Bank OCBC (Oversea Chinese Banking Corporation) dan produk finansial serta layanannya

Sejarah singkat Bank OCBC (Oversea Chinese Banking Corporation). OCBC merupakan salah satu Group Bank yang memiliki fasilitas servis keuangan terbaik dan terdepan di Asia. Selain memberikan berbagai macam pelayan serta produk, keunggulan dari OCBC tentunya tak dapat dilepaskan dari pendanaan yang dimilikinya. Aset dari Bank OCBC saat ini diperkirakan sekitar 224 Milyar Dollar Amerika atau jika di rupiahkan maka hampir senilai Rp 2.240.000.000.000.000.

Pada saat ini Bank OCBC yang bergerak di berbagai layanan perbankan seperti pinjaman renovasi atau "OCBC renovation loan", jasa keuangan, konsumen, investasi swasta, perusahaan dan transaksi perbankan untuk asuransi, keuangan, manajemen aset,  layanan perdagangan saham dan produk-produk finansial lainnya telah memiliki cabang di lebih dari 15 negara di dunia, diantaranya adalah Singapore, Indonesia, Malaysia, Tiongkok, Vietnam, Hong Kong, Jepang, Brunei, Australia, Inggris dan Amerika Serikat.

Bank yang didirikan semenjak tahun 1912 ini juga memiliki predikat pinjaman dan kredit jangka panjang terbaik yang diberikan oleh Aal Moody's. Sedangkan pangsa pasar terbesar yang dimiliki oleh Bank ini adalah  Tiongkok, Singapura, Indonesia dan Malaysia. Saat ini OCBC memiliki beberapa grup yang menangani berbagai layanan finansial di seluruh dunia, grup tersebut diantaranya adalah:
  1. OCBC Bank
  2. OCBC Securities
  3. Great Eastern
  4. Singapore Island Bank
  5. OCBC NISP
  6. Lion Global Investors
  7. Bank of Singapore

Perkembangan serta pangsa pasar yang besar membuat OCBC membuka ratusan cabang di negara-negara investor termasuk di Indonesia sendiri. Hingga kini Bank OCBC memiliki lebih dari 530 cabang yang penyebaran terbesarnya adalah di Indonesia yaitu dengan jumlah 411 cabang. Cabang di Indonesia ini kemudian dikelola oleh sebuah Bank yang bernama OCBC NISP.

Produk serta layanan finansial yang dimiliki oleh Bank OCBC:

1. Layanan perbankan
Bisnis utama yang dimiliki oleh Bank OCBC adalah layanan perbankan yang berupa rekening tabungan, giro, perbankan Syariah, deposito, serta program tabungan untuk anak-anak.

2. Layanan asuransi
Layanan perbankan lain yang dimiliki oleh OCBC berupa asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, KPR rumah, perawatan inap, kredit motor dan biro asuransi perjalanan.

3. Layanan investasi
Layanan investasi lain yang ditawarkan Bank OCBC antara lain link unit, pendidikan, deposito berstruktur, saham, investasi pensiun dan manajemen investasi aset dan kekayaan.

4. Layanan pinjaman
Selain 3 layanan diatas, layanan lain yang dimiliki oleh OCBC adalah layanan pinjaman uang. Layanan ini mencakup pembiayaan, pinjaman pendidikan, pinjaman properti, pinjaman renovasi, pinjaman biaya kuliah serta pinjaman kredit berupa tunai sampai 200.000 USD. Untuk layanan pinjaman ini, Bank OCBC telah memiliki kerjasama dengan berbagai perusahaan kreditur finansial, salah satu yang terkenal di Singapura adalah LoanGarage.SG - Personal loan Singapore

Bank OCBC (Oversea Chinese Banking Corporation) dan produk finansial serta layanannya
Bank OCBC (Oversea Chinese Banking Corporation)

0 komentar:

Poskan Komentar