Persyaratan CPNS 2014 (Syarat pendaftaran CPNS terbaru)

Persyaratan CPNS 2014 (Syarat pendaftaran CPNS terbaru). Memang tak dapat dipungkiri jika profesi sebagai Pegawai Negeri Sipil atau yang dikenal sebagai PNS masih termasuk salah satu profesi yang masih populer dan memiliki daya tarik yang luar biasa besar untuk masyarakat. Hal tersebut semakin dikuatkan dengan fenomena membludaknya peserta test CPNS setiap kali digelarnya test lowongan CPNS.

Animo masyarakat yang besar setiap kali ada "info lowongan kerja CPNS" disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah karena profesi PNS dianggap masih memiliki banyak keuntungan. Berdasarkan survey yang diadakan oleh beberapa media kabar online, berikut adalah kelebihan menjadi PNS yang paling populer di masyarakat

Kelebihan menjadi PNS pegawai negeri sipil


1. Lebih aman
Sebagian masyarakat berpendapat jika menjadi PNS memberikan rasa aman dikarenakan mendapatkan gaji bulanan yang pasti. Dengan kepastian tersebut, akhirnya mereka yang menjadi pegawai negeri sipil bisa lebih bebas dalam mengajukan kredit-kredit tanpa rasa khawatir, seperti misalnya untuk mengajukan kartu kredit, mengambil kredit mobil, kredit motor, kredit rumah dan kredit-kredit lainnya.

2. Surat SK PNS
Surat keputusan pengangkatan PNS atau yang biasa disebut sebagai SK PNS dapat menjadi barang berharga yang bisa dibuat sebagai jaminan. Dengan demikian, maka seorang PNS dapat membeli berbagai kebutuhannya seperti hunian ataupun kendaraan dengan cara menjaminkan SK yang dimilikinya.

3. Gaji PNS lebih besar
Gaji PNS rata-rata lebih besar jika dibandingkan dengan pegawai swasta yang berada di level atau grade yang sama.

Persyaratan CPNS 2014 - Info CPNS


1. Jumlah pegawai pemerintah (PNS) yang dibutuhkan saat ini adalah sebanyak 65 ribu orang dengan komposisi sebanyak 35 ribu pegawai pemerintah dipekerjakan dengan perjanjian kerja (PPPK).

2. Terdapat 68 instansi pusat akan mendapatkan rekrutmen karyawan dengan komposisi 30 untuk ditempatkan di Kementerian/Lembaga, 29 di tempatkan di Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), 8 ditempatkan di SESNEG serta 2 lagi lembaga negara.

3. Terdapat sebanyak 418 instansi daerah (propinsi atau kabupaten dan kota) yang mendapatkan formasi.

4. 5% diantaranya dialokasikan untuk lintas disiplin ilmu.

5. System single entry menjadi sarana bagi para pendaftar untuk melakukan registrasi secara online.

6. 1 pelamar hanya diperbolehkan untuk memilih 1 instansi saja dengan 3 pilihan formasi.

7. Pendaftaran seleksi CPNS 2014 dilaksanakan pada bulan Agustus hingga September 2014.

8. Administrasi seperti Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Surat Keterangan Sehat, dan Kartu Tanda Pencari Kerja (Kartu Kuning) tidak lagi dibutuhkan pada tahap pendaftaran atau registrasi.

9. Saat melakukan pendaftaran, dibutuhkan Nama Lengkap, Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdapat pada KTP serta alamat email.

10. Tes CPNS 2014 terdiri atas beberapa tes, diantaranya adalah Tes Kompetensi Dasar (TKD) dengan materi test yang berupa Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB).

11. Pendaftar adalah Warga Negara Indonesia (WNI).

12. Memiliki ijazah SMA/SMK, Diploma adan Sarjana dengan acuan formasi sesuai dengan posisi yang dilamar.

13. Pelamar siap untuk ditempatkan di seluruh wilayah Republik Indonesia.

Ilustrasi tes CPNS
Ilustrasi: tes CPNS
Info selengkapnya dapat Anda lihat secara online melalui situs resmi di url berikut,
1. http://menpan.go.id/
2. http://forumptk.org/?p=1123 dan
3. https://e-cpns.kemlu.go.id/recruitment/informasi/penerimaan

Tri Haryadi Selasa, 23 September 2014
Tips dan cara membedakan toko online asli terpercaya dan toko online palsu

Meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia seakan menjadi salah satu alasan pemicu begitu banyaknya bisnis-bisnis yang "banting setir" dan mulai beralih ke pemasaran online. Beberapa usaha atau bisnis tersebut misalnya seperti jasa pembuatan website, agen pemasaran online atau yang dikenal sebagai digital agency, rental mobil hingga beraneka ragam toko online yang menjual berbagai macam produk seperti komputer, alat komunikasi, pakaian, tas wanita, aksesoris handphone dan sebagainya.

Banyaknya kemudahan yang ditawarkan pemilik bisnis online kepada konsumennya dalam bertransaksi juga tak bisa dipungkiri turut pula memberikan andil yang besar. Ditambah lagi dengan perilaku konsumen atau customer behavior di Indonesia yang cenderung gemar bersosialisasi kerap menjadi celah bagi pebisnis untuk mengembangkan bisnis onlinenya lebih cepat dan lebih efektif lagi.

Kegemaran bersosialisasi adalah tipikal dari konsumen di Indonesia yang dapat di konversi menjadi sebuah potensi keuntungan. Yaitu saat Anda berhasil mendapatkan hati dari konsumen Anda, maka mereka pun tak segan untuk mereferensikan produk yang dibelinya dari Anda kepada orang lain termasuk keluarga, teman maupun rekan bisnisnya.

Hal-hal tersebut diantara tentu saja menjadikan internet marketing seperti "lahan bisnis" yang menggiurkan. Meskipun demikian, pada kenyataannya banyak juga orang-orang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan kesempatan ini untuk mengeruk keuntungan yang sebesar-besarnya. Berbagai cara pun dilakukan oleh para oknum kejahatan ini untuk melakukan penipuan yang berkedok toko online.

Oleh sebab itu bagi Anda yang gemar berbelanja secara online hendaknya agar lebih berhati-hati dan lebih teliti lagi dalam soal membedakan mana toko online yang asli yang terpercaya dan mana toko online yang palsu. Hal ini penting sebab saat ini telah begitu banyak toko online palsu bertebaran di internet yang membuat banyak pengusaha prihatin. Jika tidak hati-hati berbelanja, bisa-bisa bukannya untung yang didapat tapi justru kerugian yang Anda terima. Tentu siapa pun orangnya tak menginginkan hal tersebut terjadi kepadanya. Agar Anda terhindar dari penipuan yang berkedok toko online, berikut ini adalah tipsnya.

Tips membedakan toko online asli dan toko online palsu


1. Menggunakan domain gratis
Perbedaan serta ciri-ciri toko online palsu dan asli yang mesti Anda cermati pertama kali adalah nama domain yang digunakan. Toko online palsu biasanya lebih cenderung menggunakan nama domain atau nama website dengan menggunakan domain blog gratis.

Contohnya seperti namatoko.wordpress.com, namatoko.blogspot.com, namatoko.webs.com, namatoko.jimdo.com, namatoko.weebly.com, namatoko.tumblr.com dan lain sebagainya. Meskipun demikian, selain domain gratis, ada juga beberapa toko online abal-abal yang telah menggunakan domain berbayar seperti .com, .co.id, .net dan lainnya. Oleh karena itu Anda wajib berhati-hati dan lanjut ke tips berikutnya.

2. Hanya mencantumkan nomer HP atau Applikasi messenger
Perlu diperhatikan adalah kontak yang bisa dihubungi. Anda patut curiga jika toko online tersebut hanya mencantumkan nomer telpon pribadi (nomer handphone) atau applikasi messenger seperti WhatsApp, BBM, Line dan sebagainya tanpa mencantumkan nomer telpon kantor (yang dapat dihubungi atau diverifikasi).

3. Alamat
Lokasi cenderung berada di daerah-daerah yang jauh dari jangkauan dan sulit untuk diakses, misalnya seperti di Batam, Aceh, Maluku dan lokasi-lokasi lain di wilayah Indonesia yang jauh.

4. Hanya melayani transfer bank, tidak melayani Cash On Delivery (COD)
Jika toko online hanya melayani transfer bank saja, maka Anda patut untuk curiga. Toko online asli dan terpercaya biasanya juga melayani COD yang mana pembeli bisa membayar setelah barang yang dipesan telah diterima.

5. Tampilan atau layout website
Sesuai dengan domain yang digunakan (domain gratis), website toko online yang melakukan penipuan juga umumnya memiliki tampilan dan desain yang tidak profesional, terkesan alakadarnya tanpa mengedepankan nilai estetis maupun kemudahan konsumen dalam melakukan navigasi.

6. Harga jauh lebih murah
Agar cepat menjaring pembeli, toko online palsu mengandalkan trik strategi marketing andalan lainnya, yaitu menjual barang dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga barang sejenis yang ada dipasaran. Bahkan beberapa diantaranya menjual dengan harga yang sangat murah sehingga meskipun dilihat sepintas saja harga yang diberikan sudah sangat tidak masuk akal.

7. Customer Service sulit dihubungi atau lebih agresif
Ada dua kemungkinan yang dapat terjadi saat Anda mencoba untuk mengontak layanan customer service. Kemungkinan yang pertama adalah CS sulit untuk dihubungi dengan tujuan untuk menyembunyikan identitas aslinya, mencoba untuk menghindari pertanyaan dari calon pembeli atau justru customer service cenderung lebih memaksa karena Anda dinilai sebagai "mangsa" yang hampir terjerat.

8. Memberikan kredit yang tidak masuk akal
Seringkali toko online palsu atau abal-abal menjual barang dengan sistem kredit namun dengan jumlah nominal pembayaran yang tidak masuk akal. Misalnya harga barang Rp.1.000.000 tapi bisa dicicil dengan cicilan awal Rp 100 ribu dahulu. Berapa pun uang yang Anda transfer (besar atau kecil), tetap saja itu adalah keuntungan bagi oknum pemilik toko.

9. Layanan 24 jam
Toko online yang asli tentunya memiliki jam kerja (office hour) yang jelas. Misalnya buka dari Senin - Jum'at mulai dari jam 08.00 hingga jam 17.00, Sabtu - Minggu buka setengah hari antara jam 08.00 - 14.00. Tidak seperti toko online palsu yang membuka layanan selama 24 jam penuh dari Senin sampai Minggu tanpa libur.

10. Menggunakan kata-kata "Aman", "Terpercaya", "Terjamin" secara berlebihan
Toko online palsu biasanya menggunakan kata-kata tersebut secara berlebihan untuk menampilkan kesan bahwa toko tersebut memang asli dan terpercaya. Namun jika Anda perhatikan dengan seksama, justru kalimat-kalimat tersebut malah terasa janggal.

11. Testimonial palsu
Untuk lebih meyakinkan pembeli, toko online palsu kerap membuat testimonial sendiri. Testimonial ini biasanya dicantumkan di sebelah kiri website (sidebar) dengan kalimat-kalimat yang cenderung merayu atau membujuk.

12. Nomer Surat Ijin palsu
Agar toko online palsu terlihat lebih sempurna, biasanya pemilik toko akan mencantumkan nomer surat ijin palsu yang dibuatnya sendiri yang mana jika Anda cek nomer tersebut, pasti tidak akan menemukannya dimana pun.

13. Cek di http://www.polisionline.com/
Sebagai alternatif, Anda bisa mengeceknya di www.polisionline.com. Website ini melakukan verifikasi untuk membedakan mana toko online yang asli dan mana yang palsu.

Sebagai konsumen, tentunya kehadiran toko online palsu akan sangat merugikan. Oleh karena itu sebagai calon konsumen, Anda harus lebih hati-hati dan waspada saat hendak melakukan pembelian secara online melalui internet. Semoga ulasan ini dapat membantu dan memberikan manfaat bagi Anda. Selamat berbelanja online dengan aman.

Berbelanja online
Ilustrasi: Berbelanja di toko online

Tri Haryadi Sabtu, 20 September 2014
Consumer behaviour, faktor penentu konversi dalam bisnis online

What's your consumer want?. Sebuah pertanyaan singkat namun begitu penting dan krusial yang semestinya dipahami oleh setiap pemilik bisnis. Tanpa mengetahui apa yang menjadi keinginan dari potensial konsumen kita, tentu apa pun jenis bisnis yang dibangun niscaya akan sia-sia. Percayalah.

Prinsip hidup dan matinya sebuah bisnis sangatlah sederhana, "penjualan". Tanpa bisa menjual apapun kepada calon konsumen pasti akan membawa bisnis mengerucut kepada satu hal, "kebangkrutan"!. Sesederhana itu!.

Meskipun sederhana dan terkesan mudah, tapi pada kenyataannya banyak pengusaha yang belum memahami betul bagaimana teori dan strategi marketing online, terlebih lagi, gagal saat mempraktekkannya.

Perilaku konsumen Indonesia

Memahami bagaimana perilaku konsumen yang kita targetkan sangatlah penting karena menjadi pemicu calon konsumen untuk mengambil sebuah tindakan keputusan yang mempengaruhi bisnis kita secara keseluruhan. Tindakan dan keputusan tersebut dinamakan "membeli".

Perilaku konsumen memang menjadi sebuah fenomena yang kerap dilakukan penelitian melalui berbagai macam studi kasus. Hal tersebut dikarenakan perbedaan perilaku konsumen yang dipengaruhi oleh faktor-faktor psikologis di suatu wilayah dengan kondisi dan keadaan lingkungan tertentu. Untuk membuat kampanye pemasaran yang sukses, memahami perilaku konsumen atau "consumer behaviour" di suatu daerah atau wilayah tertentu adalah hal yang penting guna memotivasi konsumen untuk melakukan pembelian.

Berdasarkan pengalaman dan riset yang saya lakukan terhadap beberapa klien, ternyata dengan dengan memahami perilaku konsumen dapat memicu terjadinya konversi hingga mencapai kisaran diatas 80% dan menurunkan bounce rate dengan sangat fantastis!.

Namun sebelum kita membahas mengenai bagaimana cara menaikkan konversi penjualan, saya akan memberikan sekilas informasi mengenai penyebab sebuah web bisa mengalami bounce rate yang tinggi. Berikut adalah beberapa pemicunya:

Pemicu bounce rate:
- Melakukan klik pada link yang mengacu kepada halaman website lain
- Menutup browser atau tab pada browser
- Mengetikkan url lain pada browser
- Konten kurang informatif atau tidak sesuai dengan ekspektasi pengunjung
- Memencet tombol "Back"
- Halaman website yang error seperti error 404, 500 server error dan sebagainya
- Session time-out sehingga konsumen harus login kembali
- Dan masih banyak lagi pemicu lainnya.

Karakteristik konsumen di Indonesia:
1. Cenderung berorientasi jangka pendek
2. Kurang terencana
3. Suka bersosialisasi
4. Masih belum terlalu menguasai teknologi
5. Cenderung mementingkan konteks daripada konten
6. Cenderung menyukai merk luar negeri
7. Religius
8. Gengsi
9. Kuat di subculture
10. Kurang menyadari isu lingkungan

Poin-poin diatas merupakan kecenderungan perilaku konsumen yang ada di Indonesia. Penjabarannya amat sangat luas dan banyak, sehingga tidak mungkin untuk diulas seluruhnya. Namun Anda dapat menyimaknya melalui slide berikut ini. #Slide perilaku konsumen Indonesia.

Tips pemicu konversi

Untuk mempersingkat, langsung saja kita masuk ke ulasan consumer behaviour atau perilaku konsumen di Indonesia yang memicu konversi. Berikut adalah beberapa tipsnya:

Berikan informasi yang ringkas, padat dan berisi
Konsumen di Indonesia cenderung menyukai hal-hal yang simple dan tidak berbelit-belit. Oleh karenanya bagi Anda yang memiliki bisnis online, berikanlah konten yang singkat, enak dibaca, informatif dan tepat sasaran (targeted visitor).

Lakukan step by step
Banyak potensial customer yang "kabur" sesaat setelah memencet tombol register untuk menjadi member. Mengapa demikian?. Konsumen di Indonesia masih berparadigma sebagai "Raja" yang maunya dimanjakan. Jangan paksakan mereka untuk melakukan registrasi dalam satu langkah, tapi lakukan secara bertahap. Misalnya mengawali dengan input alamat email untuk berlangganan saja namun jika ingin meneruskan kepada tahap selanjutnya maka wajib untuk memasukkan alamat rumah dan nomer handphone. Lalu lanjutkan ke proses-proses berikutnya hingga selesai.

Berikan penawaran keanggotaan gratis, diskon hingga bonus
Khusus di bidang jasa asuransi, cara ini sangatlah penting. Konsumen di Indonesia cenderung menyukai hal-hal yang berbau gratis, diskon dan bonus. Jangan pernah berharap konversi akan tinggi bila belum apa-apa konsumen Anda diharuskan untuk membayar.

Cari landing page yang paling banyak dikunjungi
Data statistik (Google Analytic dan Webmastertools) dapat menjadi referensi untuk menemukan landing page atau halaman web mana yang menjadi idola atau paling sering dikunjungi. Jika sudah dapat, lalu cobalah untuk memasang penawaran di halaman website tersebut untuk dapat menarik perhatian konsumen. Penawaran tersebut harus berbeda dengan konten halaman website baik dari segi warna, desain ataupun font sehingga tampil lebih mencolok.

Email marketing
Lakukan email marketing jika diperlukan. Buatlah sebuah draft email yang ringkas, padat namun terlihat atraktif. Anda juga bisa membubuhkan sedikit gambar atau grafis untuk memperkaya dan memperkuat kontennya. Namun selalu ingat, jangan menulis subjek email dengan menggunakan huruf kapital semua karena saat dikirim ke calon konsumen Anda, dijamin email tersebut pasti akan masuk ke folder spam.

Konsumen  adalah Salesman!
Inilah kekuatan dari konsumen di Indonesia yang hobi bersosialisasi. Berikan pelayanan terbaik dan puaskan konsumen Anda, maka dia tak akan segan-segan untuk mereferensikan bisnis Anda kepada sahabat, saudara, keluarga, teman kerja bahkan rekan bisnisnya. Inilah sebuah fenomena kekuatan "perilaku konsumen" di Indonesia yang tidak dimiliki oleh konsumen lainnya di luar negeri.

Consumer behaviour, faktor psikologis penentu kemajuan bisnis di Indonesia
Ilustrasi: Perilaku konsumen
Demikianlah beberapa tips untuk memahami perilaku konsumen di Indonesia yang mungkin bisa Anda aplikasikan kepada bisnis Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan ataupun hal-hal lain yang ingin disampaikan, Anda bisa menghubungi saya disini. Sampai bertemu pada kesempatan berikutnya.

Tri Haryadi Jumat, 19 September 2014
Bisnis offline modal kecil yang menguntungkan

Indonesia merupakan salah satu negara yang pada saat ini tengah mengalami kenaikan pertumbuhan ekonomi yang fantastis. Hal itu pula yang menyebabkan begitu banyaknya pebisnis baik dari dalam maupun luar negeri berlomba-lomba untuk menanamkan modal di negeri ini. Terlebih lagi jelang tahun 2015 dimana akan terapkan perdagangan bebas antar negara yang tergabung dalam ASEAN atau yang dikenal sebagai MEA (Masyarakat Ekonomi Asean).

Geliat pertumbuhan ekonomi yang pesat akhirnya memicu pertumbuhan bidang-bidang bisnis baru di tanah air khususnya bidang bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) di industri ekonomi kreatif. Sesuai dengan namanya, permodalan UKM tentu tidak sebesar perusahaan-perusahaan dengan level korporasi. Bisnis ini lebih minim modal dan cenderung didominasi oleh Industri Rumah Tangga (IRT). Meskipun dengan modal yang sedikit, namun jika dikelola dengan manajemen baik tentu bisnis ini akan memiliki potensi yang besar di masa depan.

Untuk memulai sebuah bisnis kecil, tentu saja diperlukan modal. Modal itu sendiri dapat memiliki makna yang bermacam-macam dan tak melulu berkisar seputar keuangan. Bisa juga modal diartikan sebagai tenaga, pemikiran, kerja keras dan lain sebagainya.

Seorang entrepreneur sejati tentunya dapat memanfaatkan peluang apapun dan sekecil apapun yang ada disekelilingnya. Prinsipnya sangat sederhana, yaitu "kesulitan orang lain adalah peluang bagi kita". Hal tersebut bukan berarti kita mensyukuri kesulitan orang lain, akan tetapi justru kita membuka peluang usaha berkat adanya kesulitan-kesulitan yang dialami oleh orang lain.

Nah, bagi Anda yang pada saat ini ingin membuka bisnis modal kecil yang menguntungkan, mungkin beberapa jenis usaha dibawah ini bisa menjadi referensi bagi Anda.

1. Bisnis Kuliner
Anda hobi masak?. Jika ya, maka bisnis ini bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang dapat Anda manfaatkan. Untuk menghemat anggaran, Anda bisa mencobanya dengan budget yang kecil terlebih dahulu untuk mengetest pangsa pasarnya. Jika sekiranya cukup potensial, maka tambahkan modal untuk membuatnya lebih besar. Selain bisnis makanan matang, Anda juga bisa membuat bisnis makanan ringan seperti snack atau kue-kue kering.

2. Menjahit
Jika Anda memiliki keterampilan menjahit pakaian, maka cobalah untuk memasarkan kemampuan Anda kepada orang-orang terdekat seperti tetangga. Siapa tahu tetangga Anda memang sedang membutuhkan jasa jahit pakaian. Jika pun belum ada, paling tidak Anda sudah berpromosi sehingga sekarang tetangga Anda tahu jika Anda bisa menjahitkan pakaian.

Hal tersebut tetap menjadi sebuah keuntungan bagi Anda. Jangan khawatir untuk bangkrut karena sesungguhnya Anda belum memasukkan modal apa-apa. Teruslah berpromosi guna menjaring konsumen. Bisnis ini kerap meningkat saat jelang hari besar seperti Hari Lebaran ataupun musim tahun ajaran baru dimana banyak orang tua yang ingin menjahitkan pakaian seragam sekolah anaknya.

3. Jualan Pulsa Elektrik
Jualan pulsa elektrik adalah salah satu bisnis yang paling rasional bagi siapa pun orangnya. Bisnis ini juga tidak memerlukan modal yang besar. Cukup dengan modal awal 300 ribu rupiah saja Anda sudah bisa membuka afiliasi dengan provider pulsa untuk menjadi agen. Segera jalin network dengan teman, relasi, tetangga dan orang-orang disekitar Anda agar bisnis tersebut bisa dijalankan dengan cepat.

4. Membuka Les Privat
Jika Anda memiliki kemampuan di bidang akademis, mengapa tidak membuka kelas les saja dirumah?. Les yang bisa diajarkan kepada anak-anak misalnya les bahasa Inggris, les matematika, les komputer hingga membuka pengajian. Cobalah untuk perhatikan lingkungan sekeliling Anda dan amati pangsa pasarnya seperti apa.

5. Warung
Meskipun terkesan bisnis yang cukup general, namun jika Anda jeli pasti bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis ini. Strategi marketing yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah perhatikan jarak dan lokasi warung yang akan Anda buat dengan warung lainnya. Apabila sekiranya berjauhan, maka potensi warung Anda akan ramai jauh lebih besar. Lihat juga item apa saja yang belum dimiliki oleh warung lain dan juga dari segi harganya agar warung Anda lebih kompetitif.

6. Bisnis Laundry
Bisnis laundry atau bisnis kecil jasa mencuci pakaian adalah bisnis yang sangat mudah untuk dijalankan karena modal utamanya hanyalah mesin cuci, tenaga, deterjen dan listrik. Cobalah untuk mempromosikan terlebih dahulu ke orang-orang sekitar Anda. Jika memang diperlukan, Anda bisa mengalokasikan sedikit dana untuk membuat umbul-umbul atau spanduk bertuliskan "Jasa Laundry Murah" untuk dipasang di depan rumah.

7. Design grafis
Anda memiliki kemampuan untuk membuat desain kartu nama, desain undangan, photo editing dan lain sebagainya?. Cobalah untuk mulai bermitra dengan usaha percetakan lainnya dengan menjadi pekerja lepas atau freelance.

8. Pijat
Untuk menekuni bisnis ini memang memerlukan skill dan keterampilan. Namun tentu saja tak ada keterampilan yang tidak dapat dipelajari jika memang Anda menginginkannya. Bagi Anda yang memiliki keterampilan dalam hal memijit, maka usaha ini bisa Anda pertimbangkan karena modalnya bisa dikatakan sangat minim, yaitu berbekal tenaga saja dengan prosentase keuntungannya pun nyaris 100%.

Bisnis kecil yang menguntungkan
Ilustrasi: Bisnis modal kecil menguntungkan
Demikianlah beberapa jenis bisnis offline modal kecil yang menjanjikan keuntungan. Sesungguhnya masih teramat banyak bisnis offline lainnya yang belum saya cantumkan melalui artikel yang singkat ini. Dan perlu untuk Anda ketahui bahwa apapun jenis bisnis yang Anda jalankan, lakukanlah dengan sungguh-sungguh dan dengan tekad yang kuat karena tidak ada bisnis yang besar tanpa diawali dari bisnis kecil yang dibangun dengan keringat dan susah payah.

Sebagai referensi usaha lain, Anda dapat membaca artikel bisnis online yang pernah saya posting pada kesempatan sebelumnya. Selamat berwirausaha dan sukses selalu untuk Anda.

Tri Haryadi Kamis, 18 September 2014
Strategi marketing paling efektif biaya murah ala Xiaomi

Memulai sebuah bisnis memang bukan hal sederhana. Banyak langkah dan strategi yang semestinya dipikirkan dan dikuasai terlebih dahulu sebelum benar-benar terlanjur melangkah dan terjun ke suatu bidang bisnis tertentu.

Hal yang paling krusial tentu saja manakala hendak memasarkan produk atau jasa yang Anda hasilkan kepada masyarakat. Banyak tips dan trik yang dapat dilakukan. Sebagai referensi, mungkin kisah sukses dari sebuah perusahaan ponsel asal Tiongkok, Xiaomi ini dapat memberikan inspirasi bagi Anda yang pada saat ini telah memiliki bisnis maupun Anda yang baru mulai membangun sebuah usaha.

Nama brand Xiaomi saat ini memang telah mendunia. Brand smartphone asal negeri Tirai Bambu ini sukses menjual sebanyak 5000 unit ponsel hanya dalam waktu kurang dari 8 menit. Saking suksesnya, Xiaomi bahkan telah mampu melampaui penjualan Samsung di China. Dengan kesuksesannya tersebut, brand ini akhirnya berhasil menembus lima besar merk ponsel yang mendominasi penjualan di dunia disamping Samsung, Apple, Huawei dan Lenovo. Tentu saja tanpa strategi yang jitu maka mustahil pencapaian tersebut dapat dilakukan.

Strategi Marketing Efektif Ala Xiaomi

Kesuksesan Xiaomi tak dapat dipisahkan dari kesuksesan produk iPhone dari Apple. Mengapa demikian?. Xiaomi memiliki tampilan User Interface (UI) yang mengadaptasi dari tampilan iPhone namun dengan berbasis Android. Sebelum peluncurannya, Xiaomi berhasil mengkondisikan keadaan di dunia maya dan "mempermainkan" psikologi dari masyarakat yang menjadi targetnya. Peluncuran Xiaomi dibuat menjadi heboh dan di dramatisir sehingga berhasil menciptakan euforia di masyarakat.

Dengan harga sepertiga dari produk iPhone, masyarakat di Tiongkok bisa mendapatkan smartphone yang kualitas dan fiturnya tak kalah dengan produk Apple tersebut. Produk Xiaomi memiliki spesifikasi yang tinggi namun mampu dijual dengan harga yang kompetitif. Pertanyaannya adalah "kenapa bisa"?.

1. Viralitas Sosial Media
Inilah kejeniusan Lin Bin, Presiden Xiaomi dalam mencari celah memasarkan produknya dengan bugdet yang rendah. Ia menggunakan sistem viralitas di dunia maya dengan memanfaatkan sosial media. Dengan "mengemasnya" menggunakan konten yang menarik dan berbeda, tentu orang-orang pun akan dengan senang hati menyebarkannya di berbagai situs jejaring sosial. Keadaan yang di dramatisir membuat publik menanti. Pada saat inilah Lin Bin melakukan pemasarannya dengan cara posting sebuah foto produk Xiaomi dengan embel-embel promosi. Alhasil, dalam waktu kurang dari 10 menit, 150 ribu unit Xiaomi pun ludes terjual. Posting Lin Bin bahkan telah di bagikan oleh pengguna jejaring sosial lebih dari 2 juta kali dan mendapatkan komentar positif yang hampir menembus 1 juta komentar.

2. Hunger Marketing
Sebuah strategi pemasaran bernama Hunger Marketing disinyalir juga menjadi salah satu faktor kesuksesan Xiaomi. Di saat produk Xiaomi mulai dikenal dan tersebar luas sehingga menciptakan permintaan pasar yang tinggi, justru jumlah produk Xiaomi yang dijual terbatas. Inilah "strategi pemasaran lapar" yang menjadi bagian dari skenario pemasaran. Xiaomi pun mendadak menjadi barang yang ekslusif, paling diincar dan menjadi topik pembicaraan yang hangat di situs-situs yang membicarakan gadget.

3. Hanya Sebatas Online
Xiaomi tidak memiliki toko offline yang menjual produk secara retail ke masyarakat. Semua penjualan hanya dilakukan secara online melalui situs website resmi. Dengan strategi ini, tentu semua biaya dapat ditekan hingga ke batas yang maksimal. Xiaomi tidak perlu menganggarkan pengeluaran untuk segala jenis biaya operasional seperti sewa toko, membayar pegawai dan lain sebagainya. Satu-satunya biaya yang diperhitungkan hanyalah biaya pengiriman barang kepada konsumen saja.

4. Memiliki Forum Sendiri
Tak ada hal yang lebih menyenangkan bagi pengguna selain bisa mendapatkan segala informasi yang berhubungan dengan produk Xiaomi dengan mudah. Hal inilah yang kemudian membuat Xiaomi meluncurkan forum miliknya sendiri yang secara rutin memberikan update terbaru perihal produk baru mereka serta berbagai macam thread yang berhubungan dengan perangkat tersebut. Hingga saat ini pengguna terdaftar di Xiaomi forum sudah mencapai lebih dari 28 juta anggota. Selain menjadi forum diskusi sesama pengguna Xiaomi, forum ini juga dapat menjadi channel pemasaran yang efektif dan jenius.

Strategi marketing paling efektif biaya murah
Lin Bin, Presiden Xiaomi

Melalui salah satu program temu wicara, Lin Bin memberikan beberapa tips strategi marketing paling efektif biaya murah yang bisa dilakukan oleh para pengusaha yang ingin mendapatkan kesuksesan seperti dirinya. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Harus Berbeda Dan Kompetitif
Differensiasi adalah hal yang penting dalam sebuah bisnis. Produk Anda harus dapat memenuhi ekspektasi konsumen dan memiliki added value atau nilai lebih yang dapat menjadi pembeda dari produk yang serupa. Selain differensiasi, hal yang tak kalah penting adalah dari segi kompetitif, yaitu selain memiliki nilai lebih dimata konsumen, produk tersebut juga harus memiliki nilai yang kompetitif baik dari segi harga maupun spesifikasinya.

2. Harus Bisa Menyentuh Konsumen Anda
Produk yang dihasilkan harus dapat menyentuh sisi pribadi dari konsumen Anda sehingga setiap konsumen yang menggunakan produk Anda akan merasa spesial. Hal ini diterapkan Xiaomi dengan fitur dan tampilan UI yang bisa disesuaikan dengan masing-masing karakter penggunanya. Hal inilah yang menjadikan Xiaomi unik dan spesial bagi penggunanya.

3. Pemasaran Online
Tak ada yang lebih menguntungkan daripada pemasaran yang dilakukan secara online. Dengan budget yang minim, pada saat ini Anda bisa mempromosikan produk Anda ke berbagai channel media informasi di internet seperti sosial media, buzzer, blogger dan sebagainya. Bahkan dengan sedikit budget, Anda juga sudah bisa menggunakan jasa SEO agar penjualan lebih optimal lagi.

4. Komunitas
Rajin-rajinlah mempromosikan produk di berbagai group dan forum online. Forum atau portal biasanya memiliki jumlah anggota yang banyak. Dengan memanfaatkan forum, maka pemasaran yang Anda lakukan akan jauh lebih efektif dan dapat langsung terlihat dalam waktu yang singkat.

Tri Haryadi Selasa, 16 September 2014