Cara Merawat Barang Antik


Barang antik merupakan barang langka dan sudah lama serta memiliki sejarah yang sangat penting, dijual dengan harga yang cukup mahal. Oleh sebab itu aneka barang antik yang dijual kepada kolektor barang antik biasanya jauh lebih mahal. Biasanya barang antik yang dijual memiliki harga yang mahal, sebagai penjual tentunya modal mendapat barang antik juga mahal, jadi ketika dijual harganya lebih mahal untuk mendapat keuntungan besar. Para kolektor barang antik mudah mengeluarkan uang untuk harga yang mahal karena barang tersebut langka.

Di situs belanja online, barang-barang ini sudah dapat ditemukan dengan berbagai harga yang menarik. Barang yang menarik tentunya akan dipilih, barang-barang tersebut tentunya sudah lama namun tetap terlihat baru. Berikut adalah jenis barang-barang antik yang dicari diantaranya:

• Batu merah delima, yang dapat memberikan kekebalan pada penggunanya dan anti terhadap hal-hal santet. Batu ini seukuran biji kacang hijau.

• Buku langka, biasanya buku keluaran lama ini ditulis oleh tokoh-tokoh kenamaan di Indonesia. Memiliki buku lama dan langka tentunya menjadi kesenangan sendiri.

• Lukisan, bagi penyuka lukisan dan seni memiliki pajangan lukisan dari pelukis terkenal dan lukisannya terbatas akan membuat penyuka lukisan rela membayar mahal untuk sebuah lukisan.

• Perangko, biasanya perangko yang dijual sudah lama dan memiliki tanda limited edition sehingga memberi kebanggaan sendiri untuk kolektor perangko ketika memilikinya.

• Compact Disk (CD), CD yang berisi lagu lama dan jarang didapatkan keluaran CD-nya menjadi incaran tepat para kolektor.

Berdasarkan jenis barang antik diatas tentunya bagi sebagian orang hal tersebut hanya membuang waktu dan uang. Tetapi penyuka barang antik, memiliki barang antik, langka dan mahal memberikan kebanggaan dan membuat koleksi barang antik menjadi lebih lengkap. Membeli barang antik juga sudah cukup mudah karena sudah banyak toko-toko yang menjual barang seperti ini dan biasanya dijual pada tempat-tempat lama.

Selain memiliki barang antik tentunya seseorang harus merawat barang antik supaya tetap terlihat bersih dan jika sudah saatnya dijual kembali barang antik tetap terlihat seperti baru. Berikut adalah cara merawat aneka barang antik di rumah kolektor barang antik diantaranya:

• Gunakan alas karet untuk menghindari barang berbenturan dan jangan meletakkan diatas lantai yang licin.

• Masak air panas, siram porselen dengan air hangat kuku.

• Celupkan spons kedalam sabun pembersih, pastikan sabun yang digunakan tidak mengandung pemutih dan alkohol.

• Keringkan barang antik dengan menggunakan kain lembut yang kering. Hindari mengeringkan dengan sinar matahari langsung.

• Jika barang tersebut berbentuk guci tutup bagian atasnya supaya tidak ada debu yang masuk.

• Jika barang tersebut terbuat dari kayu, simpan di tempat yang tidak lembab. Gunakan semprotan pembersih kayu setiap sebulan sekali, dan suntik cairan anti rayap setiap setengah tahun sekali.

Di toko online terpercaya aneka barang langka ini sudah dijual. Namun belum banyak yang menjualnya karena komunitas kolektor barang antik tentunya lebih suka untuk membeli barangnya secara langsung. Melihat kondisi langsung dan memastikan harga yang sesuai lebih tepat jika dilakukan secara langsung sehingga kesan antiknya tidak hilang.

Aneka barang antik selain dikoleksi juga tentunya harus dirawat baik-baik. Barang antik yang tetap tahan lama tentunya memerlukan perawatan yang ekstra supaya tidak mudah rusak. Selain itu juga seni yang ditawarkan barang antik lebih membuat dekor rumah terlihat klasik. Barang antik ini juga dapat dijual jika ingin memiliki barang antik yang harganya lebih mahal karena sudah langka.

0 komentar:

Posting Komentar