gigi minimal 2x dalam sehari atau setelah makan untuk membersihkan plak gigi. Dan jangan lupa juga untuk memeriksakan gigi Anda ke dokter apabila ada keluhan sakit atau nyeri yang diakibatkan oleh tumbuhnya gigi geraham ini. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat sesi tanya jawab yang dilakukan oleh dokter Pepsodent disini http://www.tanyapepsodent.com/seperti-apakah-ciri-tumbuhnya-gigi-geraham-belakang-tumbuh111

0 komentar:

Poskan Komentar