Strategi Jitu dalam Marketing Jasa

Strategi Jitu dalam Marketing Jasa. Saat ini jenis usaha jasa banyak menarik minat mereka yang ingin berwira usaha, karena peluang usaha jasa juga dinilai menguntungkan. Usaha jasa mengutamakan layanan jasa bidang tertentu kepada konsumen yang membutuhkan. Perbedaan utama dari produk barang dan jasa adalah bahwa yang ditawarkan dalam usaha jasa itu tidak berwujud dan tidak menyebabkan kepemilikan dan lebih menekankan kepada kualitas layanan yang diharapkan mampu memberikan apa yang dibutuhkan oleh konsumen.

Untuk itu dalam strategi marketing jasa perusahaan jasa dituntut untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik demi kepuasan dan menjaga kepercayaan konsumen, dengan harapan konsumen akan loyal 1dan suatu saat akan menggunakan jasa yang sama. Ukuran keberhasilan dari bisnis jasa adalah kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa yang ditawarkan.

Untuk itu diperlukan strategi jitu untuk menghasilkan jasa yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen secara maksimal :

Memberikan Pelayanan Secara Profesional
Dalam memberikan pelayanan pelaku usaha jasa dituntut untuk menjaga profesionalitasnya, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen. Sebagai contoh adalah memberikan pelayanan yang cepat tepat sehingga konsumen tidak harus menunggu lama demi mencapai kebutuhan yang diinginkan.

Memaksimalkan Peran Public Relation
Peran public relation sangatlah penting karena akan menghadapi konsumen secara langsung, sehingga harus memiliki pemahaman yang bagus tentang produk jasa yang ditawarkan. Public relation juga harus menunjukkan sikap yang positif dan penerimaan yang ramah sehingga konsumen merasa diterima dan dihormati dan akan menimbulkan rasa nyaman dalam diri konsumen, demikian juga sebaliknya jika diperlakukan dengan sikap yang kurang baik tentu konsumen akan merasa tidak nyaman dan enggan untuk kembali lagi. Public relation juga harus bisa melakukan upaya persuasif sehingga konsumen akan menggunakan jasa yang sama di lain waktu.

Menentukan Harga
Dalam menentukan harga perlu disesuaikan dengan besar kecilnya manfaat yang akan diperoleh oleh konsumen dari produk jasa yang ditawarkan. Kualitas layanan juga bisa dijadikan dasar dalam menentukan harga. Sebagai contoh adalah jasa foto prewedding, kualitas foto yang bagus dan fasilitas yang ada dalam paket foto preweding akan berpengaruh terhadap harga yang ditetapkan, hal ini juga berhubungan dengan fotografer yang menangani. Sudah barang tentu fotografer ternama memberikan penawaran harga yang lebih tinggi karena sesuai dengan kualitasnya. Selain itu semakin besar manfaat yang akan diperoleh konsumen maka harga yang akan dibebankan kepada konsumen juga akan semakin tinggi.

Strategi Jitu dalam Marketing Jasa
Seputar Marketing : http://id.prooyo.com/tag/marketing-2/

Inovasi Produk
Inovasi dalam bidang jasa juga sangat penting, seperti misalnya memanfaatkan perkembangan teknologi untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada konsumen.

Menyesuaikan Dengan Budaya dan Trend Saat Ini
Peluang pasar bisnis sangat tergantung pada perkembangan trend di masyarakat saat ini, hal ini juga berlaku dalam bisnis jasa. Meski demikian harus tetap menyesuaikan dengan skill dan kempuan untuk memberikan jasa yang dibutuhkan konsumen. Jangan sampai karena hanya untuk mengikuti trend pasar lalu tanpa ada bekal skill yang baik ikut membuka jasa tertentu sehingga justru menimbulkan komplain dari konsumen.

Promosi
Promosi merupakan strategi marketing jasa yang penting, karena dengan promosi masyarakat akan mengetahui produk jasa yang ditawakan. Promosi bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti melalui brosur, pamflet, iklan di media cetak maupun elektronik, atau bisa juga melalui website dan media sosial. Promosi bisa dilakukan dengan cara yang unik dan menarik, sehingga menarik minat konsumen untuk menggunakan jasa yang ditawarkan, seperti misalnya penawaran discount, hadiah dsb.

Itulah beberapa strategi marketing jasa yang bisa diterapkan dalam bisnis jasa, semoga bermanfaat.

nanda f gustian Minggu, 28 Juni 2015
Meraup Untung dari Bisnis Kuliner Online

Meraup Untung dari Bisnis Kuliner Online. Bisnis kuliner diyakini sebagai salah satu jenis usaha yang menjanjikan, mengingat minat konsumen yang tinggi terhadap jenis kuliner tertentu yang mungkin belum banyak dijumpai di masyarakat. Pengembangan bisnis kuliner pun ternyata beragam dan peluang untuk mengembangkan bisnis ini semakin terbuka secara online.

Bisnis kuliner yang dijalankan secara online memiliki berbagai keuntungan, meski demikan ada resiko tertentu yang harus diantisipasi agar tidak berujung pada kerugian.
Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dari bisnis kuliner online:

  • Tidak harus memiliki ruang usaha secara fisik
Berbeda dengan usaha kuliner lainnya yang harus memiliki ruang usaha sebagai media untuk menjual kuliner kepada konsumen, maka bisnis kuliner online tidak memerlukan ruang usaha secara fisik. Cukup dapur di rumah untuk memasak kuliner yang diorder oleh konsumen.

  • Cook by order
Seperti halnya restoran yang menyajikan makanan berdasarkan order konsumen, dalam bisnis kuliner online pun demikian. Masakan yang dimasak sesuai order konsumen tentu akan lebih menguntungkan jika dilihat dari segi kepraktisan, karena tidak perlu masak dalam jumlah yang banyak sehingga akan terhindar dari kerugian jika konsumen yang order makanan tersebut hanya sedikit.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan jika ingin memiliki bisnis kuliner online:

Modal
Setiap usaha tentu membutuhkan modal, begitu juga dengan bisnis kuliner online ini. Modal dalam bisnis ini bisa berupa peralatan dan perlengkapan masak, kemasan untuk mengemas makana maupun bahan makanan yang akan dimasak. Modal lain yang sangat penting adalah koneksi intenet karena pemasaran dari bisnis kuliner online mengandalkan internet sebagai media untuk menawarkan produk kuliner kepada konsumen.

Kurir
Untuk menjalankan bisnis kuliner online ini dibutuhkan jasa kurir, karena bisnis ini bersifat pesan antar atau delivery order sehingga peran kurir sangat dibutuhkan untuk mengirimkan pesanan konsumen.

Meraup Untung dari Bisnis Kuliner Online

Inovasi
Jenis kuliner yang berbeda dan unik tentu akan lebih menarik perhatian konsumen sehingga berminat untuk melakukan order, misalnya rica-rica mentok, rica-rica ceker ayam, seafood pedas dsb.

Marketing efektif
Karena sifatnya yang online, maka marketing online yang Anda pilih harus efektif dan tepat sasaran, misalnya sering upload foto kuliner yang Anda tawarkan, sering upload produk kuliner terbaru yang Anda tawarkan. Jangan lupa untuk selalu mencantumkan harga kuliner plus ongkos kirim agar konsumen tidak bertanya-tanya lagi. Sertakan juga promosi yang menarik seperti penawaran discount untuk minimal order dalam jumlah tertentu.

Selain beberapa keuntungan, bisnis kuliner online juga memiliki resiko seperti di bawah ini:

  • Konsumen yang tidak jelas
Anda harus bisa mengantisipasi adanya konsumen yang tidak jelas, seperti iseng order tapi hanya PHP (pemberi harapan palsu). Anda bisa mengantisipasi hal ini dengan melayani order dengan jumlah atau kuota tertentu per hari sehingga jika dalam sehari ada 10 order yang masuk dan ternyata 1 order hanya PHP, maka setidaknya Anda tidak rugi ongkos bensin mengingat ada 9 order yang benar.

  • Koneksi internet yang lelet
Koneksi internet yang lelet tentu akan menghambat bisnis kuliner online Anda, Anda bisa mengantisipasi hal ini dengan memilih layanan internet yang bagus di daerah tempat tinggal Anda, karena belum tentu layanan internet yang satu bagus di dareah tertentu begitupun sebaliknya.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan jika ingin membuka bisnis kuliner secara online, semoga bermanfaat.

nanda f gustian
Cara Memulai Bisnis Les Privat yang Tepat

Cara Memulai Bisnis Les Privat yang Tepat ,Saat tahun ajaran sekolah akan berakhir banyak orangtua yang memasukkan anak-anaknya ke lembaga bimbingan belajar untuk mendapatkan pelajaran tambahan dalam mata pelajaran yang dinilai masih kurang dalam pemahaman anak. Hal ini berdampak pada peningkatan peserta didik di lembaga bimbingan belajar secara signifikan. Jika Anda berminat terjun dalam bisnis les privat ini, tidak ada salahnya Anda mencoba karena peluang bisnis les privat masih terbuka lebar dan cukup prospeknya masih cukup menjanjikan.

Cara Memulai Bisnis Les Privat yang Tepat

Anda bisa menjadikan usaha ini sebagai kerja sampingan, jika sudah memiliki usaha utama yang tidak mungkin ditinggalkan Anda bisa menjadi guru privat atau membuka usaha les privat tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama Anda. Anda perlu mengetahui cara memulai bisnis les privat agar usaha Anda banyak diminati oleh orang tua yang menginginkan anaknya memiliki nilai tinggi di sekolah.

Berikut ini adalah beberapa cara memulai bisnis les privat yang bisa Anda coba jika ingin menjalankan usaha ini.
  • Modal
Ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan jika Anda ingin membuka bisnis les privat dengan sistem murid datang ke tempat Anda. Salah satunya yang wajib Anda memiliki adalah ruangan yang dipergunakan untuk les. Modal lain yang Anda perlukan adalah meja, kursi, white board, spidol, penghapus, kertas dan perlengkapan lain yang mendukung kegiatan belajar memgajar di tempat Anda.

Namun jika les privat Anda bersifat individu, yaitu Anda sendiri yang akan memberikan les privat kepada murid dan tidak memiliki tempat yang mendukung, Anda bisa melakulan les privat dengan cara datang ke rumah murid. Dengan melakukan kegiatan belajar mengajar di rumah murid Anda. Modal lain yang juga sangat penting adalah telepon sebagai sarana untuk memudahkan komunikasi antara Anda dengan murid dan orang tua murid untuk mengatur jadwal ataupun pembatalan jadwal karena suatu hal tertentu.
  • Ruang Usaha
Ruang usaha sangat penting untuk Anda yang ingin membuka lembaga bimbingan belajar dengan metode murid yang datang ke tempat Anda. Ruang usaha yang sebaiknya digunakan adalah yang mudah diakses oleh masyarakat, dan perlu mrmpertimbangkan luas bangunan agar murid merasa nyaman dalam kegiatan belajar.
  • Rekrutmen Tenaga pengajar
Rekrutmen pengajar sangat penting untuk melengkapi berbagai mata pelajaran yang dibutuhkan oleh murid. Jika bisnis les privat Anda sudah semakin maju, maka Anda juga membutuhkan customer service yang nantinya akan melayani setiap pertanyaan orang tua terhadap berbagai hal yang berkaitan dengan les privat yang dijalani. Anda juga dapat merekrut tenaga pengajar atau mahasiswa tingkat akhir yang sesuai dengan bidang ilmu yang Anda butuhkan.
  • Marketing dan promosi
Strategi marketing yang baik dalam bisnis les privat akan meningkatkan jumlah peminat dari bisnis les privat Anda. Anda bisa membagikan brosur yang berisi informasi lengkap mengenai bisnis les privat ke sekolah-sekolah di daerah Anda. Bagikan juga kartu nama Anda kepada orangtua murid yang sedang menunggu di luar sekolah. Anda juga bisa memberikan penawaran discount untuk 5 orang pendaftar pertama dsb.

Yang terpenting adalah kualitas pembelajaran yang diberikan harus bisa dibuktikan dengan hasil yang akan dicapai di sekolah masing-masing, hal ini secara tidak langsung akan meningkatkan kepercayaan orang tua murid, dan bukan tidak mungkin akan merekomendasikan lembaga les privat Anda kepada orang tua yang lain.



Itulah beberapa cara memulai bisnis privat yang tepat, semoga bermanfaat.

Unknown
Jangan Lakukan Hal Ini Jika Ingin Memulai Bisnis Toko Kelontong

Jangan Lakukan Hal Ini Jika Ingin Memulai Bisnis Toko Kelontong. Peluang usaha dalam bisnis toko kelontong, dapat dikatakan akan terus terbuka sepanjang masa, mengingat segala kebutuhan pokok seperti sembako ada dan ditawarkan di toko kelontong. Toko kelontong dinilai masyarakat sebagai tempat yang dituju jika ingin membeli kebutuhan pokok, mengingat tidak semua wilayah ada supermarket, seperti di tengah kampung atau pelosok desa. Dengan demikian keberadaan toko kelontong tetap akan dicari oleh masyarakat demi memenuhi kebutuhan sehari-hari. Karena tidak mungkin jika hanya membeli sabun mandi saja harus ke supermarket yang lebih jauh letaknya jika dibandingkan dengan toko kelontong.

Untuk memulai usaha toko kelontong ada baiknya Anda mencermati beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan saat memulai usaha toko kelontong, seperti berikut ini:

1. Membiarkan Barang Dagangan Anda Berantakan
Jika Anda membuka usaha toko kelontong maka sebaiknya Anda selalu menjaga kerapian barang dagangan Anda. Selain lebih enak dipandang, dengan barang yang tertata rapi akan membuat Anda mudah menemukan barang yang akan dibeli oleh konsumen. Ada baiknya Anda mengelompokkannya berdasarkan jenisnya, seperti mie instan, gula, minyak goreng, telur dsb. Anda bisa bayangkan jika semua barang dagangan Anda ditumpuk jadi satu, pasti sangat mengganggu pemandangan.

2. Menjual Barang Dagangan yang Expired atau Kadaluwarsa
Anda sebagai pemilik usaha toko kelontong atau mungkin karyawan Anda harus selalu mengecek tanggal kadaluwarsa dari barang dagangan Anda, karena untuk jenis-jenis tertentu keadaan kadaluwarsa akan sangat membahayakan konsumen Anda, seperti misalnya mie instan, susu, roti, dsb. Jika barang tersebut hanyalah barang titip jual dari pihak lain, maka Anda harus memastikan bahwa bisa dilakukan retur agar Anda tidak rugi nantinya.

3. Mematok Harga Selangit
Jangan mentang-mentang toko kelontong Anda adalah satu-satunya toko yang ada di kampung Anda, lalu seenaknya saja Anda menaikkan harga barang dagangan setinggi-tingginya. Walaupun konsumen membutuhkan barang yang akan dibeli tapi dia akan berpikir dua kali untuk membeli di toko Anda, kecuali kalau memang terpaksa harus membeli di toko Anda. Harga yang selangit juga bisa langsung tersebar dari mulut ke mulut, sehingga toko kelontong Anda pun akan terkenal, tentu saja terkenal mahalnya :)

Jangan Lakukan Hal Ini Jika Ingin Memulai Bisnis Toko Kelontong

4. Tidak Cekatan dan Cemberut
Dalam hal pelayanan kepada konsumen penting bagi Anda untuk memberikan pelayanan yang maksimal, sebaiknya Anda bersikap cekatan saat melayani pembeli jangan malah mengajak ngobrol atau bahkan menggosip sampai lupa konsumen mau membeli apa, selain itu Anda harus senantiasa menunjukkan sikap ramah Anda kepada konsumen dan jangan Anda memasang wajah cemberut meskipun saat itu Anda sedang ada masalah pribadi. Ingat pembeli adalah raja.

5. Tidak Konsisten
Hal ini berhubungan dengan jam buka maupun tutup toko kelontong Anda. Sebaiknya Anda konsisten dalam hal jam buka maupun tutup toko kelontong Anda. Jangan sampai konsumen Anda kecewa karena saat hendak membeli di toko Anda ternyata tutup, padahal biasanya jam segitu toko kelontong Anda sudah buka. Atau saat konsumen Anda mau membeli ternyata toko Anda sudah tutup, padahal biasanya masih buka.

6. Membiarkan Barang Dagangan Kotor dan Berdebu
Sebaiknya Anda rajin membersihkan barang dagangan Anda, jangan sampai saat konsumen membeli barang di toko kelontong Anda ternyata kondisinya kotor dan berdebu, hal ini akan mengurangi rasa percaya konsumen pada toko Anda, karena konsumen akan was-was kalau barang yang dibelinya sudah kadaluwarsa.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan dalam usaha toko kelontong Anda, semoga bermanfaat.

nanda f gustian Jumat, 26 Juni 2015
Manisnya Sukses Bisnis Rumahan Brownies Kukus Amanda

Manisnya Sukses Bisnis Rumahan Brownies Kukus Amanda. Siapa yang tak kenal dengan kue yang satu ini, brownies kukus. Kita pasti sudah tahu bahwa brownies merupakan jenis kue basah yang sangat digemari oleh masyarakat kita. Kue dengan citarasa coklat yang khas dan legit menjadi maget tersendiri sehingga banyak disukai oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak sampai manula. Salah satu brand yang sudah tidak asing lagi adalah brownies kukus "Amanda". Usaha yang awalnya hanyalah bisnis rumahan ternyata dengan strategi bisnis yang tepat mampu menunjukkan eksistensinya sehingga menjadi bisnis yang tidak main-main dan bisa meraih manisnya kesuksesan.

Mengawali bisnis sesuai dengan bakat dan minat terbukti bisa dijadikan modal awal yang tepat dalam menjalankan sebuah bisnis. Hal ini jugalah yang dialami oleh Ibu Sumiwiludjeng yang merupakan lulusan IKIP Jakarta jurusan Pendidikan dan Kesejahteraan Keluarga yang sudah memiliki kamampuan memasak dan menjalani bisnis katering rumahan dengan menerima pesanan kue maupun makanan untuk acara-acara tertentu.

Pada akhir tahun 1999 merupakan awal permulaan usaha ini dirintis, bermula ketika Ibu Sumiwiludjeng mencoba resep brownies kukus, dan dibutuhkan ketelatenan dan proses yang panjang untuk menemukan takaran yang pas dari brownies kukusnya. Dengan dibantu oleh putra dan menantunya, menu brownies kukus pun kemudian menjadi salah satu menu yang ditawarkan dalam bisnis katering mereka.

Citarasa coklat yang khas dan kelezatan brownies kukus buatannya ternyata banyak diminati oleh konsumen, sehingga Ibu Sumieilujeng dan keluarga membulatkan tekadnya pada tahun 2000 untuk membuka bisnis brownies kukus dengan merk Amanda. Nama Amanda sendiri merupakan singkatan dari "anak dan menantu damai" dan ini merupakan harapan Ibu Sumiwilujeng agar anak dan menantunya selalu hidup rukun dan damai.

Manisnya Sukses Bisnis Rumahan Brownies Kukus Amanda

Namun ternyata dalam pemasarannya brownies kukus Amanda tidaklah semulus yang dibayangkan. Kios usaha yang dibuka di komplek pertokoan Metro Bandung harus tergusur setelah sebelumnya pertokoan tersebut mengalami kebakaran. Merekapun terpaksa harus pindah ke lokasi baru yaitu dengan menyewa tempat di Jln.Tata Surya Bandung, lokasi toko yang baru menuntut mereka untuk mencari pelanggan baru lagi.

Apa yang dikhawatirkan ternyata salah, karena di lokasi baru tersebut minat konsumen pada brownies kukus Amanda justru semakin meningkat, sehingga produksi brownies kukus selalu habis setiap harinya. Seiring dengan permintaan konsumen yang semakin meningkat, akhirnya mereka menempati lokasi untuk usaha yang baru di Jln. Rancabolang Bandung, hal ini dikarenakan tempat yang sebelumnya tidak mampu lagi memenuhi kapasitas produksi.

Di lokasi usaha yang baru dengan tempat yang lebih luas dan strategis, kesuksesan bisnis brownies kukus Amanda semakin meningkat. Untuk mengembangkan usahanya pada tahun 2004 keluarga Ibu Sumiwiludjeng mematenkan nama brownies kukus Amanda sebagai brand produk roti buatan Ibu Sumiwiludjeng dan keluarganya.

Saat ini brownies kukus Amanda telah nemiliki banyak cabang di berbagai kota dengan keuntungan yang tidak main-main. Untuk lebih memanjakan lidah konsumen, kini Brownies Amanda tersedia dalam berbagai varian rasa dan hal ini terbukti mampu meningkatkan omset penjualan brownies kukus yang mencapai ribuan kotak setiap harinya.

Bagi Anda yang berminat menekuni bisnis roti atau kue yang sejenisnya dan ingin memulai usaha tersebut, maka Anda tidak perlu putus asa jika Anda menemukan kendala dalam menjalankan bisnis Anda. Anda bisa menjadikan kendala tersebut sebagai tantangan yang bisa memotivasi Anda untuk meningkatkan bisnis Anda supaya lebih baik lagi sampai meraih kesuksesan. Semoga kisah ini bisa menginspirasi Anda untuk mengembangkan bisnis rumahan Anda sehingga berkembang menjadi bisnis yang profesional.

nanda f gustian
Tips Mengembangkan Bisnis Pertanian

Tips Mengembangkan Bisnis Pertanian. Kita patut bersyukur karena negara kita dianugerahi tanah yang luas dan subur, karena banyaknya gunung berapi di negeri ini. Sehingga negara kita pun termasuk negara agraris dengan sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Menjadi petani mungkin bukan pilihan bagi sebagian besar anak muda, jika diberikan pilihan antara menjadi pegawai kantoran atau menjadi petani tentu akan cenderung memilih menjadi pegawai kantoran yang setiap bulan mendapatkan gaji dengan penampilan rapi dan wangi ala eksekutif muda.

Tahukah Anda jika dengan menjadi petani pun Anda bisa mencapai kesuksesan dalam hal finansial, tentu saja hal ini juga tergantung dari bagaimana cara mengembangkan bisnis pertanian yang digeluti. Jadi Anda tidak perlu malu atau gengsi menjadi petani, banyak sekali contoh petani yang sukses di sekitar kita.
Berikut ini adalah beberapa tips yang sebaiknya Anda tahu dalam mengembangkan bisnis pertanian :

1. Modal
Apapun jenis usaha Anda, maka hal pertama yang harus Anda miliki adalah modal. Dalam bisnis pertanian, modal utama yang harus ada adalah lahan pertanian yang akan dugunakan sebagai media untuk menanam. Selain itu modal juga akan digunakan dalam operasional pertanian, seperti pembelian pupuk, bibit tanaman, peralatan pertanian, maupun membayar pekerja jika modal Anda memungkinkan untuk itu.

2. Lahan Pertanian
Jika Anda sudah memiliki lahan pertanian sendiri maka Anda tidak perlu menyewa lahan, sehingga modal Anda bisa dialihkan untuk keperluan operasional lainnya. Untuk memiliki lahan sendiri tentu dibutuhkan modal yang besar. Jika Anda mau, Andapun bisa memanfaatkan pekarangan rumah Anda sebagai lahan pertanian, Anda bisa menggunakan polybag yang bisa Anda susun bertingkat, cara budidaya pertanian ini merupakan salah satu cara mengembangkan bisnis pertanian yang banyak diminati saat ini. Tentu saja hanya tanaman tertentu saja yang bisa dibudidayakan dalam hal ini, seperti cabai, tomat, sawi dan sayuran lainnya. Dengan teknik pertanian yang tepat hasilnyapun akan maksimal.

Tips Mengembangkan Bisnis Pertanian

3. Pengetahuan dan Inovasi Dalam Bidang Pertanian
Mungkin akan lebih tepat jika bisnis pertanian ini digeluti oleh sarjana pertanian atau agronomi, tapi Anda tidak perlu berkecil hati karena siapapun bisa menggeluti bidang ini asalkan ada pengetahuan dan tekad yang kuat untuk menggeluti bisnis pertanian ini. Anda bisa membaca beragam referensi baik dari buku maupun dari internet untuk menambah pengetahuan dan skill teknis Anda dalam bidang pertanian, yang akan menunjang bisnis pertanian Anda nantinya. Salah satu inovasi yang bisa Anda lakukan adalah dengan menanam jenis yang unggul dan fokus pada pertanian organik. Karena saat ini masyarakat lebih memilih makanan yang sehat, dan telah memahami bahaya dari pestisida maupun pupuk kimia bagi kesehatan.

4. Strategi Marketing yang Tepat
Anda harus membuat strategi marketing yang tepat agar hasil pertanian Anda bisa berdaya jual tinggi dan laku di pasaran. Jika menurut Anda hasil pertanian Anda akan lebih menguntungkan jika dijual langsung kepada konsumen, maka Anda harus bisa memberikan penawaran harga yang kompetitif. Karena itulah Anda harus membangun jaringan marketing yang kuat dan permanen agar hasil panen Anda laku di pasaran. Anda bisa mengajukan penawaran kerjasama dengan perusahaan ataupun perorangan dimana Anda menjadi pemasok tetap dari hasil pertanian Anda. Cara pengembangan bisnis pertanian yang satu ini tentunya akan memudahkan Anda dalam menjual hasil pertanian Anda, sehingga hasil yang Anda dapatkan pun maksimal sesuai dengan kualitas produk pertanian Anda.

Itulah beberapa tips dalam bisnis pertanian, semoga bermanfaat.

nanda f gustian Rabu, 24 Juni 2015
Kiat Jitu Membangun Bisnis Rental Mobil

Kiat Jitu Membangun Bisnis Rental Mobil. Anda bosan menjadi pegawai biasa dan ingin coba terjun ke dunia bisnis? Atau Anda bingung ingin menjalankan bisnis apa? Bisnis rental mobil ternyata dianggap sebagai salah satu bisnis yang cukup menjanjikan sampai saat ini, walaupun keberadaannya sudah semakin menjamur di berbagai tempat namun semakin banyak pula orang yang membutuhkan jasa rental mobil. Jika Anda ingin mencoba peruntungan Anda dalam bisnis ini, maka sebaiknya Anda memahami bagaimana cara mengembangkan bisnis rental mobil supaya mendapatkan hasil yang menguntungkan dan tetap eksis ditengah persaingan bisnis yang semakin ketat.

Secara umum kegiatan bisnis rental mobil ini adalah menyewakan mobil kepada konsumen dalam periode waktu tertentu, mulai per 12 jam, 24 jam, harian, mingguan bahkan mungkin bulanan sesuai permintaan konsumen. Berikut ini adalah kiat-kiat yang bisa Anda coba dalam membangun bisnis rental mobil :

1. Tempat Usaha yang Strategis
Pemilihan tempat yang strategis untuk membuka usaha rental mobil ini akan menunjang perkembangan bisnis Anda, seperti di Pusat atau Pinggir kota, lokasi yang dekat dengan Bandar Udara ataupun Hotel bisa menjadi pilihan yang bagus sebagai tempat usaha Anda. Sebaiknya Anda memilih lokasi usaha yang luas untuk mengantisipasi jika armada mobil bertambah banyak.

2. Strategi Marketing yang Tepat
Dengan strategi marketing yang tepat, maka akan meningkatkan pangsa pasar pengguna jasa rental mobil Anda. Anda bisa melakukan promosi melalui iklan di koran, website, social media, ataupun brosur untuk mengenalkan bisnis rental mobil Anda ke masyarakat luas. Anda bisa membuat menu paket wisata kota maupun luar kota kepada konsumen dengan harga yang kompetitif, untuk menarik minat konsumen.

Strategi marketing lain yang bisa Anda lakukan adalah mengajukan proposal dan penawaran kerjasama dengan sebuah perusahaan atau hotel-hotel di kota Anda dalam bidang transportasi seperti aktifitas antar jemput tamu hotel dari bandara, maupun transportasi ke tempat wisata yang akan dikunjungi oleh tamu hotel tersebut.

Usahakan untuk mengajukan proposal semenarik dan sedetail mungkin termasuk masalah bagi hasil yang Anda tawarkan dalam kerjasama ini.

3. Rekrutmen Driver
Bisnis rental mobil tidak bisa terlepas dari peran seorang driver (supir). Banyak pengguna jasa rental mobil ingin menggunakan jasa driver karna mungkin perjalanan yang ditempuh cukup jauh, penyewa belum mahir dalam mengemudi, belum punya SIM atau faktor lainnya, maka peran driver dalam bisnis ini sangatlah penting, baik buruknya pelayanan driver akan berpengaruh terhadap reputasi bisnis rental mobil Anda.

Usahakan untuk merekrut driver dengan kriteria yang dapat menunjang operasional bisnis Anda, seperti pengalaman kerja sebagai driver dan SIM yang sesuai. Anda bisa menetapkan kriteria driver dengan karakter tertentu, seperti sopan, terampil mengemudi, berpenampilan rapi, memahami mesin mobil, megetahui jalan yang akan dilalui dan tidak ugal-ugalan dalam mengemudikan mobil.

4. Asuransi dan GPS
Tentu Anda tidak ingin mengalami kerugian dalam usaha yang Anda jalani, bukan? Untuk itu sebagai antisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda mengasuransikan mobil Anda. Pemasangan GPS juga mutlak diperlukan untuk setiap mobil yang Anda sewakan, sehingga mobil yang Anda sewakan lebih aman dan bisa selalu dipantau keberadaannya. Akan lebih aman jika Anda tidak menyewakan mobil tanpa driver, hal ini untuk menghindari terjadinya penggelapan mobil oleh konsumen.

Kiat Jitu Membangun Bisnis Rental Mobil

5. Surat Kontrak yang Jelas
Jika sebagian dari mobil yang Anda sewakan adalah mobil yang Anda kontrak dari pihak lain, maka sebaiknya Anda jeli dalam pembuatan surat kontrak, seperti harga kontrak dan berapa lama jangka waktu kontrak yang disepakati, maupun ketentuan lain yang disepakati kedua belah pihak.

6. Perawatan Mobil
Dalam bisnis ini tentu saja mobil yang Anda sewakan sangat memerlukan perawatan mesin demi keamanan dan kenyamanan selama berkendara karena mobil disewakan kepada orang yang berbeda-beda bahkan terkadang mobil digunakan dalam perjalanan jauh. Jangan pernah lupa untuk rutin melakukan check pada tekanan ban, oli mesin, air radiator, bahkan minyak rem mobil Anda atau Anda dapat memilih bengkel yang bias saja dijadikan langganan dalam perawatan mobil Anda dan bisa Anda jadikan solusi dalam menghemat biaya perawatan mobil, karena sudah ada rasa saling percaya dalam hal perawatan mobil.

Itulah beberapa kiat yang bisa Anda lakukan dalam mengembangkan bisnis rental mobil. Good luck!

nanda f gustian Selasa, 23 Juni 2015
Tips untuk Memulai Bisnis Sembako

Tips untuk Memulai Bisnis Sembako. Sembako adalah istilah lain dari sembilan bahan pokok. Sesuai dengan namanya, maka kita memang tidak bisa dipisahkan dari kebutuhan akan sembako sebagai kebutuhan primer sehari-hari. Apakah Anda tahu apa sajakah yang termasuk dalam sembako? Mari kita tanyakan pada ahlinya:) Menurut Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan, kebutuhan sembako meliputi beras (jagung, sagu), gula, minyak goreng dan margarin, tepung terigu, sayur dan buah-buahan, daging (sapi, ayam, ikan), susu, telur, minyak tanah / gas elpiji, garam beriodium.

Mengingat pentingnya sembako dalam aktifitas sehari-hari, maka hak ini bisa menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan. Karena segmentasi pasar yang membutuhkan sembako meliputi semua kalangan masyarakat. Jika Anda berminat menekuni bisnis sembako, sebaiknya Anda mengetahui bagaimana cara mengembangkan bisnis sembako supaya bisnis Anda bisa berkembang dan laku di pasaran.

Berikut ini adalah tips memulai bisnis sembako yang wajib Anda tahu:

1. Modal
Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap usaha yang akan kita jalani, besar atau kecilnya usaha pasti selalu membutuhkan modal. Tentu saja dalam bisnis sembako ini Anda membutuhkan modal untuk penyewaan tempat dan membeli sembako itu sendiri yang akan Anda jual. Persiapkan modal yang matang untuk bisnis Anda.

2. Pemilihan Lokasi Sebagai Tempat Usaha
Usahakan untuk mencari lokasi usaha yang strategis dan akses jalan yang mudah menuju tempat usaha sembako Anda. Salah satu lokasi yang bisa Anda pertimbangkan adalah pasar, karena pasar akan selalu ramai dikunjungi konsumen, Anda juga bisa membuka usaha di lokasi yang tingkat persaingannya rendah, kalau perlu usaha Anda merupakan satu-satunya toko sembako di wilayah tersebut, bisa dipastikan usaha sembako Anda akan laris manis karena minim persaingan.

3. Menjaga Kualitas Produk
Pastikan bahwa produk sembako yang Anda jual adalah barang-barang yang berkualitas, karena kualitas produk yang bagus dan terjamin akan meningkatkan kepercayaan pembeli. Ingat, bahwa kepuasan pembeli adalah faktor utama laku tidaknya produk sembako Anda. Jangan sekali-kali menjual barang yang sudah expired, karena hal ini akan mengurangi kepercayaan juga membahayakan kesehatan konsumen.

Tips untuk Memulai Bisnis Sembako

4. Pelayanan yang Ramah
Anda harus menunjukkan sikap yang ramah dan sopan, menerapkan jargon pembeli adalah raja bisa meningkatkan kualitas pelayanan. Jika Anda melayani dengan ramah, maka pembeli akan merasa dihormati dan tidak segan-segan untuk membeli lagi di toko sembako Anda.

Begitupun sebaliknya jika Anda ketus dan menunjukkan sikap yang kasar, siap-siap saja usaha sembako Anda akan sepi pembeli. Anda pun harus sabar jika menemui pembeli yang menjengkelkan, seperti menawar barang dagangan Anda atau ingin membeli dengan cara dihutang.

5. Harga Jual yang Kompetitif
Sebaiknya Anda menjual sembako dengan harga yang kompetitif sehingga menarik perhatian pembeli untuk membeli produk sembako di tempat Anda. Hal ini bisa Anda lakukan dengan mencari harga grosir termurah, sehingga harga dari toko sembako Anda pun bisa kompetitif.

6. Marketing dan Promosi yang Tepat
Anda perlu menerapkan strategi marketing dan promosi yang tepat untuk mengembangkan bisnis sembako Anda. Salah satu strategi marketing yang bisa Anda lakukan adalah melengkapi toko sembako Anda dengan barang dagangan yang dibutuhkan oleh masyarakat, seperti alat kebersihan, makanan, minuman ringan, dsb.

Anda tentu bisa memanfaatkan media sosial untuk mengenalkan usaha sembako Anda jika Anda aktif di media sosial. Anda juga bisa menawarkan jasa pengiriman jika pembeli membeli dalam jumlah tertentu, sehingga pembeli tidak ragu-ragu untuk membeli dalam jumlah yang besar.

7. Menjalin Kerjasama yang Baik
Jika Anda sudah menekuni bisnis sembako yang Anda pilih, tidak ada salahnya jika Anda membangun kerja sama yang baik dengan kosumen. Banyak toko sembako yang melakukan pengiriman ke luar kota. Jika ada kerja sama yang baik dalam sebuah bisnis, itu akan mempermudah anda untuk mengembangkan usaha yang sedang Anda geluti.

Itulah kiat-kiat dalam menjalani bisnis sembako, jeli dalam melihat peluang! Semoga sukses.

nanda f gustian
Strategi Mengembangkan Bisnis Susu Kedelai

Strategi Mengembangkan Bisnis Susu Kedelai. Kita sudah tidak asing dengan susu kedelai, jika Anda termasuk penggemar susu kedelai dan sering menyajikan susu kedelai yang anda buat sendiri untuk keluarga tercinta, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk tidak sekedar membuat susu kedelai untuk dikonsumsi sendiri, Anda bisa mencoba memulai bisnis rumahan susu kedelai yang menguntungkan. Karena cara mengembangkan bisnis susu kedelai cukup sederhana.

Berikut ini adalah beberapa strategi jitu yang bisa Anda lakukan jika ingin menekuni bisnis susu kedelai :

1. Menjaga Kualitas
Kita semua adalah konsumen, tentu hal yang paling diutamakan oleh konsumen adalah kualitas produk yang baik apa lagi dalam makanan dan minuman. Maka, kualitas yang terjaga dari produk susu kedelai yang Anda buat sangatlah penting untuk membangun kepercayaan konsumen terhadap produk susu kedelai yang mereka konsumsi. Gunakanlah kedelai yang berkualitas dan jangan pernah mengurangi kualitas kedelai dengan mencampurkannya dengan yang berkualitas rendah demi mendapat keuntungan yang lebih.

Sudah banyak pembuat susu kedelai yang tidak mementingkan kualitas seperti mencampurkan bahan kimia ke dalam susu kedelai buatannya, untuk mengurangi keraguan pada konsumen ada baiknya jika Anda mencatumkan komposisi produk Anda dalam kemasan dan juga nomor PIRT dari Depkes jika Anda sudah memilikinya. Tentu konsumen akan lebih memilih produk susu kedelai Anda karena sehat dan aman sehingga tidak beresiko jika dikonsumsi.

2. Membuat Inovasi Produk
Selain menjaga kualitas produk, maka cara mengembangkan bisnis susu kedelai selanjutnya adalah membuat inovasi produk susu kedelai, misalnya dengan membuat berbagai varian rasa, Andapun bisa memilih bahan-bahan alami untuk membuat variasi rasa produk Anda seperti jahe, coklat, mocca, ataupun pandan agar konsumen memiliko banyak alternatif pilihan rasa yang disukai, sehingga menjadi solusi bagi konsumen yang bosan dengan rasa susu kedelai yang biasa.

Selain inovasi rasa Anda juga bisa melakukan inovasi dalam kemasan produk susu kedelai Anda. Anda bisa mengemas susu kedelai dalam berbagai variasi kemasan dari yang paling kecil atau yang paling murah, agar semua kalangan bisa menikmati susu kedelai yang Anda produksi. Kemasan yang menarik juga bisa Anda coba untuk menambah daya tarik produk Anda.

Strategi Mengembangkan Bisnis Susu Kedelai

3. Strategi Pemasaran yang Tepat
Anda tidak perlu malu ataupun gengsi untuk turun langsung ke konsumen atau mungkin Anda titipkan ke warung-warung di sekitar rumah Anda, kantin sekolah atau pasar. Jika Anda mau menjualnya langsung ke konsumen, hal ini akan lebih menguntungkan, karena selain menghemat waktu, keuntungan yang Anda dapatkan juga utuh karena tidak terpotong seperti kalau dititipkan di warung. Anda juga bisa membuka outlet susu kedelai di rumah Anda sehingga konsumen bisa langsung membeli susu kedelai dari Anda langsung, Anda juga bisa membuat penawaran reseller bagi konsumen yang ingin menjual kembali produk Anda.

Namun perlu diingat juga bahwa bisnis susu kedelai juga tidak mungkin tanpa hambatan. Hambatan yang paling sering ditemui produk ini merupakan produk yang tidak awet sehingga Anda harus jeli dalam mengolah susu kedelai supaya berkualitas bagus dan tidak cepat basi.
Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meminimalisir hambatan tersebut :
  • Dimasukkan di kulkas
Setelah susu kedelai masak, sebaiknya harus segera dimasukkan ke dalam kulkas. Begitu juga jika akan dijual lebih baik dimasukkan ke dalam box pendingin agar lebih awet.
  • Bungkus yang tepat 
Membungkus atau mengemas susu kedelai secara tepat bertujuan agar bakteri tidak masuk ke dalam susu kedelai yang bisa menyebabkan susu kedelai cepat basi. 

  • Cepat dijual atau dikonsumsi 
Anda harus memperhitungkan jumlah produksi, usahakan produk yang Anda jual habis agar tidak ada yang terbuang. Sebaiknya Anda sesegera mungkin langsung menjualnya agar tidak cepat basi.

Itulah beberapa strategi dalam mengembangkan bisnis susu kedelai, semoga bermanfaat.

nanda f gustian
Strategi Mengembangkan Usaha Furniture

Strategi Mengembangkan Usaha Furniture. Peluang usaha di bidang furniture saat ini semakin menunjukkan prospek yang cukup menjanjikan. Mungkin karena kebutuhan masyarakat akan furnitur semakin meningkat dan merambah disemua kalangan, seperti rumah tangga, perkantoran, restoran, sekolah, perhotelan dsb, peluang usaha di bidang furniture akan selalu terbuka dan merupakan bisnis yang menguntungkan selama pelaku usaha mampu membuat inovasi yang berbeda dan sesuai selera konsumen dan harga yang kompetitif.

Jika Anda berniat menekuni usaha furniture ini maka penting bagi Anda untuk mengetahui strategi mengembangkan usaha furniture yang tepat agar usaha Anda berkembang.
Berikut ini adalah strategi yang bisa Anda lakukan ketika ingin menjalani usaha furniture :

1. Modal
Setiap usaha pastilah memerlukan modal untuk operasional usaha tersebut. Modal dalam usaha furniture bisa terbagi dalam beberapa aspek, seperti modal bahan baku yang akan digunakan untuk menghasilkan furniture, seperti kayu yang berkualitas, lem kayu, cat kayu, dempul, dsb; perlengkapan usaha seperti peralatan gergaji, gerinda, bor, amplas, dsb; modal skill dan kompetensi yang kaitannya dengan skill dalam menghasilkan produk furniture. Desain furniture yang artistik dan berkualitas tentu akan lebih dilirik oleh konsumen.

2. Manajemen
Seperti halnya usaha yang lain, maka peran manajemen dalam usaha furniture juga sangat penting karena berhubungan dengan pengelolaan dan pengaturan keuangan. Dengan manajemen keuangan yang rapi dan tepat maka usaha furniture Anda akan memperoleh keuntungan yang optimal. Pertimbangan dalam menentukan harga juga harus diperhatikan agar konsumen tertarik untuk membeli.

3. Memilih Lokasi Usaha
Memilih lokasi yang mudah diakses oleh publik dan dekat dengan pusat keramaian akan lebih menguntungkan daripada lokasi yang sepi dan terpencil. Anda bisa memilih lokasi yang strategis sebagai salah satu cara mengembangkan usaha furniture Anda, seperti lokasi yang dekat dengan pinggir jalan raya.

4. Rekrutmen Karyawan
Dalam rekrutmen karyawan Anda harus mempertimbangkan skill dan karakteristik calon karyawan. Sangat disarankan untuk memilih karyawan yang sudah berpengalaman tapi kalaupun belum setidaknya memiliki skill yang baik sesuai bidangnya karena bisnis ini bukanlah hanya mengandalkan bahan baku yang digunakan tetapi sangat mengandalkan nilai seni dan keindahan hasil tangan kreatif, akan lebih bagus jika Anda memilih karyawan yang memiliki kreatifitas tinggi sehingga mampu menghasilkan furniture yang artistik dan bervariasi. Setidaknya Anda juga tidak lupa untuk memilih karakteristik karyawan yang jujur, pekerja keras, ulet, dan sopan.

Strategi Mengembangkan Usaha Furniture

5. Inovasi Produk
Produk yang inovatif tentu akan lebih menarik dari pada produk furniture yang biasa-biasa saja. Untuk itu diperlukan kreatifitas yang baik agar produk furniture yang dihasilkan benilai tinggi dan diminati oleh konsumen. Ingatlah bahwa pesaing Anda dalam menjalani bisnis furniture ini sangat kompetitif, Anda membutuhkan tangan orang-orang yang berkreatifitas tinggi. Menghadapi persaingan di dunia furniture bukan dengan membuat hasil karya Anda jauh lebih murah dari pada tempat lain karena Anda menggunakan bahan baku yang kualitas rendah akan tetapi dengan cara membuat inovasi baru dalam produk.

6. Marketing dan Promosi
Strategi marketing dan promosi ini bertujuan untuk mengenalkan usaha furniture Anda kepada masyarakat luas. Anda bisa memberikan penawaran pembelian furniture secara kredit dengan syarat dan ketentuan tertentu, cara ini akan menarik konsumen yang ingin membeli furniture tapi memiliki budget terbatas. Untuk keperluan promosi, Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan usaha furniture Anda, atau bisa juga dengan memasang iklan di radio atau media cetak. Selain itu Anda juga bisa memberikan discount untuk menarik konsumen terutama selama grand opening usaha furniture Anda demi kepentingan promosi bisnis Anda. Anda juga bisa mengajukan penawaran kepada beberapa kantor, hotel, restoran, instansi pemerintah untuk membeli produk furniture Anda atau juga membuat furniture sesuai dengan permintaan atau desain yang diinginkan.

Itulah beberapa strategi dalam mengembangkan usaha furniture yang bisa Anda coba, semoga bermanfaat.

nanda f gustian
Tips Memulai Bisnis Kontrakan

Tips Memulai Bisnis Kontrakan. Apakah Anda sudah mengumpulkan dana dan ingin membuat bisnis? jangan pernah takut terjun ke dalam persaingan dunia wirausaha. Kali ini saya akan membahas tentang bisnis yang tidak akan habis dimakan zaman yaitu bisnis kontrakan, karena seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk dan masyarakat pendatangpun tidak sedikit maka mau tidak mau meningkat pula kebutuhan masyarakat akan tempat tinggal. Demikian juga dengan para pelaku usaha yang ingin mengembangkan bisnis tempat tinggal sementara atau yang biasa kita kenal adalah kontrakan, tentu saja membutuhkan ruang usaha yang sesuai untuk melakukan kegiatan bisnisnya. Untuk membangun sebuah rumah tempat tinggal ataupun ruang usaha tentu dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi di tengah kondisi ekonomi saat ini. Hal ini ternyata membuka peluang usaha yang menggiurkan yaitu bisnis kontrakan, baik itu rumah tempat tinggal maupun ruang usaha.

Adanya rumah atau ruang usaha yang dikontrakkan tentu bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang membutuhkan tempat tinggal tapi belum memiliki budget yang memungkinkan untuk membangun sendiri rumah atau ruang usaha yang diinginkan. Maka peluang bisnis di bidang kontrakan rumah akan selalu terbuka dan merupakan bisnis yang menjanjikan selama pelaku usaha mampu memberikan pelayanan sesuai selera dan kebutuhan konsumen.

Jika Anda berminat menggeluti bisnis kontrakan rumah ini maka penting bagi Anda untuk mengetahui tips memulai bisnis kontrakan yang tepat agar usaha anda bisa maju dan berkembang.

1. Modal
Untuk memulai bisnis kontrakan, diperlukan modal yang tidak sedikit. Anda harus mengantisipasi tingginya harga bahan bangunan, upah pekerja proyek dsb. Jika Anda memilih menggunakan jasa kontraktor, maka Anda dituntut untuk jeli dalam memilih kontrakror yang memiliki reputasi yang bagus dan kredibel agar Anda tidak rugi nantinya. Persiapkan modal Anda sebaik-baiknya agar rumah yang Anda bangun untuk dikontrakkan tidak terbengkalai di tengah jalan gara-gara Anda salah perhitungan.

Jika memang memungkinkan menjalin kerjasama dengan investor, maka tidak ada salahnya Anda mencari investor dan bisa membangun bisnis kontrakan dengan sistem kerjasama yang telah ditetapkan.

2. Manajemen
Dengan manajemen keuangan yang tepat dan bagus maka bisnis kontrakan Anda akan memperoleh keuntungan yang maksimal. Anda harus bisa memperhitungkan harga yang Anda tetapkan untuk kontrakan Anda sesuai dengan fasilitas yang ada, dan perhitungkan juga berapa tahun modal Anda akan kembali. Hal ini sangat penting, terutama jika modal yang anda gunakan adalah berupa pinjaman dari Bank.

Anda juga harus menentukan jenis kontrakan yang akan Anda tawarkan kepada konsumen, apakah rumah tempat tinggal, ruang usaha, atau ruko. Pertimbangkan segala kemungkinan dari jenis kontrakan yang akan Anda tawarkan, baik dari segi modal maupun biaya operasional dan keuntungan yang akan diperoleh setelah bisnis kontrakan Anda berjalan secara operasional.

Tips Memulai Bisnis Kontrakan

3. Memilih lokasi usaha
Anda bisa memilih lokasi yang strategis sebagai salah satu cara mengembangkan bisnis kontrakan Anda, seperti lokasi yang dekat dengan perkantoran, kampus, pusat perbelanjaan, dan pinggir jalan raya. Anda bisa membangun ruang usaha untuk dikontrakkan dengan pemilihan lokasi yang strategis agar menarik minat konsumen yang memang menginginkan ruang usaha untuk membuka suatu usaha.

Jika untuk rumah tempat tinggal, Anda harus perhitungkan lokasi sekitar agar calon konsumen merasa nyaman dengan lingkungan yang akan ditinggali. Memilih lokasi yang tenang namun memiliki akses yang mudah dengan berbagai fasilitas tentunya akan lebih menarik minat konsumen.

4. Marketing dan promosi
Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk memasarkan bisnis kontrakan Anda, memasang iklan di media cetak atau pun di radio atau bahkan menawarkan rekan kerja Anda karena mempromosikan kontrakan juga bisa dari mulut ke mulut. Dengan berbagai penawaran yang memberikan kemudahan dan fasilitas tertentu diharapkan dapat meningkatkan minat calon konsumen yang akan mengontrak di tempat Anda.

Itulah beberapa tips memulai bisnis kontrakan yang bisa Anda coba, persiapkan modal Anda dan selamat mencoba.

nanda f gustian
Tips Memulai Bisnis Kredit Pakaian

Tips Memulai Bisnis Kredit Pakaian. Kebutuhan akan sandang atau pakaian merupakan kebutuhan pokok bagi setiap orang. Sebagai kebutuhan pokok, maka banyak produk pakaian yang selalu laris di pasaran walaupun pakaian yang kita pakai setiap harinya tidak akan habis dalam sekali pakai. Selain untuk menutup tubuh, pakaian juga memiliki fungsi lain sebagai bentuk prestise karena modelnya, harganya maupun sebagai identitas, misalnya seragam sekolah, seragam kantor/instansi, atau pun busana muslim. Maka kemudian muncul banyak bisnis pakaian, mulai dari konveksi, butik, toko pakaian dll yang menawarkan busana dari berbagai model, desain, maupun harga yang bervariasi.

Ada kalanya seseorang ingin membeli baju dengan model tertentu tapi ternyata budget yang dimiliki terbatas, sementara kalau membeli di toko harus kontan dan tidak boleh dihutang. Bagi yang jeli melihat peluang bisnis, hal ini justru memunculkan peluang bisnis yang cukup menjanjikan yaitu kredit pakaian. Jika Anda tertarik untuk menekuni bisnis kredit pakaian ini, sebaiknya Anda mencermati beberapa hal sebelum memulai bisnis kredit pakaian agar bisnis Anda berkembang.

Berikut ini adalah beberapa tips memulai bisnis kredit pakaian yang sebaiknya Anda tahu:

1. Modal
Untuk memulai bisnis kredit pakaian, Anda membutuhkan modal untuk membeli produk pakaian yang akan Anda kreditkan. Besarnya modal yang Anda miliki akan berpengaruh pada banyaknya produk pakaian yang bisa Anda beli. Semakin banyak modal yang Anda miliki, maka semakin banyak pakaian yang bisa Anda beli untuk bisnis Anda.

2. Menentukan Target Pasar
Sebelum memulai bisnis, sebaiknya Anda menentukan target pasar yang akan Anda bidik nantinya. Apakah Anda ingin fokus saja pada target pasar anak-anak, remaja, dewasa, ataukah orang tua. Atau Anda ingin membidik seluruh kalangan masyarakat sehingga produk pakaian yang Anda tawarkan beragam mulai dari anak-anak sampai dewasa, laki-laki maupun perempuan.

3. Selalu Mengamati Tren
Untuk membuat bisnis kredit pakaian Anda berkembang, jangan lupa untuk selalu mengamati baju yang sedang tren dimasyarakat. Karena jika model pakaian yang Anda tawarkan sudah ketinggalan jaman atau jadul, maka konsumen tidak akan tertarik dengan pakaian yang Anda pasarkan. Setiap orang pasti selalu menginginkan memakai sesuatu yang baru apa lagi sedang tren dimasyarakat.

Tips Memulai Bisnis Kredit Pakaian

4. Kerjasama Dengan Konveksi dan Distributor Pakaian
Sebaiknya Anda menjalin kerjasama dengan pabrik konveksi atau distributor pakaian yang ada di kota Anda, karena Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Jika memungkinkan pilihlah pabrik konveksi atau diatributor pakaian yang bisa diajak kerjasama secara kontinyu dan memungkinkan untuk retur, untuk mengantisipasi jika ternyata produk tersebut tidak laku, sehingga bisa ditukar dengan produk lain yang lebih laku.

5. Manajemen
Dalam menjalankan sebuah bisnis apapun bidangnya, selalu membutuhkan manajemen yang tepat terutama dalam pengaturan keuangan agar perputaran modal cepat dan keuntungan yang diperoleh maksimal. Anda juga harus mempertimbangkan harga yang akan Anda tetapkan, jangan sampai harga yang Anda tetapkan tidak menguntungkan secara signifikan. Ingat, sistem kredit yang Anda terapkan menuntut Anda untuk menaikkan harga lebih tinggi jika dibandingkan dengan sistem cash, karena ada jangka waktu tertentu dalam pembayarannya.

6. Marketing dan Promosi
Untuk bisa menjalankan bisnis kredit pakaian Anda, dibutuhkan strategi marketing yang bagus agar tepat sasaran dan menguntungkan. Anda bisa bekerja sama dengan karyawan pabrik dalam memasarkan produk pakaian Anda secara kredit. Dengan adanya kerjasama memungkinkan produk pakaian yang Anda tawarkan laku cepat dengan jangka pelunasan kredit ketika karyawan gajian pada bulan berikutnya. Anda harus benar-benar jeli dalam memilih orang untuk diajak kerjasama, agar Anda tidak dirugikan dikemudian hari. Pilihlah orang yang sudah Anda kenal dan bisa Anda percayai.

Jika Anda menawarkan kredit pakaian di komplek perumahan, Anda harus bisa menilai calon pembeli Anda, hal ini untuk mengantisipasi adanya pembeli yang ribet dalam pelunasan. Banyak bisnis kredit pakaian yang akhirnya mati suri karena beberapa konsumen yang terlalu banyak alasan ketika ditagih untuk melunasi pembayaran kredit. Anda harus benar-benar mengantisipasi hal ini agar bisnis kredit pakaian Anda lancar dan berkembang. Berlakulah tegas jika Anda tidak mau rugi. Untuk mempromosikan bisnis Anda, Anda bisa memberikan penawaran harga tertentu dengan batas waktu pelunasan yang lebih singkat.

Itulah beberapa tips memulai bisnis kredit pakaian yang bisa Anda lakukan, good luck!

nanda f gustian
Melirik Peluang Usaha Gorengan yang Menggiurkan

Melirik Peluang Usaha Gorengan yang Menggiurkan. Apakah Anda termasuk penggemar gorengan? Berbagai jenis gorengan tentu sudah sangat familiar dalam kehidupan kita sehari-hari. Mulai tempe mendoan, tahu isi, bakwan jagung, pisang goreng, pisang aroma, dan lain-lain yang sangat enak disajikan ketika masih hangat. Peluang usaha gorengan mungkin masih dianggap kurang menjanjikan dan yang pasti kurang prestise, tapi setiap usaha yang ditekuni dengan kesungguhan pasti akan memberikan hasil yang prestise.

Mengapa harus jualan gorengan? Karena masyarakat kita sudah sejak dulu merupakan penikmat gorengan, dan camilan ini penggemarnya ada di mana-mana, jadi sampai kapanpun usaha gorengan akan tetap eksis dan semakin berkembang. Jika Anda memiliki jiwa wirausaha dan merasa tertantang untuk mengembangkan usaha gorengan ini, maka berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam menjalankan usaha Anda:

1. Modal
Setiap jenis usaha tentu membutuhkan modal, tak terkecuali dengan usaha gorengan ini.Modal awal dalam usaha gorengan bisa mencakup modal untuk menyewa tempat usaha, modal operasional seperti bahan baku yang digunakan untuk menghasilkan gorengan seperti tepung terigu, tahu, tempe, sayuran untuk isian tahu, pisang kapok, bumbu, dan minyak goreng. Modal perlengkapan masak seperti penggorengan, kompor dan gas, peralatan masak dsb. Modal, skill dan keterampilan memasak juga sangat penting untuk menghasilkan gorengan dengan citarasa bumbu yang pas dan tampilan gorengan yang menarik dan tidak gosong.

2. Pemilihan lokasi usaha yang strategis
Lokasi yang strategis dan akses jalan yang mudah menuju tempat usaha Anda merupakan aspek penting yang akan sangat menentukan perkembangan usaha gorengan Anda. Anda bisa memilih berapa lokasi strategis seperti lokasi di dekat sekolah atau kampus, perkantoran, pusat perbelanjaan, dekat Rumah Sakit, atau pinggir jalan raya.

3. Inovasi produk
Anda bisa mengembangkan usaha gorengan dengan menerapkan konsep yang unik dan inovatif dalam usaha Anda. Karena produk yang berbeda akan menjadi daya tarik tersendiri bagi usaha Anda. Inovasi produk pada gorengan juga sangat penting, agar usaha gorengan Anda berbeda dengan yang lain, misalnya tahu isi yang isiannya dengan variasi isian yang berbeda, atau isian yang sudah ada bumbu pedasnya, bakwan jagung dengan variasi irisan sosis, jamur, atau kembang kol di dalamnya, pisang aroma yang berlapis coklat dsb sehingga konsumen pun tertarik untuk mencoba. Dan Anda pun bisa menyesuaikan harga dari masing-masing gorengan menurut variasi rasa yang ditawarkan.

Melirik Peluang Usaha Gorengan yang Menggiurkan

4. Rekrutmen Karyawan
Jika Anda tidak mau repot tidak ada salahnya jika Anda meminta bantuan atau mempekerjakan orang lain didalam bisnis gorengan. Rekrutmen karyawan bisa Anda lakukan dengan menerapkan karakteristik tertentu seperti menetapkan syarat disiplin dan pekerja keras bagi kandidat yang ingin bekerja di tempat Anda.

5. Marketing dan Promosi
Usaha gorengan yang baru Anda rintis tentunya membutuhkan promosi yang bagus agar dikenal oleh masyarakat luas, selain juga marketing yang tepat dan fokus pada pengembangan usaha gorengan ini. Anda bisa memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan usaha gorengan Anda, jangan salah gorengan Anda pun bisa naik class jika gorengan yang Anda jual memang berkualitas dan istimimewa, lain dari yang lain
Anda bisa juga membuka layanan delivery dalam jumlah yang banyak untuk memudahkan pelanggan atau konsumen yang ingin menikmati gorengan Anda tanpa harus datang ke tempat usaha Anda. Penting juga dalam hal pelayanan kepada konsumem untuk selalu bersikap ramah serta menjaga kebersihkan gorengan Anda sehingga konsumen pun nyaman ketika membeli di tempat Anda dan akan kembali untuk membeli lagi lain hari.

6. Jeli Melihat Peluang
Ditengah-tengah keramaian kota sampai di pelosok daerah pasti Anda selalu bertemu gorengan, karena dalam bisnis gorengan pastinya Anda mempunyai banyak pesaing maka Anda harus jeli dalam melihat peluang. Seperti menjaga kualitas bahan baku dalam gorengan dan menjaga kebersihan gorengan itu sendiri merupakan peluang untuk Anda karena dengan begitu Anda menjaga kepercayaan konsumen untuk membeli gorengan di tempat Anda. Bahkan bisa juga Anda membuka penawaran untuk acara besar di kantor bahkan di masyarakat sekitar tempat Anda menjajakan gorengan Anda.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam membangun usaha gorengan Anda, semoga bermanfaat.

nanda f gustian
Tips Meraih Sukses Bisnis Sablon


Tips Meraih Sukses Bisnis Sablon
Mesin Sablon Digital
Sablon Digital
Apakah Anda termasuk orang yang menyukai hal-hal yang berhubungan dengan gambar atau desain? Dan Anda merasa menemukan kepusan dalam hoby Anda tersebut. Jika ya, maka tidak ada salahnya Anda mengembangkan hobi Anda dengan mencoba peluang bisnis sablon sebagai alternatif yang bisa Anda pilih sebagai bisnis yang menguntungkan.

Terlebih jika Anda mahir dalam menggunakan aplikasi desain seperti corel dan photoshop tanpa harus meminta orang lain untuk mengdesain gambar sesuai imajinasi Anda, maka bisnis sablon ini bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. Langkah awal yang bisa Anda persiapkan untuk mengembangkan bisnis sablon adalah sebuah komputer, printer, mesin sablon digital, sebagai modal utama bagi Anda yang ingin merintis bisnis sablon ini. Bisnis sablon beragam dan bisa meliputi beberapa segmen pasar tujuan tertentu seperti logo, kemasan produk, souvenir, fashion dsb.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam bisnis sablon yang sedang Anda rintis: 
    Alat Sablon Label Produk
    Sablon Label Produk
  • Jeli mengenali situasi dan target pasar 
Anda harus jeli mengenali situasi pasar terlebih dahulu sebelum memulai bisnis sablon ini. Jika sudah ada bisnis serupa di tempat Anda, maka Anda harus bisa menciptakan bisnis sablon yang berbeda dari bisnis sablon yang telah ada atau menawarkan harga yang lebih murah tetapi kualitas sama. Penting juga untuk menentukan spesifikasi dari bisnis sablon Anda, seperti produk apa yang akan Anda tawarkan kepada konsumen, apakah sablon t-shirt, kemasan produk, souvenir atau yang lain.
Menentukan Lokasi Usaha yang strategis

Pemilihan lokasi bisnis yang strategis sangatlah penting untuk mengembangkan bisnis sablon Anda. Usahakan untuk memilih lokasi bisnis yang mudah diakses oleh publik seperti dekat perkantoran, sekolah, kampus maupun pusat perbelanjaan atau pinggir jalan raya. Namun jika kebetulan modal Anda terbatas untuk menyewa tempat usaha, maka Anda bisa menjalankan bisnis sablon ini Anda di rumah Anda sendiri, dengan catatan Anda tetap aktif dalam mempromosikan usaha Anda secara online maupun offline.
Meningkatkan skill
Cetak Sablon Manual
Cetak Sablon Manual
Bisnis sablon sangat membutuhkan kreatifitas yang tinggi sehingga Anda harus berusaha tetap kreatif agar hasil desain tidak monoton. Anda bisa meningkatkan pengetahuan dan skill Anda dalam bidang sablon dengan membaca referensi dari berbagai sumber baik itu buku maupun dari internet. Anda juga bisa melihat tutorial sablon dari internet yang bisa menambah skill Anda dalam mendesain produk yang unik, inovatif dan berkualitas demi menjaga kepercayaan konsumen. Skill yang Anda miliki harus selalu diasah sehingga Anda mampu menghasilkan desain yang unik dan inovatif sehingga menarik konsumen untuk menggunakan jasa sablon Anda.
Mempertahankan dan meningkatkan kualitas
Sablon T-Shirt
Untuk menjaga kepercayaan konsumen, sebaiknya Anda tetap menjaga kualitas dari jasa sablon Anda, Anda bisa mempertahankan kualitas yang ada atau meningkatkan kualitas demi menjaga kepercayaan konsumen. Awal Anda membuka bisnis sablon dengan secara manual dan seiring berjalannya waktu dengan omset yang bagus Anda bisa membeli alat sablon digital untuk meningkatkan kualitas sablon.
Marketing dan promosi

Salah satu cara untuk mengembangkan bisnis sablon adalah dengan strategi marketing dan promosi yang tepat, sehingga bisnis sablon Anda dikenal oleh masyarakat luas. Anda bisa melakukan promosi dengan memasang iklan di media cetak, radio, atau media sosial. Selain itu Anda juga menjalin kerjasama dengan berbagai elemen masyarakat yang akan melakukan suatu event tertentu yang kemungkinan besar membutuhkan jasa Anda. Salah satu strategi marketing yang bisa Anda lakukan adalah memberikan penawaran harga yang kompetitif namun tetap memberikan kualitas yang terbaik, agar bisnis sablon Anda tetap eksis di tengah persaingan.


Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam mengembangkan bisnis sablon Anda dan semoga Anda mempunyai gambaran yang jelas mengenai bisnis ini dan termotivasi untuk menjalankan bisnis sablon Anda secara maksimal. Semoga bermanfaat.

Unknown
5 Trik Sukses Bisnis Biro Wisata


5 Trik Sukses Bisnis Biro Wisata


5 Trik Sukses Bisnis Biro Wisata


Wisata memang memberikan banyak kebahagiaan, baik untuk wisatawan ataupun biro perjalanan yang mengatur jadwal para turis selama wisata. Sudah bukan rahasia lagi jika negeri ini menawarkan begitu banyak pesona wisata dari mulai wisata alam, wisata belanja sampai wisata kuliner yang menarik untuk dikunjungi. Setiap pulau yang dimiliki Indonesia mempunyai surganya sendiri seperti misalnya Bali yang kaya akan pantai indah dan budaya adatnya.

Hal itulah yang biasa digunakan sebagai bahan pertimbangan seseorang untuk memulai usaha biro wisata. Peluang bisnis biro wisata memang sangat terbuka karena banyak wisatawan yang lebih memilih menggunakan biro perjalanan daripada melakukan perjalanan sendiri.

Keuntungan usaha yang satu ini biasanya akan berlibat ganda ketika musim liburan, akhir tahun, lebaran, ataupun akhir pekan karena di waktu-waktu tersebut banyak orang ingin menyegarkan tubuh dan otak dari rutinitas harian. Tidak hanya permintaan wisata dalam negeri saja tapi juga tour ke luar negeri. Oleh karena itu, jika anda berencana untuk memulai bisnis dibidang ini sebaiknya segera mengambil langkah tepat untuk mewujudkan rencana anda tersebut.

Namun, memulai usaha dari titik nol memang bukan hal yang mudah karena sebelum keberhasilan datang kepada anda, kegagalan akan lebih dulu menghampiri bisnis yang anda rintis. Untuk meminimalkan peluang terjadinya kegagalan dalam usaha anda, coba terapkan beberapa tips yang akan dibahas di bawah ini.

1. Menjalin kerjasama yang baik

Ketika bisnis biro perjalanan adalah pilihan anda untuk memulai usaha. Anda sudah harus mengetahui dan memahami jika biro anda membutuhkan kerjasama dengan beberapa usaha yang bergerak di bidang pariwisata untuk mendukung kesuksesan bisnis yang akan dirintis. Kerjasama dengan beberapa hotel, villa, ataupun tempat penginapan yang dekat dengan daerah wisata yang nantinya akan dituju merupakan suatu keharusan.

Selain itu, anda juga perlu melakukan kerjasama dengan pusat pembelian oleh-oleh, restoran atau rumah makan, pusat souvenir kerajinan khas daerah, dan tempat wisata itu sendiri. Keuntungan yang akan didapat ketika anda berhasil menjalin kerjasama dengan tempat-tempat tersebut adalah memperoleh potongan harga. Oleh karena itu, kualitas kerjasama yang dilakukan akan sangat mempengaruhi jumlah uang yang akan masuk ke perusahaan anda.

2. Memiliki transportasi sendiri

Menawarkan bisnis jasa perjalanan wisata kepada para wisatawan, hal selanjutnya yang harus anda pertimbangkan adalah mengenai transportasi yang dibutuhkan untuk perjalanan. Sebagai biro jasa wisata sebaiknya anda memiliki transportasi sendiri karena akan lebih banyak keuntungan yang akan didapat dibandingkan harus menyewa bus. Berikut adalah beberapa alasan yang bisa menjadi pertimbangan mengapa perlu mempunyai armada bus sendiri:
  • jika anda menyewa bus tentu perlu mengeluarkan biaya untuk sewa yang mengurangi keuntungan. 
  • ketika memiliki armada bus sendiri, hal itu dapat menjadi satu poin plus bagi biro jasa anda dibandingkan biro jasa lain. Karena biasanya wisatawan akan lebih memilih biro jasa wisata yang memiliki bus sendiri karena alasan kenyamanan.
  • Banyak dari wisatawan menyakini jika biro yang memiliki armada bus sendiri akan menjamin kenyamanan perjalanan mereka karena pihak biro pasti mengerti benar tentang kondisi bus miliknya. Sehingga akan meminimalkan kemungkinan mogok saat perjalanan. 
3. Buat dan tawarkan paket perjalanan menarik

5 Trik Sukses Bisnis Biro Wisata

Sebagai orang baru di bisnis biro wisata anda perlu memikirkan cara untuk menarik hati wisatawan atau sering disebut promosi untuk mendapat pelanggan. Salah satu promosi yang bisa anda coba adalah dengan memberikan promo, diskon, atau paket tour murah daripada biro lainnya tapi tetap dengan fasilitas dan isi liburan yang nyaman tentunya.

Keberhasilan promosi yang dilakukan akan sangat mempengaruhi pemasukan perusahaan. Semakin menarik paket yang anda tawarkan, kesempatan untuk mendapatkan banyak wisatawan akan semakin besar. Mengenai paket wisata apa saja yang perlu dibuat, anda harus menyesuaikannya dengan permintaan pasar sekarang ini.

4. Lakukan pemasaran yang luas 

Pemasaran usaha dengan lingkup yang lebih luas akan mempercepat perkembangan perusahaan biro wisata anda. Seperti yang tentunya sudah anda ketahui jika tempat wisata menarik tidak hanya ada di dalam negeri saja. Ada banyak tempat wisata yang tersebar di negara-negar lain yang sangat diminati wisatawan. Oleh karena itu untuk mencapai kesuksesan dalam menjalankan usaha yang satu ini tidak ada salahnya anda juga memasarkan layanan jasa wisata anda ini kepada wisatawan luar negeri.

Salah satu media yang bisa anda manfaatkan untuk melakukan pemasaran tersebut adalah internet. Cara ini sangat efektif karena dalam beberapa menit saja, internet bisa menginformasikan paket wisata menarik dari biro anda sampai ke benua lain seperti Amerika, Eropa dll. 

5. Memilih sumber daya manusia


Dalam menjalankan sebuah bisnis, anda tidak mungkin menjalankannya seorang diri. Anda membutuhkan karyawan untuk melakukan pemasaran, pemandu, supir, administrasi dll. Pastikan anda memilih tenaga kerja dari bidangnya atau minimal mengerti dunia wisata untuk mengisi posisi kosong dalam perusahaan karena akan memudahkan Anda juga. Jangan lupa jika anda memutuskan untuk melayani perjalanan ke negara lain tentu anda membutuhkan pemandu yang lancar berbahasa asing atau menguasai lebih dari 2 bahasa.

Itulah kelima tips yang bisa anda terapkan saat memulai bisnis biro jasa perjalanan wisata. Meskipun sudah banyak orang yang menggeluti bisnis yang sama bukan berarti tidak ada peluang untuk sukses di bisnis tersebut.


Pada intinya hal pertama yang harus benar-benar Anda persiapkan adalah mental untuk menghadapi kesulitan, kegagalan, ataupun persaingan yang ketat antar sesama biro wisata. Tidak cukup hanya mental saja tetapi juga modal yang besar. Terus belajar kepada orang-orang yang sudah lebih dulu sukses dalam bidang jasa wisata dan menerapkannya pada bisnis Anda sendiri.

Unknown
Tips Sederhana Memulai Bisnis Reseller Toko Online


Tips Sederhana Memulai Bisnis Reseller Toko Online

Tips Sederhana Memulai Bisnis Reseller Toko Online

Bisnis reseller di toko online saat ini semakin berkembang seiring dengan kemajuan teknologi internet yang memungkinkan masyarakat berbelanja secara online dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan. Reseller merupakan sebuah istilah yang sering diartikan sebagai kegiatan menjual kembali suatu produk oleh penjual setelah penjual tersebut membelinya.

Kebanyakan orang masih salah kaprah tentang pengertian reseller karena beranggapan bahwa reseller itu akan menjadi media untuk jualan, karena faktanya kebanyakan orang membeli produk dari suatu website dan mempromosikan url website tersebut dengan harapan mendapat komisi.

Saat ini banyak banyak toko online yang menawarkan program reseller yang memberikan kemudahan bagi siapa saja yang ingin menekuni bisnis ini. Jika Anda salah satu orang yang ingin berwirausaha dalam bisnis reseller ini, maka berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam memulai bisnis Anda:
Mempelajari dengan seksama produk yang akan Anda dijual

Sebaiknya Anda mempelajari terlebih dahulu produk apa yang akan dijual sebelum memutuskan menjadi reseller, dengan pemahaman dan mengerti produk atau barang yang akan dijual, maka bisa lebih memudahkan Anda dalam mempromosikan produk Anda kepada konsumen di internet, terutama mengenai spesifikasi produk.
Melakukan riset market dan produk

Tujuan dari riset market dan produk adalah untuk membuat Anda mengetahui dan memahami bagaimana menentukan target pasar yang akan Anda tuju, sebagai contoh adalah ketika Anda memilih produk yang banyak peminatnya hal ini akan berpengaruh terhadap harga jual produk tersebut, tetapi kebanyakan konsumen lebih memilih produk yang sama dengan harga lebih murah.
Jangan pernah takut gagal

Setiap usaha atau bisnis pasti pernah mengalami hambatan di awal usahanya, bahkan tak jarang yang mengalami kegagalan. Anda harus bisa belajar dari kesalahan dan kegagalan Anda sebelumnya, jadikan kegagalan tersebut sebagai motivasi bisnis Anda sehingga menjadi lebih kuat, maju dan meningkat dari waktu ke waktu. Jangan pernah takut untuk gagal, karena sejatinya kegagalan itu merupakan cambuk yang akan memacu kita menuju pada kesuksesan.
Fokus memasarkan satu produk saja

Sebaiknya Anda fokus dan hanya menjual satu produk saja, misalnya jika Anda sudah menentukan untuk menjual produk kesehatan, maka sebaiknya Anda tidak mencampurnya dengan produk yang lain seperti produk fashion atau produk olahraga. Tidak adanya spesifikasi khusus dalam produk yang Anda tawarkan akan membingungkan pengunjung market online.

Ketika Anda mengembangkan website yang berbeda sebagai upaya untuk melebarkan bisnis Anda, maka sebaiknya produk yang Anda tawarkan adalah produk yang sama walaupun websitenya berbeda. Karena hal ini akan memudahkan pengunjung dalam mengingat produk yang Anda jual.
Aktif di media sosial

Media sosial sangat efektif digunakan dalam bisnis reseller toko online ini. Dengan aktif di media sosial, maka Anda bisa menawarkan produk yang Anda jual melalui jejaring sosial. Anda bisa membentuk grup untuk memudahkan penjualan produk Anda kepada konsumen. Anda bisa membangun jaringan marketing yang luas melalui media sosial sehingga produk Anda pun bisa dikenal oleh masyarakat luas. Melalui media sosial Anda juga bisa mempromosikan produk Anda secara inovatif agar menarik minat konsumen pada produk yang Anda tawarkan.


Semoga tips sederhana mengenai cara mengembangkan bisnis reseller toko online ini bisa bermanfaat dan memotivasi dalam mencermati peluang bisnis yang ada. Selamat berbisnis, semoga sukses.

Unknown
Tips Memulai Bisnis Laundry

Tips Memulai Bisnis Laundry. Musim penghujan yang panjang ditambah masyarakat yang menyukai hal-hal yang praktis membuat peluang usaha laundry masih cukup menjanjikan sampai saat ini, meskipun bisnis ini tampaknya semakin menjamur dan menunjukkan adanya persaingan yang tidak bisa dianggap enteng, karena hampir di setiap tempat berdiri usaha laundry dengan berbagai penawaran yang menarik. Jasa laundry memang selalu dicari, apalagi bagi para pekerja atau mahasiswa yang tidak memiliki waktu luang untuk mencuci baju sendiri. Laundry menjadi satu-satunya solusi bagi mereka untuk menghemat waktu dan tenaga. Peluang usaha laundry ini sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Jika Anda berniat menggeluti usaha laundry ini maka sebaiknya Anda mengetahui tips memulai bisnis laundry yang tepat agar usaha Anda maju dan berkembang sehingga bisa memenangkan persaingan bisnis.
Berikut ini adalah tips memulai bisnis laundry yang bisa Anda lakukan ketika ingin menjalani usaha laundry :

1. Modal
Modal dalam usaha laundry bisa terbagi dalam beberapa bagian seperti modal bahan misalnya detergen, pewangi dan pelembut pakaian, perlengkapan usaha seperti mesin cuci, mesin pengering, hanger, setrika, plastik untuk mengemas, nota dan jangan lupa juga untuk mempersiapkan modal untuk hal-hal mendadak. Maka dari itu untuk memulai suatu bisnis apapun itu harus dipastikan bahwa Anda memiliki modal yang sangat matang, jangan sampai bisnis Anda berhenti ditengah jalan!

2. Manajemen yang Tepat
Selain modal, manajemen bisnis Anda harus tertata agar usaha yang Anda geluti tetap berjalan lancer. Tentu saja dengan manajemen keuangan yang rapi tertata dan tepat maka usaha laundry Anda akan memperoleh keuntungan yang maksimal. Dalam menetapkan harga Anda harus mempertimbangkan dan memperhatikan dimana Anda membuka bisnis Anda. Contohnya jika Anda membuka didekat kampus, banyak mahasiswa/i yang bertempat tinggal disekitaran kampus maka Anda harus menyesuaikan dengan harga mahasiswa atau pelajar.

Tips Memulai Bisnis Laundry

3. Memilih Lokasi Usaha
Usahakan untuk memilih lokasi yang mudah diakses oleh masyarakat banyak dan dekat dengan pusat keramaian, karena hal ini akan lebih mempermudah usaha Anda untuk tetap terlihat dan menguntungkan. Anda bisa memilih lokasi yang strategis sebagai salah satu cara mengembangkan usaha laundry Anda, seperti lokasi yang padat penduduk, dekat dengan rumah sakit, kos-kosan mahasiswa atau karyawan, hotel, serta pinggir jalan raya.

4. Rekrutmen Karyawan
Rekrutmen karyawan bertujuan agar usaha Anda semakin maju dan berkembang, dengan harapan semakin banyak karyawan yang bekerja maka semakin cepat pekerjaan yang bisa diselesaikan seperti mencuci dan setrika. Usahakan untuk memilih karyawan dengan karakteristik pekerja keras, rajin, disiplin, sopan dan jujur.
Dengan karakter karyawan yang disiplin dan rajin maka penyelesaian pekerjaan bisa cepat sesuai dengan yang diharapkan tapi dengan merekrut karyawan bukan berarti Anda tidak terjun dalam bisnis Anda, ada baiknya jika Anda ikut bekerja dalam bisnis Anda karena itu juga akan mempermudah Anda mengontrol bisnis Anda.

5. Marketing, Pelayanan dan Promosi
Semua bisnis yang baru dijalani tentu saja perlu pengenalan, bagaimana cara pengenalan bisnis itu sendiri kepada masyarakat? Agar bisnis Anda dikenal oleh masyarakat sekitar, maka dikenal lah marketing dan promosi. Strategi marketing dan promosi yang tepat akan meningkatkan jumlah konsumen jasa laundry Anda. Usahakan untuk mempromosikan usaha laundry Anda secara menarik sehingga bisa membuat konsumen tertarik untuk menggunakan jasa laundry di tempat Anda.

Anda bisa menggunakan selebaran pamflet, atau memasang iklan di koran. Anda bisa juga membuka layanan jemput antar jarak dekat untuk memudahkan konsumen dalam menggunakan jasa laundry Anda. Dalam hal pelayanan maka Anda harus selalu menunjukkan sikap ramah kepada konsumen dan selalu menjaga kualitas layanan usaha laundry Anda, sepert tepat waktu dan teliti, jangan sampai ada pakaian yang tercampur, tertukar dengan milik konsumen yang lain atau bahkan sampai luntur, karena itu sangat berpengaruh terhadap kepercayaan konsumen.

Yang tidak kalah penting adalah kejujuran, yaitu selalu bersikap jujur ketika menemukan benda berharga di kantong pakaian milik konsumen, yaitu dengan mengembalikannya pada konsumen. Selain itu Anda juga bisa menawarkan kerjasama dengan hotel di sekitar lokasi usaha Anda sehingga bisa secara kontinyu menggunakan jasa laundry Anda. Berikan juga penawaran laundry secara kilat atau langsung kering dengan harga yang berbeda tentunya.

Itulah beberapa tips memulai bisnis laundry yang bisa Anda coba, semoga bermanfaat.

nanda f gustian
Tips Menggeluti Bisnis Restoran Bagi Pemula

Tips Menggeluti Bisnis Restoran Bagi Pemula. Jika Anda merupakan karyawan abadi yang sepertinya sudah merasa jenuh menjalani pekerjaan dan rutinitas Anda yang itu-itu saja, mulai terpikir untuk membuka usaha sendiri dimana andalah bosnya? mungkin anda bisa mencoba bisnis kuliner seperti restoran yang prospeknya cukup menggiurkan.

Mengapa harus restoran? Karena pada dasarnya kebutuhan pokok manusia itu adalah makan, jadi sampai kapanpun bisnis kuliner seperti restoran akan semakin berkembang dan tetap eksis. Tentu saja ada beberapa cara mengembangkan bisnis restoran, terutama bagi Anda yang belum pernah menggeluti bidang ini sebelumnya.

Anda bisa menerapkan tips berikut ini untuk memulai bisnis restoran Anda:

1. Modal
Setiap usaha pasti membutuhkan modal, demikian juga dengan bisnis restoran ini. Persiapan modal yang matang tentu sangat diperlukan dalam membuka bisnis restoran ini. Karena modal ini akan digunakan untuk membangun atau menyewa tempat usaha, untuk biaya operasional restoran, dan modal operasional selama tiga bulan pertama seperti biaya training karyawan.

2. Pemilihan lokasi yang strategis
Pemilihan lokasi usaha yang strategis merupakan aspek penting yang sangat menentukan perkembangan bisnis restoran yang sedang Anda rintis. Beberapa lokasi strategis yang bisa Anda pilih antara lain lokasi di dekat perkantoran, pusat perbelanjaan, tempat wisata, maupun pinggir jalan raya.

3. Tersedia lahan parkir
Selain pemilihan lokasi yang strategis, Anda juga jangan lupa untuk menyediakan lahan parkir. Banyak restoran atau bahkan caffe tempat nongkrong yang tidak tersedia lahan parkir, ini akan berpengaruh pada bisnis restoran Anda. Mungkin tidak hanya 1-2 orang yang membawa kendaraan mereka untuk mampir makan di restoran Anda, jika tidak ada lahan parkir yang cukup untuk kendaraan mereka maka mereka akan enggan untuk mengunjungi restoran Anda.

4. Konsep restoran yang beda dan unik
Salah satu cara mengembangkan bisnis restoran adalah dengan menerapkan konsep berbeda yang unik dalam bisnis restoran Anda. Karena hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi usaha Anda. Tema atau konsep lain dari yang lain akan lebih diingat daripada konsep yang biasa-biasa saja. Seperti misalnya pemilihan desain interior yang unik, nama restoran yang unik, pemilihan menu makanan yang unik maupun fasilitas yang ditawarkan, seperti frew Wifi, smooking area, ruang meeting dsb.

Tips Menggeluti Bisnis Restoran Bagi Pemula


5. Membuat S.O.P
S.O.P diperlukan untuk menentukan standar perusahaan dalam kegiatan operasional bisnis, seperti cara kerja setiap departemen, tata cara penyajian, administrasi dan keuangan yang sudah diatur secara jelas dan terstandar. Dengan demikian bisa melancarkan setiap kegiatan bisnis dan operasional restoran itu sendiri.

6. Rekrutmen manajemen dan karyawan
Peran manajemen akan sangat membantu Anda dalam menjalankan bisnis restoran ini selain juga beberapa staf service maupun crew kitchen. Usahakan untuk memilih karyawan yang berpengalaman dengan karakter disiplin, rajin dan pekerja keras. Selain itu pekerja atau karyawan di restoran tentu harus ramah, tidak bau badan dan cekatan. Jika tidak, maka konsumen akan punya kesan yang buruk saat berkunjung ke restoran Anda.

7. Membuat inovasi menu yang unik dan bervariasi
Pemilihan menu pun akan sangat berpengaruh dalam usaha restoran yang sedang Anda rintis. Menu yang unik dengan cita rasa yang khas bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi restoran Anda, tentu saja harus diimbangi harga yang kompetitif agar menarik masyarakat. Selain unik, variasi jenis makanan dan minuman juga penting dalam usaha restoran, karena konsumen bisa lebih leluasa dalam memilih menu yang sesuai selera lidahnya masing-masing.

8. Marketing dan promosi yang menarik
Restoran yang baru Anda rintis tentunya membutuhkan promosi yang menarik agar dikenal oleh masyarakat luas, selain juga marketing yang tepat dan fokus pada pengembangan bisnis ini. Beberapa trik promosi yang bisa dilakukan misalnya pemasangan iklan di radio, media massa, media sosial, pamflet atau brosur, penawaran discount selama grand opening, maupun voucher makan gratis dengan syarat dan ketentuan tertentu. Anda juga bisa menawarkan fasilitas delivery bagi mesyarakat, sehingga memudahkan mereka untuk menikmati menu yang ada di restoran anda tanpa harus datang ke restoran Anda.

9. Pembuatan ijin usaha
Ijin usaha dalam setiap bisnis khususnya bisnis restoran ini sangatlah penting, karena berkaitan erat dengan pajak yang harus dikeluarkan dan juga demi keamanan dan kenyamanan selama menjalankan usaha.

Itulah beberapa tips mengembangkan bisnis restoran yang bisa Anda terapkan dalam menjalankan bisnis restoran Anda. Semoga bermanfaat.

Unknown Minggu, 07 Juni 2015