Xiaomi Berencana Akan Menambah Kapasitas Pabriknya Di Batam

Xiaomi memang sudah dikenal diberbagai kalangan masyarakat sebagai produsen smartphone canggih dengan harga terjangkau. Xiaomi pun kini semakin berkembang dan dapat dilihat pula dengan bisnisnya yang semakin maju. Tidak hanya dinegaranya, di Indonesia pun Xiaomi hampir merajai pasar smartphone. Seperti yang dikatakan oleh Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (BP) Batam bahwa pihak Xiaomi berencana melakukan ekspansi bisnisnya lebih besar lagi. Saat ini, Xiaomi sudah mengembangkan bisnis di Indonesia bekerja sama dengan PT Sat Nusapersada selaku pabrik yang merakit komponen ponsel-ponsel Xiaomi di Batam.


"Saat saya berkunjung ke sana, perwakilan Xiaomi datang ke situ dan bilang mereka punya rencana ekspansi menambah kapasitas (pabriknya)," kata Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo saat ditemui di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta Pusat. Menanggapi wacana itu, Lukita memastikan langsung kepada pihak Xiaomi bahwa BP Batam siap mencarikan lahan bila rencana ekspansi terealisasi. Lukita juga menjanjikan membantu proses perizinannya, dengan catatan Xiaomi selaku investor berkomitmen dan serius untuk melakukan ekspansi bisnisnya.

Rencana ekspansi dari Xiaomi disebut Lukita masih dalam tahapan penjajakan. Sehingga, masih terbuka kemungkinan-kemungkinan lain tergantung pada kondisi saat ini dan masa yang akan datang seperti apa. "Kalau usul, kami rasa lebih baik kalau supplier mereka juga dibangun di Batam, jadi ekosistem bisnisnya terbangun di Batam. Kami sampaikan kemudahannya apa, ada bandara, pelabuhan, bisa mendukung logistik mereka," tutur Lukita. Terhadap keberadaan pabrik di sana saat ini, Lukita memastikan Xiaomi puas dengan tingkat produksi yang dapat dihasilkan dan terus meningkat. Kemudahan berinvestasi memang menjadi salah satu fokus kerja BP Batam, mengingat pertumbuhan ekonomi Batam 2018 ditargetkan sebesar 7 persen ditambah market ponsel Xiaomi di dunia yang berkembang pesat.

0 komentar:

Posting Komentar