Pentingnya Strategi Marketing dan Sales dalam Bisnis

Pentingnya Strategi Marketing dan Sales dalam Bisnis. Dalam masyarakat kita seringkali beranggapan bahwa marketing dan sales adalah satu hal yang sama, karena sama-sama bentuk menjual barang atau jasa kepada konsumen. Secara umum marketing dapat didefinisikan sebagai proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan memberikan informasi mengenai produk barang atau jasa dalam hal yang berkaitan dengan memuaskan kebutuhan atau keinginan konsumen. Sedangkan sales dapat diartikan sebagai bentuk kegiatan yang hanya fokus pada menjual produk saja dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan produk saja. Berdasarkan hal tersebut maka dapat dilihat bahwa proses marketing lebih panjang dan kompleks jika dibandingkan dengan proses sales. Karena proses marketing dimulai dari desain produk, penetapan harga, penyusunan strategi promosi, dan jalur distribusi sedangkan sales hanyalah satu bagian dari promosi sehingga tidak memperhatikan faktor lain yang menunjang pemasaran.

Dalam kegiatan bisnis strategi marketing dan sales berbeda lingkupnya, karena strategi marketing selalu menjaga brand image produk yang ditawarkan sehingga konsumen memutuskan untuk membeli suatu produk karena sudah mengetahui kualitas produk dan image produk tersebut. Sedangkan sales adalah mereka yang tidak mementingkan menjaga brand image suatu produk yang dijual karena yang terpenting dari sales adalah menawarkan produk kepada pasar konsumen dengan cara memberikan informasi mengenai kelebihan produk tersebut dan target penjualan pun tercapai.

Meski demikian dalam proses marketing di perusahaan, strategi marketing dan sales saling berhubungan satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan. Karena perusahaan tidak akan berhasil memenangkan persaingan bisnis dan meningkatkan penjualan produk, jika hanya mengandalkan marketing, begitupun sebaliknya sales tidak akan tercipta dengan baik tanpa didukung strategi marketing yang baik dan tepat. Setiap perusahaan bisa melakukan penjualan namun belum tentu setiap perusahaan mampu merencanakan strategi marketing yang dapat memuaskan kebutuhan konsumen.

Berikut ini adalah beberapa strategi marketing dan sales yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk memenangkan persaingan bisnis :

Produk
Produk yang akan dijual adalah produk yang dibutuhkan, untuk itu perlu adanya riset pasar untuk mengetahui kebutuhan konsumen. Penting juga untuk memperhatikan kemasan produk yang menarik agar konsumen tertarik dan akhirnya membeli produk tersebut. Kualitas produk pun harus selalu dipertahankan untuk menjaga kepercayaan konsumen. Jangan lupa product knowledge, karena jika kita tidak tau kualitas tentang produk yang kita jual maka kita akan susah untuk membuat konsumen tertarik.

Mengenali target pasar
Dengan mengenali target pasar maka hal itu akan menunjang penjualan yang tepat sasaran sehingga waktu dan biaya yang dikeluarkan tidak sia-sia.

Lokasi yang strategis
Lokasi yang strategis dan mudah diakses akan memudahkan proses pendistribusian produk kepada konsumrn, sehingga memudahkan konsumen dalam mencari produk barang atau jasa yang dibutuhkan.

Pentingnya Strategi Marketing dan Sales dalam Bisnis

Saluran distribusi yang baik
Saluran distribusi yang baik dibutuhkan untuk mendistribusikan produk barang yang ditawarkan agar bisa menjangkau konsumen di berbagai tempat. Untuk itu diperlukan adanya agen yang ada di barbagai tempat sehingga konsumen dapat memperoleh produk yang diinginkan dengan mudah kapanpun dan di manapun. Keberadaan agen juga diperlukan dalam saluran distribusi produk jasa, seperti misalnya jasa pengiriman barang.

Promosi
Memilih strategi promosi yang tepat sangat diperlukan untuk mengenalkan suatu produk barang atau jasa dari perusahaan kepada masyarakat. Promosi bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti iklan di berbagai media, brosur, pamflet, sosial media. Promosi tersebut bertujuan untuk mengenalkan produk agar diminati oleh konsumen, maka buatlah promosi yang unik dan menarik agar konsumenpun terbujuk untuk membeli produk tersebut. Selain itu juga bisa menawarka discount atau voucher dengan syarat dan ketentuan yang berlaku untuk menarik minat konsumen.

Itulah beberapa strategi marketing dan sales yang bisa diterapkan dalam bisnis, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar