Kiat Jitu Membangun Bisnis Rental Mobil

Kiat Jitu Membangun Bisnis Rental Mobil. Anda bosan menjadi pegawai biasa dan ingin coba terjun ke dunia bisnis? Atau Anda bingung ingin menjalankan bisnis apa? Bisnis rental mobil ternyata dianggap sebagai salah satu bisnis yang cukup menjanjikan sampai saat ini, walaupun keberadaannya sudah semakin menjamur di berbagai tempat namun semakin banyak pula orang yang membutuhkan jasa rental mobil. Jika Anda ingin mencoba peruntungan Anda dalam bisnis ini, maka sebaiknya Anda memahami bagaimana cara mengembangkan bisnis rental mobil supaya mendapatkan hasil yang menguntungkan dan tetap eksis ditengah persaingan bisnis yang semakin ketat.

Secara umum kegiatan bisnis rental mobil ini adalah menyewakan mobil kepada konsumen dalam periode waktu tertentu, mulai per 12 jam, 24 jam, harian, mingguan bahkan mungkin bulanan sesuai permintaan konsumen. Berikut ini adalah kiat-kiat yang bisa Anda coba dalam membangun bisnis rental mobil :

1. Tempat Usaha yang Strategis
Pemilihan tempat yang strategis untuk membuka usaha rental mobil ini akan menunjang perkembangan bisnis Anda, seperti di Pusat atau Pinggir kota, lokasi yang dekat dengan Bandar Udara ataupun Hotel bisa menjadi pilihan yang bagus sebagai tempat usaha Anda. Sebaiknya Anda memilih lokasi usaha yang luas untuk mengantisipasi jika armada mobil bertambah banyak.

2. Strategi Marketing yang Tepat
Dengan strategi marketing yang tepat, maka akan meningkatkan pangsa pasar pengguna jasa rental mobil Anda. Anda bisa melakukan promosi melalui iklan di koran, website, social media, ataupun brosur untuk mengenalkan bisnis rental mobil Anda ke masyarakat luas. Anda bisa membuat menu paket wisata kota maupun luar kota kepada konsumen dengan harga yang kompetitif, untuk menarik minat konsumen.

Strategi marketing lain yang bisa Anda lakukan adalah mengajukan proposal dan penawaran kerjasama dengan sebuah perusahaan atau hotel-hotel di kota Anda dalam bidang transportasi seperti aktifitas antar jemput tamu hotel dari bandara, maupun transportasi ke tempat wisata yang akan dikunjungi oleh tamu hotel tersebut.

Usahakan untuk mengajukan proposal semenarik dan sedetail mungkin termasuk masalah bagi hasil yang Anda tawarkan dalam kerjasama ini.

3. Rekrutmen Driver
Bisnis rental mobil tidak bisa terlepas dari peran seorang driver (supir). Banyak pengguna jasa rental mobil ingin menggunakan jasa driver karna mungkin perjalanan yang ditempuh cukup jauh, penyewa belum mahir dalam mengemudi, belum punya SIM atau faktor lainnya, maka peran driver dalam bisnis ini sangatlah penting, baik buruknya pelayanan driver akan berpengaruh terhadap reputasi bisnis rental mobil Anda.

Usahakan untuk merekrut driver dengan kriteria yang dapat menunjang operasional bisnis Anda, seperti pengalaman kerja sebagai driver dan SIM yang sesuai. Anda bisa menetapkan kriteria driver dengan karakter tertentu, seperti sopan, terampil mengemudi, berpenampilan rapi, memahami mesin mobil, megetahui jalan yang akan dilalui dan tidak ugal-ugalan dalam mengemudikan mobil.

4. Asuransi dan GPS
Tentu Anda tidak ingin mengalami kerugian dalam usaha yang Anda jalani, bukan? Untuk itu sebagai antisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda mengasuransikan mobil Anda. Pemasangan GPS juga mutlak diperlukan untuk setiap mobil yang Anda sewakan, sehingga mobil yang Anda sewakan lebih aman dan bisa selalu dipantau keberadaannya. Akan lebih aman jika Anda tidak menyewakan mobil tanpa driver, hal ini untuk menghindari terjadinya penggelapan mobil oleh konsumen.

Kiat Jitu Membangun Bisnis Rental Mobil

5. Surat Kontrak yang Jelas
Jika sebagian dari mobil yang Anda sewakan adalah mobil yang Anda kontrak dari pihak lain, maka sebaiknya Anda jeli dalam pembuatan surat kontrak, seperti harga kontrak dan berapa lama jangka waktu kontrak yang disepakati, maupun ketentuan lain yang disepakati kedua belah pihak.

6. Perawatan Mobil
Dalam bisnis ini tentu saja mobil yang Anda sewakan sangat memerlukan perawatan mesin demi keamanan dan kenyamanan selama berkendara karena mobil disewakan kepada orang yang berbeda-beda bahkan terkadang mobil digunakan dalam perjalanan jauh. Jangan pernah lupa untuk rutin melakukan check pada tekanan ban, oli mesin, air radiator, bahkan minyak rem mobil Anda atau Anda dapat memilih bengkel yang bias saja dijadikan langganan dalam perawatan mobil Anda dan bisa Anda jadikan solusi dalam menghemat biaya perawatan mobil, karena sudah ada rasa saling percaya dalam hal perawatan mobil.

Itulah beberapa kiat yang bisa Anda lakukan dalam mengembangkan bisnis rental mobil. Good luck!

0 komentar:

Posting Komentar