Beberapa Cara Meminimalisir Bahaya Radiasi Ponsel

Mengenai isu yang sudah beredar dimasyarakat tentang dampak buruk dari penggunaan ponsel yang terlalu lama memang bukan lagi hal yang baru dan sudah banyak dari mereka pengguna ponsel mengetahui hal tersebut. Dampak buruknya terjadi berbagai macam gangguan kesehatan yang disebabkan oleh radiasi ponsel seperti gangguan mental, kanker hingga masalah reproduksi. Gangguan kesehatan seperti ini tidak memandang usia penggunanya, siapa pun dapat mengalami gangguan kesehatan tersebut.


Penyebab tejadinya gangguan kesehatan penyebabnya adalah radiasi Radio Frequency (RF). Radiasi RF memancarkan radiasi yang dihasilkan oleh ponsel pada saat menyala atau dalam keadaan aktif. Biaanya, radiasi ini muncul karena ponsel sedang mencari sinyal. Radiasi RF dalam jangka panjang disinyalir dapat menganggu sistem kekebalan jaringan otak sehingga berpotensi menyebabkan kerusakan otak secara permanen.

Walau sudah mengetahuinya, banyak orang sudah terlanjur tidak bisa lepas dari ponsel. Sebab kebutuhan manusia akan informasi menjadikan ponsel masa kini sebagai kebutuhan primer manusia. Meski tidak bisa hidup jauh dari ponsel, Anda masih bisa mengunakan ponsel dengan bijak. Tujuannya agar dampak buruk dari penggunaan ponsel berkurang. Lantas, langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mengurangi dampak buruk penggunaan ponsel? Berdasarkan informasi Departemen Kesehatan California berikut cara yang dapat dilakukan pengguna ponsel untuk mereduksi dampak buruk radiasi ponsel jangka panjang.

1. Gunakan headset saat menelepon

Ketika sedang menelepon, lebih baik gunakan headset. Sebab saat melakukan panggilan, ponsel akan lebih banyak mengeluarkan radiasi dari sinyal RF. Jika hal ini terjadi secara berkala, bukan tidak mungkin radiasi dari ponsel bisa memicu kerusakan pada jaringan otak.

2. Berkomunikasi lewat teks

Selain lebih murah, berkomunikasi lewat pesan teks disebut lebih aman dibandingkan dengan saat melakukan panggilan secara langsung. Sebab, radiasi yang dikeluarkan lebih sedikit. Selain itu, posisi ponsel saat mengetik pesan teks berada lebih jauh dari tubuh, sehingga radiasi yang diterima akan lebih kecil.

3. Hindari mengantongi ponsel

Meski tidak digunakan, ponsel akan terus memproduksi radiasi RF. Untuk itu, lebih baik pengguna tetap menjaga jarak dengan ponsel saat digunakan.

0 komentar:

Posting Komentar