GoogleGalau update: Google IP berubah haluan jadi Google.co.id

Malam minggu yang penuh kegalauan nampaknya bukan hanya terjadi pada saya, tapi juga Search Engine sekelas Google. Mengapa Google.com tiba-tiba menjadi galau dalam menentukan SERP-nya?. Entahlah, saya juga tak tau secara pasti. Sekali waktu mencoba bertanya pada semut merah, namun mereka tak dapat berkata-kata hanya berdiam seribu bahasa. "Malu aku malu..pada semut merah, yang berbaris di dinding, bla..bla..bla-OST Obie Mesakh". Lalu saya juga mencoba untuk bertanya kepada rumput yang bergoyang seperti yang pernah dikatakan oleh seorang penyanyi terkenal Ebieth G.Ade yang juga pernah melakukan hal serupa. Tapi kenapa hanya dia yang mendapat jawabnya, sedangkan saya tidak?. Apa mungkin orang seperti Ebiet dan Obie Mesakh yang begitu bersahaja berniat membohongi saya?. Maafkan saya pemirsa. Saat ini saya memang sedang dilanda gundah gulana terseret jauh dalam kegelapan relung hati yang tengah dirundung kegalauan. (Halahhh,,apa coba, hahaha). Oh iya, jangan memaksa untuk terus membaca apabila perut anda sudah mulai terasa mual dengan kata-kata saya. Cukup sampai disini saja ya. Coba lihat mata saya baik-baik dan ucapkan "Saya berjanji".

Saat ini telah memasuki pukul 22.29 bersama alunan lagu-lagu D'Cinnamon saya mencoba menuangkan pemikiran saya yang sedang galau kedalam halaman putih entri baru yang perlahan-lahan mulai terisi dengan kata-kata yang sambung menyambung menjadi kalimat-kalimat. Kata-kata puitis dan romantis ini bukan saya tujukan untuk mengungkapkan perasaan cinta saya yang berlebihan kepada seseorang, tapi jelas-jelas untuk merayu mesin bernama Search Engine yang saya sangat berharap agar ia termakan oleh bujuk rayu serta bualan-bualan saya, hehehe. Nah, jika saat ini anda tengah mencari kata kunci ungkapan romantis atau kata-kata galau ataupun pengertian galau dan tiba-tiba tersesat di blog ini, maka baiknya anda segera beralih ke blog tetangga sebelah yang mellow dan cengeng yang memang spesialis dibidang itu. Wah, udah banyak juga ya tulisan saya. Kira-kira visitor saya masih betah untuk terus baca apa tidak ya?. Bodo amatlah, hahaha.

Saya merasa diri sedang di PHP'in oleh Google. PHP yang saya maksud disini bukan semacam program bernama PHP Hypertext Preprocessor ataupun Personal Home Page, tapi PHP kali ini memiliki arti yang lebih dalam dan lebih mengena lagi, yaitu "Pemberi Harapan Palsu". Sebuah kata penuh makna yang saya quote dari perbincangan sejumlah ABG di sebuah tempat nongkrong diseputaran Pulogadung saat saya tengah membeli 2 biji singkong goreng. Tak sengaja saya mendengar ada yang nyeletuk, " Gile bgd tuch cowok, w di PHP'in ma dia..Jahat bgt!>< iyattttttt. Tau gak kalo semenjak gw di PHP'in terus gw jadi pendiem… Lebih diem daripada semut.". Dan teman sebelahnya membalas dengan jutek, "KamSeUPay loch!". Apa sih maksudnya?, muncul tanda tanya besar dalam otak saya. Saya pun langsung teringat sesuatu, Ahaa waktunya buka http://kitabgaul.com/word/PHP untuk mencari tau jawabnya. Dan ternyata...Hahahaha.

Ya, semenjak SERP IP http://74.125.71.147/ yang beberapa waktu lalu merupakan Google.com, kini telah berubah haluan menjadi Google.co.id yang juga sekaligus jadi penyebab utama kegalauan saya. Silakan dibuktikan dengan buka run command-cmd dan ketikan tracert 74.125.71.147 maka hasil yang didapatkan adalah hx-in-f147.1e100.net yang apabila di paste-kan ke browser maka akan menghasilkan Google.co.id. Berbeda dengan sebelumnya yang masih Google.com. Jadi selama ini ternyata sebagian besar kontestan Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia telah melakukan kekeliruan saat optimasi, dan termasuk saya sendiri, hikz. Mana saya tau kalau tiba-tiba Google PHP'in kita semua, hikz.

Saya pun baru sadar saat mengetahui gerak gerik hasil SERP Google yang mencurigakan, termasuk pada saat hasil SERP pada co.id masuk semua dengan telak ke hasil SERP IP. Inilah alasan mengapa saya membuat postingan GoogleGalau update: Google IP berubah haluan jadi Google.co.id. Setelah saya melakukan cek dan ricek, hotshot dan kabar selebritis (halahh, kok jadi infotainment) ternyata benar saja kalau google sedang galau dalam menentukan hasil SERP. Mungkin karena banyaknya komposisi link kontekstual yang multi language alias bilingual Indonesia - Inggris, Inggris - Indonesia, Indonesia - Inggris Campuran makanya dia jadi bingung kali. Yah, apa mau dikata, optimasi telah dilakukan, tinta telah mengering, link telah terlanjur tertambat dan posting terlalu banyak untuk di edit. Biarkanlah nasi terlanjur menjadi bubur, namun alangkah nikmatnya jika bubur tersebut ditaburi suwiran daging ayam, abon sapi, kecap manis, sambal goreng dan bumbu kaldu. Dan biar ga sakit hati, mari kita makan bubur sampai kenyang, hahaha.

4 komentar:

  1. tapi saya lihat anda menjadi calon juaranya... :D semangat mas bro... waktu tinggal 3 hari lagi...

    BalasHapus
  2. terima kasih atas kunjungannya mas rosie. ya harus tetap semangat mas..btw bukannya hari ini selesainya?? kan katanya tanggal 16 juni jam 12.00?? :D

    BalasHapus
  3. salam kang... kalau ane prediksi nulis,triharyadi,dan yoetama yg bakalan jd jaura nya...ane juga bingung ni kang sama google...kalau ane boleh curhat sih sebaiknya kontes seo di indonesia ini mending pake SE indonesia aja ya kang, jd kalau ada kejadian kyk gini nyesek juga kita2 yg udah capek2 optimasi malah jadi gak karuan semua..hehe ya itu sekear curhatan ane kang,, ya tapi mau gimana lagi walaupun nasi udah terlanjur jadi burger, kang triharyadi tetep paling jago seo nya,, perlu bnyak belajar dari sampeyan ni kang..mampir kang ke lapak ane :)

    BalasHapus
  4. salam juga kang ryo. makasih udah mampir ke blog semrawut milik saya,hehehe. pendapat kang ryo ada benarnya, namun disisi yang lain sebenernya pemakaian IP sendiri biasanya dilakukan untuk penyamarataan dalam menentukan hasil SERP. Seperti kita ketahui misalnya google.com saja berbeda2 hasil tergantung dari alokasi SERP yang ditentukan oleh google sendiri. Dan memang hasil IP sepertinya sudah bergeser ke .co.id seperti yang saya tulis diatas. Mengenai siapa yang paling jago, saya rasa bukan saya kang. Saya justru salut sama optimasi yang kang ryo lakukan. Menurut saya kang ryo hebat SEO'nya dan saya salut. Tetap semangat ya kang dan makasih udah memberikan curhatan yang bermanfaat.

    BalasHapus