Tips Awal Membuka Bisnis Kuliner Agar Bisa Cepat Sukses

Jika terjun ke dunia bisnis, sebenarnya ada banyak macam jenis yang bisa Anda jadikan lahan. Salah satu bisnis yang tidak pernah mati di bidang kuliner. Setiap hari orang membutuhkan makan dan pasti banyak pekerja yang tidak sempat pulang kerumah untuk sekedar masak. Selalu saja ada perubahan menarik dalam usaha kuliner ini. Mulai dari kuliner lokal asli Indonesia sampai masuknya kuliner yang berbau kebarat-baratan. Meskipun bisnis ini banyak didirikan, tetapi tidak semua wirausaha mampu mempertahankan eksistensinya. Alasannya bermacam-macam, mulai dari menu makanan yang terlalu biasa sampai alasan gagal mempromosikan restauran atau cafe mereka.


Komitmen menjadi kunci utama dalam menjalankan bisnis. Apapun jenis bisnis yang sedang dijalankan, komitmen untuk menanggung segala keuntungan dan kerugian harus siap ditanggung. Menjadi tantangan besar bersaing di era globalisasi seperti ini. Meskipun bisnis yang Anda mulai tidak besar dan menjadi usaha sampingan, kembali lagi ke komitmen awal harus bisa mengatur waktu, keuangan, dan tetap menjaga kualitas pelayanan serta produk ke konsumen.

Mengingat makanan yang kita jumpai sangat beragam hingga tak terhitung jumlahnya, tentu kita menemui makanan-makanan yang sajian dan menunya menarik dan ada yang cara penyajian biasa saja. Sebagai wirausaha, wajib hukumnya memiliki pemikiran yang kreatif dan inovatif. Jangan melulu hanya menjiplak resep orang lain saja. Cobalah untuk meracik sendiri contohnya mix bumbu, menciptakan menu baru, tampilan sajian, dan bentuk yang lebih variatif.

Berikut adalah tips awal membuka modal bisnis kuliner diantaranya:

  • Siapkan modal usaha yang cukup. Jika Anda berencana membuat bisnis dikemudian hari, bisa menabung mulai dari sekarang. Apabila nantinya dana tersebut kurang, tidak ada salahnya untuk meminjam di perbankan atau lembaga pengkreditan. Cara lain yaitu dengan mengajukan proposal usaha di organisasi tertentu yang biasa menangani pengajuan UKM (Usaha Kecil Menengah).
  • Memilih lokasi usaha yang strategis.
  • Survey terlebih dahulu menu apa yang laris di pasaran.
  • Rekrut sumber daya manusia yang berintegritas tinggi. Maksudnya disini pilihlah karyawan yang memang ahli di bidangnya dan profesionalitas.
  • Lakukan promosi dengan tepat.
  • Apabila Anda langsung mendirikan toko, jangan lupa untuk mengurus surat izin mendirikan usaha
  • Jaga kualitas pelayanan. Jangan sampai Anda dan karyawan melayani pelanggan dengan setengah hati.

Selalu berdoa kepada Tuhan. Usaha yang keras tanpa diimbangi doa tentu rasanya tidak lengkap. Rajinlah beribadah, maka Tuhan akan memberikan jalan terhadap kelancaran bisnis Anda. Untuk meningkatkan profesionalitas dan mengembangkan pengetahuan berbisnis, tidak ada salahnya mengikuti acara-acara seminar bisnis. Anda akan dibekali strategi yang tepat dalam menjalankan usaha dengan narasumber yang sudah mahir di bidangnya.

0 komentar:

Posting Komentar